MENU
icon label
image label
blacklogo

Born 49ain, Proyek Pertukaran Bodi Antara Ford 49 dan Sasis BMW 335i

NOV 19, 2021@11:00 WIB | 96 Views

Sebuah proyek impian dari John Malozsak sangat membutuhkan usaha dan kecerdikan untuk menyelesaikannya.

John mengawinkan bodi Ford Tudor 1949 dengan mesin BMW 335i 2008 coupe dan menjulukinya Born 49ain. Memotong bodi dari salvage-yard E90 dan meletakkan bodi Tudor pada sasisnya tidak semudah yang dibayangkan. Tudor perlu membutuhkan tujuh inci lebih kecil untuk masuk dengan benar. Ford merupakan kendaraan body-on-frame, sedangkan BMW merupakan konstruksi unibody modern. Memotong sebagian besar bodi 330i dapat mengurangi kekakuan platform.

Untungnya hal ini sudah diperkirakan oleh tim. Mereka menambahkan struktur sementara untuk menjaga sasis BMW tetap lurus meski banyak bagian dilepas. Tim John juga menambahkan kembali panel bodi Tudor untuk membangun kekakuan pada sasis BMW.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Ford GT '64 Prototype Heritage Edition

Bodi Ford dilucuti dari cat aslinya, meninggalkan logam kosong dengan trim yang dicat hitam di sekitar lampu depan, gril, splitter, kusen samping, sayap belakang dan lubang di kap mesin. Terlihat juga bundaran BMW hitam di gril tengah dan bagasi, sementara lampu LED jelas di bagian depan.

Molzsak dan tim mempertahankan N54B30 3.0 liter twin-turbo I-6 asli BMW, daripada menukarnya dengan mesin jutaan dolar. Mereka memanfaatkan manifold knalpot top-mount Doc Race, turbo Garrett Motion G30-700 langsung keluar dari kap mesin. Mesin diatur boleh Burger Tuning JB4 dengan penyetelan ECU oleh Fluent Tuned.

Satu set coilover E90 kustom dan pegas belakang menurunkan bodi dan fender Bron 49ain yang melebar di atas ban depan sebesar 305/30 dan 345/25R20 bagian belakang milik Toyo Tires Proxes T1R. Malozsak menggunakan roda Hostile dengan set khusus, pelek depan 20x12 dan belakang 20x14.

Salah satu keunggulan melakukan modifikasi dengan pertukaran bodi adalah dapat menyimpan bagian-bagian yang baik dari sasis asli. Bagian interior Born 49ain mempertahankan kontrol kolom kemudi BMW asli. Semuanya terbungkus dalam dasbor lembaran logam sementara suede menutupi konsol tengah, kolom kemudi dan panel pintu.

Baca juga: Mobil Sport TVR Sagaris Dengan Mesin BMW V10

Sepasang kursi menggunakan kustom suede merah dengan sabuk pengaman hitam berbordir “Status” dan “Maniacs Garage. Mereka juga dilindungi oleh roll cage U-Weld It Autopower Safety yang dibuat untuk E90 tetapi dimodifikasi agar sesuai dengan bodi Tudor sebelum dicat perunggu dari BASF.[geo/shf/timBX]

Tags :

#
born 49ain,
#
ford,
#
bmw,
#
proyek pertukaran bodi,
#
ford 49 dan sasis bmw 335i