MENU
icon label
image label
blacklogo

Curtiss Motorcycle, Lambang Perpaduan Elektrifikasi dengan Kemewahan

MAY 22, 2021@09:00 WIB | 447 Views

Masa depan yang serba listrik bukan semata-mata hanya impian, melainkan kenyataan yang semakin dekat. Sebut saja dalam dunia otomotif, bagaimana para produsen mobil terus berlomba mencipta mobil listrik mereka. Bahkan perusahaan raksasa teknologi seperti Huawei, Xiaomi, dan Apple pun turut terlibat dalam penciptaan mobil listrik.

Debutnya sebuah merek baru dari Harley-Davidson bernama LiveWire EV, menunjukkan semakin banyaknya sepeda motor yang akan mengikuti tren. Untuk Curtiss Motorcycles mencoba mengawinkan kemewahan dengan elektrifikasi. Oleh karena itu, merek tersebut baru saja meluncurkan sebuah trailer yang menampilkan awal dari New "Golden Age" sebuah sepeda motor listrik.

Umumnya orang tahu bahwa sepeda motor retro tidak akan pernah kehilangan pesonanya, dan Curtiss Motorcycles tampaknya memadukan tampilan vintage dengan kenyamanan modern. Sebelumnya dikenal sebagai Confederate Motors, merek yang berbasis di Alabama memiliki sejarah yang cukup panjang sejak tahun 1907, ketika Glenn Curtiss mencetak rekor dunia kecepatan tidak resmi,136 mph (219 kph), dengan sepeda motor bertenaga 40 hp (30 kW) V8 yang dirancang dan dibangun sendiri di Florida.

Dengan cara berbagi nama dengan leluhur perintis penerbangannya yang terkenal, merek tersebut mencoba mempertahankan warisannya dan menerapkan ke dalam sepeda motor mereka, tetapi dengan sedikit sentuhan. Seiring dengan produksi sepeda motor listrik Curtiss One, ia memulai jalur menuju elektrifikasi dengan semua perjalanannya di masa depan.

"Green, Clean, Mod, Cool: A New Age," merupakan judul trailer yang isinya menjelaskan narasi filosofis merek serta Curtiss One, tidak hanya sepeda motor pertama yang berpusat pada presisi perusahaan, tetapi juga arsitektur platform barunya yang akan berfungsi sebagai fondasi untuk semua sepeda motor masa depannya.

Nilai ergonomi memainkan peran kunci dalam proses pembuatan Curtiss One. Terinspirasi dari pesawat terbang, yang dihubungkan poros baja keras 39mm. Bagian yang bergerak hanyalah poros keluaran yang terlalu besar dan rodanya. Dengan menjaga sel baterai yang diatur secara radial terendam dalam cairan pendingin, Curtiss Power Pack bertindak sebagai radiator untuk keseluruhan sistem.

motor ini tidak memiliki transmisi atau kotak roda gigi. Alih-alih, tenaga bergerak langsung dari motor Fluks Aksial berpendingin cairan ke roda belakang melalui penggerak sabuk bergigi. Tidak ada pemindahan gigi dan tidak ada kopling yang terlibat. Sebaliknya, kecepatannya hanya ditentukan oleh seberapa keras pengguna memutar throttle. Kendaraan seberat 425 lbs (193 kg) memiliki tenaga yang cukup untuk menghasilkan tenaga 217 hp dan torsi 272 lb-ft.

Harga Curtiss One dibanderol mulai dari $ 81.000 (sekitar Rp 1,1 miliar), yang menandai skor yang cukup tinggi pada skala keterjangkauan. Bisa dikatakan, Curtiss Motorcycles bertujuan untuk menghadirkan Curtiss Two dan Curtiss Three pada tahun 2022 dan 2023, semuanya berdasarkan arsitektur One (dan biayanya mungkin juga akan sama). [asl/timBX]

Tags :

#
curtiss motorcycle,
#
harley-davidson,
#
livewire ev,
#
sepeda motor listrik,
#
curtiss one,
#
motor listrik