MENU
icon label
image label
blacklogo

Butuh Software yang Tepat, Kecepatan Tesla Model S Plaid Bisa Capai 322 Km/Jam

JUN 21, 2021@17:00 WIB | 185 Views

Banyak hal hebat yang bisa dibicarakan mengenai Tesla Model S Plaid dan angka-angka yang menyertainya. Meskipun catatan sprint 0-60 mil/jam (97 km/jam) yang mereka klaim agak meragukan, namun, semua bakal setuju bahwa angka lainnya yang disebutkan cukup masuk akal. Para pemilik bisa membuktikannya sendiri ketika mereka sudah menerima kiriman sedan listrik mewah tersebut nanti. Semuanya akan didapatkan, terkecuali kecepatan maksimal 200 mil/jam (322 km jam) tersebut.

Menurut konfigurator Tesla Model S Plaid, kecepatan tertinggi mobil yang mereka gadang itu butuh velg dan ban yang tepat. Sayangnya, komponen tersebut baru akan tersedia pada musim gugur 2021. Ini artinya, jika pemilik Model S Plaid ingin mencapai top speed yang dinyatakan, mereka harus menunggu hingga September.

Namun, bukan berarti bahwa kendaraan listrik yang mereka tebus hampir 130.000 dolar AS (Rp1,86 miliar) itu tidak akan datang dengan perlengkapan ideal yang dibutuhkan untuk kecepatan fantastis. Tesla mengatakan bahwa Model S Plaid sudah dilengkapi dengan velg dan ban yang diperlukan. Persoalannya sekarang justru software yang belum tersedia.

Agar bisa melesat hingga 200 mil/jam, pembeli Model S Plaid harus memilih velg Arachnid 21 inci opsional, yang merupakan standar dengan satu set ban Michelin Pilot Sport 4S. Sang produsen mobil mengatakan bahwa kombinasi velg dan karet tersebut telah divalidasi untuk mencapai puncak kecepatan yang diklaim. Meski demikian, sebelum update perangkat lunak yang dibutuhkan hadir,

Model S Plaid hanya bisa melaju terbatas hingga 163 mil/jam (262 km/jam). Bahkan ketika dilengkapi dengan roda 21 inci yang memiliki banderol 4.500 dolar AS (Rp65,1 juta) sekalipun. Namun, bukan berarti angka-angka tersebut tidak mengesankan. Belum ditambah fakta bahwa Model S Plaid sudah mampu melesat seperempat mil dalam waktu 9,24 detik, pada kecepatan maksimal 152 mil/jam (249 km/jam). Angka tersebut setara dengan catatan para monster bermesin pembakaran, macam Bugatti Chiron, McLaren P1, dan Dodge Challenger Demon.  [ibd/timBX]

Tags :

#
software tesla,
#
tesla model s,
#
tesla