MENU
icon label
image label
blacklogo

Denza Memperkenalkan Minivan Mewah D9 ke Eropa

FEB 27, 2024@12:00 WIB | 247 Views

Denza, brand milik BYD bersiap untuk memulai debutnya di Eropa pada ajang Geneva Motor Show 2024 dengan membawa minivan terbarunya, D9.

Untuk yang masih awam dengan nama Denza, brand ini adalah hasil kolaborasi antara produsen mobil China, BYD dengan Mercedes pada tahun 2010 silam.

Awalnya, usaha patungan tersebut adalah 50:50, namun merek mewah asal Jerman tersebut mengurangi kepemilikannya menjadi 10 persen pada tahun 2021 ketika Denza menjalani restrukturisasi. 

Kembali ke D9, ini adalah minivan mewah dengan interior kelas atas yang dihadirkan untuk menyaingi minivan mewah lainnya, Lexus LM. D9 yang akan debut di Eropa tersebut sebenarnya bukanlah model baru karena sudah dirilis di China pada 2022.

Sama seperti versi yang telah meluncur di China, varian Euro dapat diperoleh sebagai plug-in hybrid atau sebagai EV penuh.

Pengangkut keluarga tiga baris ini memiliki bentuk kotak, pintu geser besar yang dioperasikan secara elektrik, rumah kaca yang luas, dan dua desain kisi-kisi yang sama-sama terpolarisasi. Bagian depan yang mengesankan sama mencoloknya dengan minivan baru lainnya, termasuk Volvo EM90 /Zeekr 009 dan si kembar Toyota Alphard/Vellfire. 

Bentuknya yang kotak dengan garis atap yang hampir datar memaksimalkan ruang interior dan terdapat sunroof panoramik yang besar membuat kabin terasa lebih lapang.

Meski memamerkan D9 di Jenewa, Denza masih bungkam soal spesifikasi teknisnya untuk saat ini. Namun, lihat versi Tiongkok untuk menemukan semua nomor yang relevan. Panjangnya 206,7 inci (5.250 mm), lebar 77,2 inci (1.960 mm), dan tinggi 75,6 inci (1.920 mm), dengan jarak sumbu roda besar 122,4 inci (3.110 mm).

Karena Denza ingin memikat Anda agar tidak membeli SUV mewah tersebut, D9 memiliki interior kelas atas dengan bahan kulit di mana pun Anda melihat. 

Kabinnya berkonfigurasi 2+2+3 dengan kursi yang dapat disesuaikan dan dilipat, serta fungsi ventilasi dan pemijatan. Selain sepasang layar biasa di bagian depan, terdapat layar tambahan yang dipasang di sandaran tangan kursi baris kedua untuk mengontrol berbagai fungsi.

Sementara Denza masih merahasiakan spesifikasi Eropa untuk saat ini, D9 yang dijual di China dapat dimiliki sebagai hibrida plug-in dengan mesin bensin 1,5 liter turbocharged. Model PHEV tersedia dengan penggerak depan dan semua roda, bersama dengan baterai 20,39 kWh dan paket 40,06 kWh yang lebih besar. [wic/timBX].

Tags :

#
denza,
#
byd,
#
denza d9,
#
minivan d9

X