MENU
icon label
image label
blacklogo

Detail Superbike Honda Empat Silinder Muncul

NOV 03, 2021@13:00 WIB | 115 Views

Honda kembali mengejutkan public dengan permohonan paten untuk superbike empat silinder masa depan.

Hal ini menunjukkan perusahaan tersebut ingin menggunakan kekuatan teknologinya untuk kembali ke puncak tumpukan sportbike. Dalam serentetan pengajuan paten, Honda telah menerbitkan beberapa dokumen tentang proyek individu. Semuanya tampak berkisar pada gagasan untuk mendapatkan lebih banyak kinerja dari superbike empat silinder segaris.

Implikasinya adalah bahwa ini bukan proyek yang terkait dengan motor MotoGP V-4 milik perusahaan, melainkan mengeksplorasi bagaimana membuat langkah besar ke depan dengan Fireblade atau penerusnya.

Baca juga: All New Honda City Meluncur, Menyusul Kesuksesan All New City Hatchback RS

Batch pertama hampir tiga tahun lalu, dengan mesin empat silinder segaris dengan timing dan pengangkatan katup variabel. Ini adalah desain yang tidak banyak berubah sejak aplikasi paten awal pada tahun 2019. Tetapi dokumen tambahan diajukan ke kantor paten Jepang pada tahun 2020, dan tidak dipublikasikan hingga Oktober 2021.

Paten tambahan menunjukkan penyesuaian terperinci pada desain, termasuk penambahan sensor elektronik untuk memantau posisi sistem katup variabel dan perubahan pada beberapa elemen mekanis, tetapi ide keseluruhannya tetap sama.

Secara keseluruhan, itu tidak berbeda dengan sistem BMW ShiftCam yang digunakan pada model R 1250 terbaru dan S 1000 RR. Pengaturan BMW disederhanakan pada mesin boxer dengan fakta bahwa hanya ada satu silinder untuk setiap lengan cam geser. Sedangkan pada S 1000 RR bagian geser, masing-masing membawa lobus cam untuk dua silinder. Desain Honda memberikan satu set lobus bergerak untuk setiap silinder.

Perbedaan penting lainnya antara sistem BMW dan Honda adalah fakta bahwa BMW mengandalkan solenoida untuk secara langsung memasukkan pin ke jalurnya pada camshaft, desain Honda menggunakan tekanan oli yang dialihkan oleh katup yang dikontrol secara elektronik.

Baca juga: Honda Pilot Sport 2022 Jadi Base Trim Baru, LX Dan EX Dihentikan

Paten baru kedua sehubungan dengan superbike empat silinder dari Honda, semuanya berfokus pada metode membuat radiator pendingin utama lebih kecil dan lebih ringan dari desain saat ini. Paten telah diterapkan untuk setidaknya tiga ide baru yang terpisah, semua ditampilkan terpasang pada gambar sportbike generik bergaya CBR.

Meskipun tidak semua paten ini akan berubah menjadi kenyataan produksi, jelas saat ini ada dorongan untuk mengembangkan ide-ide yang tidak biasa untuk meningkatkan sportbike faired dengan mesin pembakaran internal di Honda. Setelah bertahun-tahun mengikuti kawanan alih-alih memimpinnya, kembali ke Honda yang membawakan kami mesin pemecah cetakan seperti NR750 dan RC30 hanya dapat diterima.[yub/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
honda,
#
honda bike,
#
superbike honda,
#
detail superbike honda empat silinder