MENU
icon label
image label
blacklogo

Bruiser: Sepeda Motor Drag Harley Softail dari Belgia

MAR 01, 2021@15:30 WIB | 229 Views

Kami telah mengikuti seri balapan Sultans of Sprint yang aneh sejak hari pertama, terkesan dengan mesin yang dibuat khusus dan memalukan yang telah diproduksi oleh beberapa pembuat kustom favorit kami. Tapi serial ini jauh lebih besar dari yang kita bahas di sini. Karena untuk setiap toko atau pabrikan terkenal yang memiliki entri, ada permata tersembunyi yang menunggu untuk ditemukan.

Harley-Davidson Softail model 2000 yang tidak menyesal ini adalah salah satunya. Itu disesuaikan oleh Bruno Belva dari BG-Garage Custom, untuk pemilik dan pesaing serinya, Rudy.

Belgian Softail sebenarnya pertama kali dijalankan pada musim 2019 di 'Kelas Freak' Sultans of Sprint — tapi ini adalah pertama kalinya kami melihatnya. Dan ini pertama kalinya kami juga melihat karya Bruno, meskipun dia sudah beroperasi selama enam tahun.

Berbasis di Pont-à-Celles, sebuah kota kecil sekitar 50 km selatan Brussel, Bruno membagi waktunya antara bekerja di sepeda dan mobil dan pekerjaan hariannya di industri farmasi. Bengkelnya jelas kuno, penuh dengan peralatan mesin manual dan tidak ada printer 3D atau mesin CNC yang terlihat.

Sultans of Sprint adalah tentang terlihat bagus dan juga melaju dengan cepat… tetapi sepeda memang harus cepat. Jadi untuk proyek ini, Bruno fokus pada sasis dan peningkatan berat, dan menambah tenaga dari motor.

Di bagian depan terdapat garpu terbalik dari Monster Ducati, disetel agar sesuai dengan bobot Harley. Roda-rodanya diambil dari Ducati Scrambler, berukuran 18 "di depan dan 17" di belakang, dan beratnya jauh lebih ringan dari simpai aslinya.

Roda depan dimodifikasi untuk menggunakan cakram rem kedua, dan roda belakang membutuhkan pekerjaan ekstensif agar sesuai dengan swingarm Harley. Mereka digambarkan di sini dengan ban OEM Ducati Scrambler, Pirelli MT60, tetapi Rudy mengendarai motor dengan ban trek Michelin.

Untuk rem, Bruno memasang satu set Brembos dari Ducati 996, yang dipasang pada adaptor aluminium kustom miliknya.

Motor ini memiliki stok di dalamnya, tetapi memiliki sejumlah peningkatan yang menarik. Bruno memasang karbohidrat ganda Dell'Orto dengan tumpukan kecepatan, dan membangun sistem pembuangan asimetris yang menakjubkan. Dan dia menambahkan sistem perpindahan gigi dari Kliktronic, sehingga Rudy bisa mengganti persneling melalui tombol di setang.

Bodywork pada Softail ini adalah tentang menyelipkan untuk pergi dengan cepat. Bruno mengerjakan ulang bagian belakang sepeda dengan bagian buntut stainless steel buatan tangan, ditutup dengan jok yang luas. Berbagai komponen elektronik telah dikemas ulang dalam kotak rapi di bawahnya.

Tangki bahan bakarnya tidak diketahui asalnya, tetapi kemungkinan besar dari 50cc vintage — masih memakai patina, bersama dengan koin peringatan 500 Franc dari tahun 1980, yang tertanam di tutup pengisi.

Di bagian atas kokpit terdapat klip LSL, dengan sakelar dan tuas bergaya balap dari Pengereman, dan pasak kaki rearset yang dibuat khusus di bagian bawah. Dragster Harley ini memiliki lampu depan LED dan sepasang lampu belakang yang tersembunyi juga, karena Rudy terkadang menjalankannya di jalan.

Terlepas dari banyaknya pekerjaan yang macet di sepeda, Bruno melaporkan bahwa dia sebenarnya tidak punya banyak waktu untuk membuatnya. Tapi dia bertemu dengan brief; Harley terkesan di trek, dan Rudy senang.

“Rudy mendapatkan hasil yang sangat bagus dengan motor ini dan memenangkan banyak balapan,” kata Bruno, “mungkin karena dia memiliki perasaan yang sangat baik untuk sprint semacam itu. Dia adalah pembalap yang sangat bagus.”

Dengan pembatalan musim balapan tahun lalu karena pandemi, Rudy menjaga Harley tetap bertahan. Kami berpegang teguh bahwa Sultan Sprint segera kembali, sehingga kami dapat melihat lebih banyak kebiasaan aneh seperti ini yang merobek drag strip. [yat/asl/timBX]

Tags :

#
sepeda motor drag,
#
sultans of sprint,
#
harley softail,
#
harley davidson