MENU
icon label
image label
blacklogo

Dot Motorcycles Kembali dengan Dua Motor 650cc Baru Bergaya Retro

DEC 21, 2021@13:30 WIB | 245 Views

Produsen sepeda motor skala kecil dari Inggris, Dot Motorcycles, membuat 2 motor baru berbasis mesin Kawasaki Z650. Kedua motor ini, Reed Racer yang bergaya Cafe Racer dan Dot Demon yang bergaya scrambler dibuat sesuai pesanan di Greater Manchester dan dikembangkan bersama dengan Guy Martin, yang menguji kedua motor ini sebelum diumumkan.

Keduanya menggunakan motor twin paralel 4-tak 649cc berpendingin cairan dari Kawasaki Z650 yang sesuai dengan peraturan Euro5 dan menghasilkan 67.3bhp di 8000rpm dan 47.2lb-ft pada 6700rpm. Menggunakan rangka teralis baja yang dilas TIG, kedua motor ini masing-masingnya diklaim memiliki bobot 169kg.

Perbedaan paling mencolok antara kedua motor ini adalah pada posisi berkendara, dengan Reed Racer yang bergaya Cafe Racer memberikan posisi berkendara yang lebih bungkuk dan fokus, sedangkan Dot Demon yang bergaya Scrambler memungkinkan pengendara untuk duduk lebih tegak. Dot Demon ini juga dilengkapi bracing yang sedikit lebih berat di sasis untuk mengatasi beberapa pengacakan ringan.

"Kami memiliki mesin CNC, kami memiliki autoklaf, sehingga kami dapat membuat semua bagian di rumah," kata Dr. Anthony Keating dari Dot Motorcycle. "Pelanggan dapat memiliki warna apa pun yang mereka inginkan”.

Pada sektor pengereman. Kedua motor ini sudah menggunakan sistem ABS dari Bosch dan kedua motor ini menggunakan cakram rem depan ganda berukuran 300mm dengan kaliper Brembo empat piston, ditambah cakram tunggal buatan pabrik yang sama di bagian belakang.

Suspensi depan pada kedua motor ini menggunakan upside-down fork dari Showa berdiameter 40mm yang dapat disesuaikan dan suspensi belakang berkonfigurasi monoshock. Keduanya dapat disesuaikan dengan berat pengendara sebelum dikirim.

Komponen sasis yang dibuat secara khusus dan diklaim berkualitas baik, seperti yang dijelaskan Dr. Keating: "Scrambler mulai dari £18.500 (sekitar Rp351 juta) dan cafe racer mulai dari £21.000 (sekitar Rp399 juta). Kami tidak dapat memberikan harga dibawah itu karena semuanya dibuat di Inggris”.

Meskipun dibanderol dengan harga tinggi, Dot mengatakan mereka telah menerima pesanan selama akhir pekan pertama acara NEC, dan motor pelanggan pertama akan tiba pada akhir Februari atau awal Maret.

Inspirasi penamaan Reed Racer sendiri berasal dari nama pendiri perusahaan, Harry Reed, yang meraih kemenangan di Island of Man TT pada tahun 1908. Dot Motorcycle sekarang sedang mengerjakan sepeda motor listrik, yang akan bergabung dengan line-up berikutnya. [fkg/zz/timBX]

Tags :

#
dot motorcycles,
#
reed racer,
#
dot demon,
#
kawasaki z650