MENU
icon label
image label
blacklogo

Desain Unik Sepeda Motor Listrik ini Terispirasi dari Kuda?

AUG 04, 2020@18:00 WIB | 431 Views

Motor listrik dalam beberapa tahun terakhir disebut-sebut akan melanjutkan eksistensi sepeda motor konvensional. Beragam desain motor listrik dibuat untuk memikat calon konsumen atau pengendaranya. Termasuk desain motor listrik satu ini yang wujudnya benar-benar unik.

Desain ini disebut terinspirasi dari kuda, dada kuda tegap dengan tangki bensin besar. Fork depan dan swingarm kekar dinilai sebagai gambaran dari kaki-kaki kuda atletis.

Desain yang benar-benar radikal ini kita bisa melihatnya pada motor listrik Punch Moto, sebuah brand asal Minsk, Ibukota Belarusia yang pergerakkannya masih sebatas jaringan sosial media. Tampilan motor yang selama ini kita lihat, nyaris tak dapat kita temui pada desain ini. Tanpa ada geometri standar, pun tanpa ornamen-ornamen yang umumnya kita dapati pada sepeda motor konvensional.

Bahkan, sekilas, pertama lihat, yang nampak malah persis sebuah senter besar dengan roda dan setang. Tetapi di situlah uniknya desain ini. Benar-benar membongkar paradigma umum tentang sepeda motor.

Nyaris, seluruh prinsip model sepeda motor konvensional patah dengan hadirnya desain motor listrik ini. Di mana komponen utamanya tak lain kecuali baterai dan motor penggerak. Dengan dua peranti tersebut perakit motor listrik bisa sesuka hati mewujudkannya dalam bentuk atau model seperti apa. Persis seperti yang nampak pada motor listrik dari Punch Moto ini.

Masih bagus, desain Punch Moto tidak serta-merta menghilangkan pandangan atau imajinasi bahwa itu sebuah motor listrik. Kita masih mendapat dua velg jari-jari dengan karet bundar pada spesimen ini. Fork depan upside down kembali membawa ingatan pada sebuah motor.

Motor listrik dengan konsep “taruh di pintu masuk, parkir depan bar, isi baterainya di apartemen lalu kendarai ke mana pun,” dirancang untuk kendaraan kota urban dan kesenangan berkendara. Desain radikal ini mendapat sentuhan keras dari desainer belarusian, Artem Smirnov.

Ini sepeda motor listrik perkotaan yang sangat fungional. Desainnya disebut sebagai interpretasi modern sepeda-sepeda tahun 1980-an di jalanan Kota Paris. Di mana bobotnya sederhana, dimensi kompak, ground clearance tinggi, roda dengan bilah-bilah, serta suspensi yang memanjang. Kemudahan ini yang ditawarkan oleh Punch Moto. Dua baterai berbentuk panel kotak pipih di sisi, bisa dilepas dengan mudah dan dibawa masuk ke ruangan dengan aman, serta pengisian cepat yang dapat mendorong pada kecepatan terbatas 75 mph (120 km/ jam), dengan perkiraan 69 mil (110km) per muatan.

Selain itu, tenaga maksimum motor ini cukup besar, mencapai 20 kW. Output itu setara motor 250 cc 1-silinder, Kawasaki Ninja 250 SL. Baterainya juga ada dua buah, dengan tenaga 2,5 kWh untuk masing-masing. Kecepatan tertingginya diklaim tembus 135 kpj. Tentu lebih dari cukup buat transportasi perkotaan bukan!. [asl/timBX]

Tags :

#
motor listrik,
#
sepeda motor listrik,
#
desain punch moto,
#
desainer artem smirnov