MENU
icon label
image label
blacklogo

Cleveland Ace 400 Scrambler, Motor Klasik Fitur Berkelas Siap Bertualang

OCT 16, 2020@18:00 WIB | 531 Views

Penetrasi Cleveland mulai meradang, ketika peta persaingan roda dua semakin ketat dengan teknologi yang terkini. Cleveland menawarkan Ace 400 Scrambler sebagai pelengkap atas kehadiran saudara kandungnya Ace 400 Cafe. Dengan kubikasi mesin 400cc single silinder, berteknologi ABS, dual muffler yang mungkin sangat dirindukan oleh two wheelers enthusiast. 

Teknologi pengapian sudah melibatkan injeksi, dengan pengaturan pengapian yang diatur dengan ECU Delphi EFI Control System.  Dengan mesin 397cc, empat katup  berpendingin udara, punya kompresi rasio yang cukup rendah 8.8:1. Artinya motor ini gak butuh oktan tinggi, dengan kapasitas tangki 13.5 liter sudah membantu two wheelers enthusiast melahap ratusan kilometer.  

Kombinasi bore and stroke  85x70 mm, punya lengan seher yang tidak terlalu panjang, membuat tenaga  yang cukup besar 27,7 hp pada putaran mesin 7200 rpm. Sementara torsi menghasilkan 30 nm pada putaran mesin lebih rendah 5600 rpm. Tenaga yang begitu besar sayangnya harus dibatasi di putaran tertinggi 7200 rpm, namun disatu sisi menghasilkan tingkat konsumsi 3,3 l per 100 km. Bila didukung ECU Delphi EFI Control System, kemungkinan putaran mesin bisa didongkrak ke 11 hingga 12 rpm misalnya. Sementara dengan mesin 400 cc, kecepatan tertinggi di patok di 130 km/jam. 

Selain mesin, akhirnya  kami harus bersyukur dengan suspensi yang lebih baik. Suspensi depan mengadopsi Upside Down (USD) terasa lebih lembut, dengan melewati obstacle  dengan baik. Sementara suspensi belakang sudah dibekali dengan reservoir tank untuk memberikan damper yang lebih lembut.  Tenaga mesin yang boleh dibilang badak di putaran mesin rendah, membuat kami cukup optimis, motor ini bisa memberikan kecepatan dan torsi yang tinggi di putaran mesin rendah. 
 

Cleveland Ace 400 Scrambler mampu mengimbangi tenaga yang binal dengan tingkat keamanan yang baik. Dual Disk dengan ABS System dan single disk belakang telah dipadukan dengan motor ABS Automotive Grade ABS. Akhirnya Cleveland Ace 400 Scrambler punya tingkat keamanan terbaik dikelasnya. 

Gaya berpengendara disajikan cukup baik, dengan dimensi panjang, lebar dan tinggi 2040x810x1080 mm, menjadi ukuran yang kompak apalagi berat 155kg tentu cukup mengakomodir rider enthusiast.Tinggi jok 780 mm, dan ground clearance 150 mm sudah dipastikan mampu melibas obstacle bebantuan atau aspal. Bicara lampu depan sudah mengadopsi LED, dengan tingkat kemampuan terang hingga 16000cd. Sementara lampu belakang juga sudah LED, ini menjadikan titik modernisasi. 

Salah satu yang menjadi kekurangan dari versi Scrambler adalah bagian mesin dan exhaust yang tidak dilindungi undercowl. Mobilitas di jalan berbatuan tentunya akan sedikit mengganggu peyok, peang atau lecet sedikit akan terjadi. Sementara tampilan klasiknya cukup kental, ban dual purpose, mud guard dan velg jari-jari adalah kelengkapan Scrambler.

Sementara kelebihan mesin Cleveland ACE 400 ini adalah memiliki ruang oli terpisah, untuk pendingin oli. Jadi untuk kubikasi 397cc membutuhkan 2 liter, siap untuk riding dengan ribuan kilometer sekalipun. Dengan tenaga 27,7 hp didelivery melalui 5 percepatan dan sudah memenuhi standar emisi euro4. Motor ini dijual dengan harga Rp80 jutaan di beberapa dealer resmi Cleveland di Bintaro dan Bekasi.[Ahs/timBX]


 

Tags :

#
clevelandcyclewerks,
#
cleveland ace400 scrambler,
#
two wheelers review