MENU
icon label
image label
blacklogo

BMW R18 Garapan Kingston Custom Tersemat Sentuhan Art Deco Meisterwerk

JAN 31, 2021@09:00 WIB | 250 Views

BMW tak mau buang-buang waktu untuk mendapatkan R18 baru. Lima bulan lalu, sebelum ‘Bavarian cruiser’ berada di showroom, Roland Sands meluncurkan konsep 'Dragster'. Beberapa minggu kemudian, Bernhard Naumann dari Blechmann mengungkapkan wujud yang lebih liar.

Kini giliran Dirk Oehlerking, yang menjalankan Kingston Custom.  Berbasis di Gelsenkirchen — enam jam perjalanan dari pabrik BMW di Berlin — dan telah membangun sekitar 17 bea cukai BMW selama 35 tahun terakhir. Bisa dibilang dialah yang terbaik.

Dengan bentuk garis menukik dan kualitas – menjadi tujuan penyelesaian level berikutnya. Tapi ini bukanlah gaya yang disempurnakan dengan program CAD di komputer; tetapi Dirk masih bekerja dengan cara yang sepenuhnya analog.

Proses desain dimulai jauh sebelum sekrup pertama diputar. Ia mengatakan sudah banyak memikirkannya sebelumnya, sehingga ia memiliki aliran gambar yang terus-menerus melewati pikirannya saat memutuskan gaya apa yang harus difokuskan. Ia menambahkan memulai membuat sketsa dengan pensil dan Tipp-Ex [cairan koreksi]. Lalu terus berjalan, sampai ia tahu di lubuk hatinya: 'itu'. "

BMW R18 telah dirancang dengan mempertimbangkan kustomisasi, mengikuti jejak yang dibuat oleh R nineT. Sepeda showroom adalah semacam penghargaan bergulir, dengan detail visual (dan teknis) yang menggemakan R5 pada akhir 1930-an. Ini juga memiliki fokus pada teknologi modern-tapi-tanpa embel-embel — seperti motor pushrod 1.802 cc (110 ci).

Oehlerking sering kali mempelajari lebih dalam tentang sepeda yang dia modifikasi. Tapi kali ini dia lebih banyak meninggalkan sisi mekanisnya saja, karena itu akan diubah demi perubahan.

Ia akan membiarkan teknologinya apa adanya, dengan bingkai 100% asli. Sentuhan desain asli yang cerdas seperti poros penggerak yang terbuka dan hub roda belakang masih ada dan benar. Aksi nyata terjadi di luar — dengan fairing luar biasa dan penutup roda belakang.

Pada tahun 2018, 'Black Phantom' miliknya meningkat pesat, menggunakan suku cadang dari beberapa BMW lama, dan tahun lalu, muncul 'Good Ghost' R100.

R18 adalah motor keempat dalam urutan informal yang disebut 'Spirit of Passion'. Terinspirasi film, ini mempertahankan kesan Art Deco yang telah disempurnakan oleh Dirk selama beberapa tahun terakhir. Meskipun terlihat seperti berada di halaman rumput Pebble Beach yang terawat, atau Concorso d'Eleganza di Villa d'Este di Italia, sebenarnya ini adalah sepeda motor yang berfungsi penuh dan dapat dikendarai.

Dirk mengukir bentuk bodywork dari busa kaku untuk membuat cetakan, dan cangkang terakhir adalah fiberglass. Ini mengunci ke titik pemasangan R18 standar, dan penutup roda belakang yang cocok dipasang ke swingarm — sehingga mengikuti pergerakan roda. Kedengarannya sederhana, tetapi jelas ada banyak desain dan pengukuran presisi yang terjadi di sini.

Saat merancang 'ginjal grille', Dirk terinspirasi oleh ikon BMW 328 — roda empat kontemporer dari sepeda motor R5. Grilnya sendiri dibuat dari bilah aluminium, dan oval tersembunyi di atasnya menyembunyikan lampu LED dari Highsider. Indikator Kellermann yang ringkas menjaga alat berat tetap legal.

Kaca depan mungil dibuat khusus menggunakan polikarbonat Makrolon, pengganti kaca yang ringan, tetapi jok kulitnya diadaptasi dari katalog aksesori BMW.

Palang dibuat khusus, dan dirancang sedemikian rupa sehingga lingkaran beloknya sama dengan sepeda showroom. Dengan jarak bebas 150mm (5,9 inci) antara jalan raya dan fairing bawah, ground clearance tidak menjadi masalah.

Tangki adalah perlengkapan standar (didandani dengan lencana R75 antik). Dihiasi dengan cat hitam BMW klasik dan garis-garis putih yang halus, Kingston R18 hampir bisa dianggap sebagai mesin vintage yang direstorasi dengan mahal — di rumah di museum Eropa, atau di lantai rumah lelang kelas atas.

Dengan menekan sebuah tombol, dan kendaraan ini hanya perlu diservis setiap 6.000 mil. Sebuah pencapaian luar biasa dari Oehlerking, bahkan melampaui Hantu Putih dan Hitam, dan dia patut bangga. Seperti yang dikatakan,proyek ini mungkin yang paling mengesankan sepanjang karier saya.” “Itu sangat berarti bagiku.”

Jika Anda juga merasakan cinta, Anda akan senang mengetahui bahwa Dirk memiliki rencana produksi edisi terbatas. Tidak banyak motor custom yang menjadi barang kolektor, tapi kami duga ini salah satunya. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
bmw r18,
#
motor custom,
#
motor custom bmw r18,
#
kingston custom,
#
art deco meisterwerk