MENU
icon label
image label
blacklogo

Desain Evolusioner Maserati GranTurismo 2023 Terungkap

JUN 14, 2021@16:00 WIB | 143 Views

Maserati GranTurismo akan kembali tahun depan sebagai model 2023 dengan pembakaran internal dan elektrifikasi penuh. GranTurismo diproduksi antara tahun 2007 dan 2019. Dari teaser resmi pertama yang diterbitkan Maserati menampilkan sistem pembuangan berujung empat, yang berarti prototipe ini memiliki mesin yang tepat.

Dalam mode khas Maserati, House of the Trident tidak menyebutkan informasi penting seperti perpindahan, nomor silinder, aspirasi alami, atau induksi paksa. Nettuno V6 dengan dua siput penguat bisa menjadi penyebabnya meskipun delapan silinder lebih cocok untuk coupe mewah. Ada desas-desus tentang V8 baru dengan 4.0, bukan 3,8 liter, tetapi pembuat mobil Italia itu belum mengkonfirmasi atau menyangkal keberadaan mesin ini.

Sementara untuk masalah pembakaran internal, V6 90 derajat dari MC20 mengungguli V8 90 derajat dari Quattroporte, Ghibli, dan Levante dalam rasa Trofeo. Maserati mengatakan Nettuno adalah desain in-house meskipun tentu saja tidak. Pertama-tama, urutan penembakan mencerminkan V6 yang ditemukan di Alfa Romeo Giulia dan Stelvio Quadrifoglio. Dan kedua, bore dan stroke cocok dengan V8 yang ditemukan di SF90 Stradale yang dilengkapi teknologi.

Apa pun yang tersembunyi di balik kap mesin GranTurismo dan GranCabrio soft-top, tidak sesuai dengan powertrain EV yang diumumkan Maserati beberapa waktu lalu. Dengan nama kode Folgore, opsi nol-emisi terdiri dari tiga motor yang harus mengaktifkan vektor torsi aktif penuh, 100 kilometer per jam (62 mil per jam) dalam waktu sekitar dua detik, dan kecepatan tertinggi 300 kilometer per jam (186 mil per jam).

Folgore merupakan nama yang akan disandang semua kendaraan listrik pembuat mobil Italia, termasuk MC20, Quattroporte generasi berikutnya, dan Levante. Maserati lebih lanjut menawarkan pengisian cepat 800 volt untuk powertrain ini, tetapi masih belum dietahui aspek terpenting dari opsi jangkauan tertinggi. Tentu itu akan menjadi driving range, metrik yang gagal diberikan oleh Fiat Chrysler Automobiles ketika mereka meluncurkan Fiat 500e untuk model tahun 2021.

Sekadar diketahui, Maserati milik Stellantis mengkonfirmasi bahwa GranTurismo baru akan menjadi kendaraan listrik pertama merek tersebut. [asl/timBX]

Tags :

#
desain evolusioner,
#
maserati granturismo 2023,
#
maserati,
#
granturismo 2023,
#
kendaraan listrik