MENU
icon label
image label
blacklogo

Disuntik Tuning DTE System, All New Toyota GR Yaris Punya Tenaga 350 HP

JAN 20, 2021@10:00 WIB | 561 Views

Gazoo Racing (GR) tidak pernah puas menghadirkan mobil yang menyabet juara umum di WRC. Akhirnya Toyota Global menghadirkan All New GR Yaris, melibatkan sentuhan teknologi teknis yang dikembangkan dalam kondisi yang cukup melelahkan, seperti halnya mempersiapkan mobil yang bakal turun di kelas Reli dunia.

Bakal dilahirkan sebagai mesin 3 silinder, dengan power paling bertenaga di dunia, rasio power to weight 206hp per ton. Seringan itu, karena mengadopsi penggunakan bahan carbon fiber poliymer dikombinasi dengan alumunium, digunakan pada roof, pintu kiri kanan dan bagian pintu belakang hatch.

Penggunaan suspensi double wishbone di bagian belakang membuat mobil ini semakin rigid untuk menikung di jalan raya atau melibas trek. Apalagi sistem penggerak 4WD punya distribusi torsi yang bisa disesuaikan. 

Mungkin tenaganya cukup mencengangkan bila dengan AWD tenaganya bisa melebihi 250 hp sementara torsi 350 Nm memang pantas disebut paling powerfull. Sistem DTE dari Jerman membuat paling mobil ini benar-benar beringas.

DTE System Jerman berdiri sejak tahun 1996. Sebuah manufaktur produk yang menghasilkan tuning dan modifikasi untuk mobil, truk, tracktor dan ribuan part performance yang diciptakan untuk aftermarket.  Sementara fitur  PedalBox yang menginspirasi teknologi drive by wire, memungkinkan tuning akselerasi membuat respon throttle lebih kencang. Tidak lagi ditemukan lag mesin, atau rev hang yang sangat tidak mendukung sebuah sport hatchback.

Teknologi DTE System  khususnya PedalBox sudah dikonfigurasi melalui aplikasi smartphone dan beberapa preset. Kebutuhan driver bisa disesuaikan dengan keinginan dan setiap setting sudah bisa disimpan data lognya. Itu menunjukkan personalisasi gaya mengemudi dibelakang kemudi.

Tenaga dan torsi yang melimpah, DTE mengembangkan versi  khusus untuk All New Yaris, dengan PowerControlX, including setting ECU, yang punya opsi setting.  Bahkan Toyota Company mengklaim tenaga bisa loncat ke 310hp dan torsi 379 Nm, opsi tersebut bisa diterapkan secara plug and play.

Fitur PowerControlX cukup familiar dengan mode berkendara Sport, Dynamic dan Efficiency. Artinya untuk geber-geberan punya peluang, sementara pilih efisiensi juga bisa dimaksimalkan. PowerControlX bisa melihat data log mesin mulai dari boost, tekanan udara di manipol melalui smartphone.

Secara alami, GR Yaris punya rentang power yang cukup komplek, mulai dari harian hingga performance.  Sama seperti Civic Type R yang sudah modifikasi dengan part aftermarket, punya opsi tuning yang muncul cepat setelah peluncuran.  Kehadiran GR Yaris bakal diberikan DTE System, berikut PedalBox dan PowerControlX untuk mengekstrak power tersembunyi dari  mesin 1,6L, turbo engine, 3 silinder, dengan 6 percepatan manual. Sektor pengereman menggunakan disk 356mm dengan 4 kaliper, untuk keamanan dari tenaga yang cukup melimpah ini. [Ahs/timBX]

Tags :

#
all new toyota gr yaris,
#
sport hatchback,
#
dte system,
#
pedalbox,
#
powercontrolx,
#
tuner jerman,
#
modifikasi mobil