MENU
icon label
image label
blacklogo

Bridgestone Kenalkan Ban Eco-Friendly di Balapan IndyCar

AUG 08, 2022@20:00 WIB | 184 Views

Firestone Firehawk Race Tire Inovasi baru Bridgestone yang terbuat dari tanaman semak yang tumbuh di AS dan Meksiko

Bridgestone akhirnya menampilkan ban ramah lingkungan pertamanya, yang akan digunakan di mobil peserta balapan IndyCar. Ban tersebut terlihat berbeda dengan ban sebelumnya, ban terbaru ini hadir dengan aksen hijau memutar di area samping ban.

Firestone Firehawk Race Tire adalah ban yang dibangun dan dirancang Bridgestone selama satu tahun ke belakang dari bahan bernama Guayule. Guayule sendiri adalah tanaman yang tumbuh banyak di daerah barat daya Amerika dan Meksiko.

Firestone Director of Race Tire Engineering & Manufacturing, Cara Krstolic menjelaskan tanaman tersebut mampu mengekstraksi karet alam, setelah melalui proses manufaktur yang panjang.

Krstolic juga menyebut tanaman Guayule tidak membutuhkan banyak air untuk tumbuh. Jadi, mampu tumbuh dan panen di tempat kering di mana tanaman lain tidak bisa. Jadi ban ini memiliki toleransi panas yang tinggi sehingga tahan lebih lama.

Sebelumnya, Bridgestone menggunakan tanaman bernama Hevea, yang tumbuh di Asia Selatan.

Ban ini sudah dicoba oleh salah satu pembalap, Graham Rahal, dan ia menyukainya karena merasakan sama seperti ban terdahulu walaupun dari sumber yang beda.

Rencananya Bridgestone akan mengganti semua ban di kendaraan balap mereka dengan bahan ini di 2050. Sementara akan memasarkan secara komersil ban Guayule ke publik di tahun 2030 mendatang. [wic/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
ban,
#
tyres,
#
bridgestone,
#
guayule tyres,
#
ban eco-friendly,
#
indycar,
#
balapan indy