MENU
icon label
image label
blacklogo

Buat Sirkuit Baru di Solokov, Untuk Sirkuit Pengujian Self Driving BMW

DEC 19, 2017@20:00 WIB | 149 Views

BMW bakal bangun sirkuit baru di wilayah Czech Republic, bukan sebagai sirkuit balap. Sirkuit baru ini akan menjadi jalur track khusus untuk pengujian self-driving dan electric car bikinan BMW. Tak ada maksud lain kecuali untuk memperluas jejaknya di masa depan. Sementara BMW telah memiliki long history of luxury, yang harus dipersiapkan dalam memproduksi evolution vehicles. Nampaknya, Czech menjadi tempat pengujian ambisi-ambisi BMW untuk proyek mercusuar mereka.

Berapa total investasi untuk sirkuit baru tersebut? Diestimasi mencapai USD 118  juta untuk lintasan baru ini, dan sudah dipastikan akan menyerap ratusan pekerja dalam pembuatannya. Lahan seluas 1.200 hektar yang berlokasi di dekat perbatasan Jerman dari arah Eropa Timur, atau sekitar 2,5 jam dari markas BMW di Munich, sebagai pusat pengembangan.

Pihak BMW melihat fasilitas pengujian di Aschheim, Jerman sudah tidak lagi memiliki kapasitas yang memadai, guna memenuhi persyaratan pengujian. Maka dari itu BMW menyatakan untuk pindah ke Republik Czech.

“Kami menemukan lahan dengan kondisi yang ideal untuk pengujian kendaraan, tepatnya di Sokolov,” tutur Dr. Herbert Grebenc, Wakil Presiden dari Real Estate Management. “Membuka lokasi pengembangan pertama di Eropa Timur telah dipikirkan akan menjadi peluang baru dan tonggak sejarah untuk perusahaan kami.”

Seperti kita ketahui, BMW sebelumnya telah mengumumkan rencana peluncuran iNext pada 2021, yang diklaim memiliki fitur level-5 dalam autonomous. Hal itu bisa dibayangkan, seorang supir bisa tidur siang, saat mobil dalam keadaan bergerak. Pihak BMW telah bekerjasama dengan MobilEye yang baru saja diakuisisi untuk pengembangan mobil dan jalur pengujian.

“Solokov, akan menjadi fasilitas pembuktian BMW soal elektrifikasi, digitalisasi dan automated driving, seperti misal untuk pengujian keamanan untuk assistance system,” tutur Grebenc. Investasi besar itu, untuk masa depan BMW. [Ahs/TimBX]

Tags :

#
auto news,
#
sirkuit bmw,
#
czech republic,
#
self driving sirkuit