MENU
icon label
image label
blacklogo

Dengan Sentuhan Karya Seni Modern, Honda CX500 Kustom Ini Tampil ‘Lebih Liar’

SEP 22, 2021@12:00 WIB | 137 Views

Saat ini, siapapun dapat menemukan beberapa Honda CX500 yang telah disesuaikan berkat kustom dan biasanya membuatnya dengan model Cafe Racer.

Kustom yang satu ini menawarkan sesuatu yang disebut karya seni modern. Dibangun oleh sepasang mantan perancang Pininfarina dan Italdesign dari Dotto Creations, motor unik ini adalah proyek pertama mereka.

Sementara itu basisnya adalah sebuah Honda CX500 keluaran tahun 1979, yang didekonstruksi sepotong demi sepotong, dilucuti menjadi logam kosong dan dibangun kembali sampai seperti aslinya. Para perancang juga memberinya nama ‘Biancaneve’ yang berarti ‘Putri Salju’ dalam bahasa Italia. Tujuan mereka adalah untuk menjaga nuansa klasik, yang pada saat itu ditenagai oleh mesin four-stroke V-twin dengan transmisi lima kecepatan dan perpindahan 497cc.

Mesin powerful liquid-cooled menghasilkan hingga 50 hp (tenaga kuda) pada 9.000 rpm, memungkinkan monster kecil Honda ini mencapai kecepatan maksimum 112 mph (180 kph). Kedengarannya tidak banyak, tetapi pada zamannya selalu bisa menawarkan sensasi saat mengendarainya.

Para perancang mulai memodelkannya sebagai bentuk murni, dengan fokus pada bodi yang terlihat seperti mengambang di atas sasis. Struktur cair ini dimungkinkan dengan menyembunyikan jok ke dalam bodi.

Baca juga: Honda Cbx1000 Kompsisi Terbaik dari Tom Gilroy dan Built Moto

Saat pengendara ingin naik, penutup kursi terbuka untuk memunculkan sadel yang memastikan posisi pengendara tetap nyaman. Ekor memanjang juga memberi Biancaneve nuansa yang lebih aerodinamis.  Dotto Creations mengatakan bahwa seluruh idenya adalah untuk memecah mesin menjadi komponen dasarnya dan kemudian merakitnya kembali dari bawah ke atas.

Terlepas dari filter pod, sebagian besar bagian kerja asli motor dijaga seasli mungkin. Mesin ikonik Moto Guzzi-esque direstorasi dan velg Comstar five-spoke juga dipertahankan.  Secara keseluruhan, para perancang ingin mengembalikan kesederhanaan mesin berusia 42 tahun itu sambil menambahkan sentuhan Italia modern yang terlihat luar biasa.[dhe/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
honda,
#
motor honda,
#
motor terbaru honda,
#
honda cx500,
#
honda cx500 kustom