MENU
icon label
image label
blacklogo

Cinta Mati Suzuki Bandit 1200, Restorasi Buat Riding Antar Negara di Benua Eropa

JAN 21, 2022@19:55 WIB | 477 Views

Kris Reniers punya kans pendek untuk menyulap Bandit 1200 milik customernya menjadi motor yang reliable seperti sekarang.  Angan-angan besarnya custom untuk daily used, dengan syarat  konversi menjadi street legal, kelistrikan yang diperbaharui, suspensi yang empuk, dikombinasi dengan side bag  untuk riding jauh, knalpot  orisinal  dan itu membuat riding harian makin nyaman.

Raniers menjadi kepala dari DeepCreek Cyclework, sebuah rumah modifikasi dari Belgia, mengawali workshop barunya ini dengan sebuah icon Suzuki Bandit 1200.  Mengejar elektrifikasi Bandit 1200 lansiran 1996 ini menjadi yang utama, karena naked bike ini sudah 88 ribu km, berkendara lintas negara ke Skotlandia, Isle of Man, Jerman dan beberapa negara lain yang lumayan jauh. 

"Secara kondisi fisik, ini motor yang sudah lelah, dan saya ditarget untuk membangun kembali, Bandit 1200 milik Bart, customer saya yang sedikit kacau dengan kebiasaan riding ratusan kilometer. Si Bandit 1200 telah istirahat lebih dari 5 tahun, dan itu target saya," ungkap Raniers. Sementara si Bart, masih menikmati kehadiran unit BMW 1000R cukup memberinya semangat baru riding antar negara. Bart malah memberi tantangan bagi Raniers membangun Bandit dengan gaya restomod kekinian. 

Suatu malam ketika Bart yang gemar menunggangi sportbike berdiskusi dengan Raniers. Rasa penyesalan atau gairah retroisme kembali membara di hati kecilnya, memandangi kuda hitamnya yang usang, memukuli bodi Bandit.  Raniers mencoba membeli Bandit 1200 ini dari Bart. "Tidak mungkin!" sentak Bart, “Saya tidak menjualnya. Mendingan kamu arahkan cara membangkitkan Bandit 1200 dari tidur panjangnya, sebuah konsep restorasi modifikasi,” menantang Raniers. 

Seminggu kemudian Raniers memberinya sketsa untuk Suzuki Bandit kesayangannya. Bart berkata, “Itu bagus Kris, bangun Bandit 1200 ini yang tidak akan aku jual padamu. Bangun Bandit menjadi hebat lagi dan saya akan menjual BMW 1000R. Kamu membuatku ingin menunggangi Banditku lagi.”

Proses Modifikasi Bandit 1200

Bagian suspensinya Bandit dengan shock Wilbers Raceline di bagian belakang. Satu set suspensi USD 'GSXR1000 lansiran 2005, dipasang di depanm sekalian kaliper radial dan roda depan dari GSXR1000. Ketika suspensi baru terpasang, Raniers mencoba mengukur ulang titik center dengan engine.

Rangka Bandit terkenal sangat goyah saat menikung kecepatan tinggi dan karena itu tidak terlalu bagus untuk digunakan di trek. Raniers mereinforcement kaki-kaki dengan mengelas penyangga silang ke dalam bingkai di atas lengan ayun. Kemudian ditambahkan beberapa penyangga segitiga kecil di lokasi penting lainnya untuk menambah kekakuan dan torsi yang lebih sedikit pada rangka.

Bagian ekor dari bingkai asli dipotong kemudian dilas ulang ke bagian belakang yang dipasang dengan baut khusus. Anda mungkin memperhatikan bahwa pelat penutup hitam pada bingkai tidak memiliki sekrup atau baut yang terlihat, semua yang dimodifikasi telah dipasang dengan karet dumper dan gripper tersembunyi.

Untuk estetika paint, Rainers mencoba mengecat ulang frame menggunakan warna red candy warna yang tertuang di Mazda MX5 generasi terbaru. Dipadukan dengan hitam klasik untuk tangki Bandit . Tangki telah sedikit direnovasi di bagian belakang untuk menciptakan garis yang bagus sesuai dengan rangka dan jok. Grafis garis-garis emas menambahkan sedikit kesenangan dan membantu memecah massa hitam. Detail velg baru dilapisi powder coating dengan garis-garis merah memberikan sisi  modernisasi dan mengangkat gradasi Deep Creek.

Sektro kelistrikan yang lebih modern,  diinstal wiring harness baru dan mengganti kelistrikan dan relay lama agar sesuai dengan kinerja M Motogadget.  Ada juga speedo Motogadget Chrono Classic yang menambahkan detail premium pada hasil akhir keseluruhan. Pengapian Mo.lock tanpa kunci melengkapi daftar peningkatan Motogadget.
Modifikasi lain yang merupakan peningkatan dari komponen Bandit asli Suzuki termasuk set setang clip-on LSL, handgrip dengan heater (untuk perjalanan panjang Bart), footpeg ValterMoto, lampu depan LED dan lampu sein, steering dump Hyperpro di bagian depan. Spatbor SW-Motech. Untuk cengkeraman grip ke aspal lebih baik di iklim dingin yang cenderung banyak dilalui saat rute panjang Bart, Raniers memasangkan pelek Bandit dengan ban Bridgestone Battlax S22.

Suzuki membangun mesin yang sangat layak dan andal untuk Bandit 1200, hanya sistem koplingnya yang terlalu lemah untuk menghasilkan torsi besar yang dihasilkan mesin ini. Kami menggantinya dengan kopling balap EBC yang telah memecahkan masalah. Kami juga menambahkan satu set karburator balap Mukuni 38mm yang memakai filter udara balap Pipercross. Sistem pembuangan selesai menggunakan muffler berujung karbon SC Project.

Sepeda ini selesai 2 minggu sebelum batas waktu Bart. Dia memiliki perjalanan darat 3400Km ke Slovenia dan kembali direncanakan dan dia menyukai setiap menitnya di Bandit. "Saya senang mengatakan bahwa Bart's Bandit modifikasi sempurna dari workshop moto DeepCreek," tutup Bart.[Ahs/timBX]  

Tags :

#
deepcreek,
#
modifikasi motor,
#
suzuki bandit 1200