MENU
icon label
image label
blacklogo

Bizzarrini 5300 GT, Mobil sport Italia tahun 1960-an Akan di Produksi Kembali

JAN 28, 2021@18:00 WIB | 306 Views

Untuk kesekian kalinya, mobil sport dari tahun 1960-an akan dihidupkan kembali, kali ini oleh perusahaan yang dibentuk oleh mantan eksekutif Aston Martin, termasuk CEO lama Dr Ulrich Bez sendiri. Mobil itu adalah Bizzarrini 5300 GT, dan hanya 24 contoh rakitan tangan yang akan dibuat, berkat dukungan dari grup dealer Pegasus Brands yang berbasis di London.

5300 GT yang juga dikenal sebagai Strada adalah model Bizzarrini yang paling sukses, meskipun mereknya sendiri relatif kurang dikenal. Saat itu, mobil sport dua pintu itu ditenagai oleh Chevrolet block V8 kecil 5,4 liter. Mesinnya dipasang di depan, dengan penggerak dikirim ke roda belakang melalui gearbox manual empat kecepatan. Dengan 365 hp dan 385 Nm dan berat di bawah 1.200 kg, itu akan memecahkan sprint abad waktu itu dalam waktu kurang dari tujuh detik.

Menurut laporan Autocar, desain model yang dihidupkan kembali akan tetap sesuai dengan bentuk aslinya, tetapi perusahaan mengatakan itu akan menjadi "mobil sport berperforma tinggi superlatif" dengan fokus pada tradisi. Modifikasi akan mencakup roll bar spesifikasi balap dan safety fuel cell, tetapi bobot akan dipangkas menjadi hanya 975 kg.

Hal ini akan menghasilkan "excellent power-to-weight" klaim perusahaan, dan sebagian besar penghematan berat berasal dari penggunaan panel bodi komposit yang membungkus rangka baja tubular yang dipesan lebih dahulu. Fitur lainnya termasuk rem cakram yang dipasang di keempat sudut. Bizzarrini akan mendesain mobil individu dengan spesifikasi FIA sesuai dengan kebutuhan pemiliknya. Dalam hal powertrain, pilihan saat ini adalah development mesin V8 5,3 liter yang berkembang antara 400 hp hingga 480 hp. Ya, ini tidak akan kembali sebagai EV. Mesin akan tetap dipasang di depan, tetapi detail teknis lainnya tetap dirahasiakan. Lantas, bagaimana menurut Blackpals sendiri tentang mobil ini? [ibd/timBX]

Tags :

#
bizzarrini 5300 gt,
#
mobil sport,
#
aston martin