MENU
icon label
image label
blacklogo

Blue Wombat, Modifikasi ‘Dingin’ Hodaka ala Analog Motorcyles

SEP 27, 2020@11:00 WIB | 343 Views

Jika memperhatikan karya-karya dari Analog Motorcycles, kita akan tahu bahwa sang founder Tony Prust bukanlah orang yang suka melakukan hal setengah-setengah.

Hodaka Wombat tahun 1973 ini adalah buktinya, dimana tujuan awal Tony adalah membuatnya berjalan di atas es musim dingin di dekat bengkelnya di Waukegan, Illinois. Tapi tak lama kemudian, itu berubah menjadi salah satu restomodsi dua tak tersulit lihat.

“Fungsionalitas membawa motor off-road antik ke taman atau jalan setapak tidak pernah terlihat praktis bagi saya,” kata Tony. “Namun saya selalu menyukai merek Hodaka, dan ketika saya memiliki kesempatan untuk mengambil beberapa Hodaka dalam pertukaran beberapa tahun yang lalu, saya mengambilnya.

“Hodaka selalu memiliki nama model terbaik: Road Toad, Dirt Squirt, Wombat, Combat Wombat, Super Rat dan daftarnya terus berlanjut. Tidak ada lagi yang muncul dengan nama yang menyenangkan. Saya telah mengumpulkan buku dan mendapatkan merek Hodaka.”

Kedua Hodaka diparkir di gudang sampai musim dingin lalu, ketika Tony memutuskan untuk menghidupkan kembali Wombat 125 dengan gaya yang ‘dingin’. Tapi begitu dia membawanya ke toko Analog, dia menyadari ada sesuatu yang besar dalam kondisi motor tersebut.

“Saya langsung menemukan bahwa motor ini sudah rusak parah,” katanya. “Motor ini memiliki diameter garpu yang tidak sesuai. Lalu saat saya membersihkan tangki bahan bakar, dan ada banyak sekali masalah."

Tony menemukan banyak masalah lain dan meskipun tidak satu pun dari masalah itu yang tidak dapat diatasi sendiri, proyek itu langsung dibawa ke bengkel besar. “Pada saat saya memilah-milah semua yang perlu dilakukan, musim ice riding hampir berakhir,” kata Tony. “Jadi saya beralih ke mini enduro build.”

Untuk suspensi, Tony membuat beberapa ekstensi leher untuk memperbaiki satu set garpu Yamaha SR500, kemudian menggunakan pegas Race Tech dan emulator Gold Valve. Shock belakang adalah sisa unit Royal Enfield dari build lain.

Pada bagian roda, terdapat campuran dari motor trail Kawasaki lama yang disupport oleh PJ Grakauskas di Chi-Jers Vintage Bike Works.

Tony menggunakan stok roda belakang Hodaka dan dia mengatakan bahwa suku cadang secara mengejutkan masih mudah didapat. Kedua lingkaran itu dilapisi kembali dengan jari-jari baja tahan karat yang dipoles dari Buchanan. Tapi pertama-tama, Tony membuat bubuknya dilapisi dengan warna biru dengan satu set pegangan Oury.

Motor dua tak 123 cc itu kemudian dibawa ke Ryan Hunt untuk dilanjutkan modifikasinya. Motor itu kemudian memiliki lapisan baru hitam, karbo yang dibangun ulang, dan filter K&N. Selanjutnya, Tony menangani tugas berat dalam hal kelistrikan. Pengaturannya melibatkan menjalankan regulator 12V dari koil pencahayaan, yang digunakan untuk bekerja dengan pencahayaan 6V.

“Kami mengisolasi arde dan memasang dioda yang cukup besar untuk memblokir arus pada salah satu siklus daya,” jelasnya. ”Sehingga terdapat LED positif dan negatif seperti sinyal DC tetapi dalam bentuk setengah gelombang. Ini menyebabkan efek on / off, tetapi siklusnya sangat cepat sehingga Anda hampir tidak menyadarinya.”

Untuk bodywork, Tony membuat hal-hal sederhana. Tangki bahan bakar adalah item re-pop dari EBay, dan penahan belakang adalah bagian OEM, bobbed dan dikrom ulang. Tony membuat spatbor, bersama dengan plat nomor untuk bagian depan.

Dane Utech di Plz.be.seated menangani pelapis jok. Tony  kemudian meminta Brando untuk menambahkan logo Hodaka ke kursi dan bantalan bar, dan menghiasi pembersih udara dengan logo 'Blue Wombat’.

Lampu depannya adalah proyektor LED Denali D4, dan lampu belakangnya adalah unit LED dari katalog ‘Motor Goods’ Analog. Bit lain termasuk setang Fly Racing, kontrol klasik Magura, grip Oury, dan speedo aftermarket.

Sentuhan terakhir motor ini datang dari Kevin (CNC). Dia memasang dua lencana tangki aluminium Hodaka. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
blue wombat,
#
analog motorcyles,
#
tony prust,
#
modifikasi motor,
#
motor custom