MENU
icon label
image label
blacklogo

Bentuk Baru Dengan Jiwa Lama, Begini Tampilan Norton Dari Afrika Selatan

FEB 18, 2021@12:00 WIB | 318 Views

Di era yang tersaturasi secara digital, komunikasi berjalan mulus tanpa henti dan luar biasa. Namun Vic Matthews adalah bagian dari generasi yang tidak tumbuh bersama internet, karena jejak digitalnya tidak lebih dari profil Facebook yang jarang diperbarui.

Jurnalis Bikeexif menceritakan bagaimana mengetahui Norton 16H yang susah payah untuk dipulihkan melalui pesan teks singkat dari ayahnya. Ia mengatur waktu untuk bertemu Vic di Gordon's Bay, sebuah kota pelabuhan sekitar 35 mil dari Cape Town, di mana dia dan istrinya, Kathy, telah tinggal selama enam tahun terakhir. Vic, yang sekarang sudah pensiun, dianggap sebagai pria paling sederhana. Dia mengendarai Norton ke tempat parkir tepi pantai dengan mengenakan celana olahraga, sepatu lari, dan kaus kaki hijau cerah, kemudian mengenakan sarung tangan wol buatan Kathy untuk menjaga tangannya tetap hangat.

Saat sang jurnalismemarkirkan motor ke tempatnya, dia bersikap rendah hati tentang pekerjaannya sendiri seperti juga dia kritis, meminta maaf atas kurangnya pinstrip ganda yang tepat pada motornya. “Ini belum selesai,” katan Vic.

Sang jurnalis membalas, "Tidak ada yang akan memperhatikan."

Vic menanggapinya, “Mereka akan tahu.” Vic mungkin tidak memiliki reputasi di dunia online, tapi mereka yang mengenalnya pasti tahu kualitas karyanya.

Norton 16H adalah single 490 cc yang diproduksi dari tahun 1911 hingga 1954, digunakan oleh militer dan juga dijual kepada masyarakat umum. Vic benar-benar harus menghidupkan kembali model 1933 ini. “Saya membeli motor ini di Pretoria pada November 1996,” katanya. Iitu di sebidang tanah yang berdiri di tempat terbuka, dan berkarat parah dan dalam kondisi yang sangat buruk.”

Vic menanggalkan motor, mengecat ulang bagian-bagiannya, dan mengirim tangki oli dan bensin untuk dilapisi ulang karena semua karat. Dia mengganti lengan silindernya, dan mendapatkan piston baru dari Australia. Tapi kemudian dia membangun dan mulai memulihkan sebuah Porsche 911 tahun 1972,  jadi Norton itu disingkirkan sementara.

Ketertarikan Vic pada 16H muncul kembali awal tahun lalu, ketika pandemi memaksa Afrika Selatan melakukan lockdown, membuatnya terjebak di rumah tanpa melakukan apa pun. Tetapi dia memiliki ide saat melihat motor yang lama ditinggalkannya.

Motor tersebut kehilangan sejumlah bagian, tapi untungnya Vic mengumpulkan banyak alat dan mesin selama bertahun-tahun, dan dapat menyelesaikan sebagian besar tugas sendiri. Bagian seperti rem kaki, tuas rem tangan, tensioner depan, tutup oli, dudukan spatbor, dan sekumpulan mur dan baut khusus harus diganti. “Untungnya saya memiliki mesin bubut, itu sangat membantu,” katanya.

Bagian-bagian yang dapat disimpan dibersihkan, disegarkan atau dipulihkan. Vic harus membangun kembali bagian depan gelagar 16H dari bawah ke atas, dan dia mengerjakan baut spindel baru untuk itu, karena aslinya tidak dapat diperbaiki. Joknya dirawat dengan pegas baru dan penutup baru, dan satu set lengkap mesin, roda, dan bantalan kepala kemudi bersumber dari pemasok lokal.

Vic juga mengerjakan crank pin besar dan memasang rol baru. “Saya merakit dan menyusun sendiri crank lobes,” kata Vic. “Itu adalah pekerjaan yang sulit. Menariknya, tidak ada torsi yang diberikan dalam manual bengkel untuk mengencangkan mur crank pin, mereka hanya menyarankan Anda menggunakan kunci pas dengan pipa sepanjang tiga kaki untuk mengencangkannya.”

Vic mengatakan bahwa tantangan terbesar adalah menentukan timing katup. “Pada semua mesin sebelumnya yang pernah saya kerjakan, pengaturan waktu katup sangat sederhana, karena roda gigi diberi tanda pop dan yang perlu Anda lakukan hanyalah menyejajarkan tanda semburan untuk mencapai waktu katup yang benar. Dengan mesin ini, persneling tidak diberi tanda, dan saya juga tidak dapat menemukan manual bengkel untuk menunjukkan cara melakukannya.

“Akhirnya seorang pria di Facebook dari Inggris mengirimi saya email manual lokakarya. Waktu disetel menggunakan roda derajat, dengan kata lain, berapa derajat sebelum dan sesudah pusat mati atas katup harus membuka atau menutup.”

Vic memasang kembali motornya, tetapi membutuhkan bantuan untuk merombak magneto. Jadi dia mengirimkan motor itu ke seorang pria berusia 81 tahun di pantai Timur Afrika Selatan.

“Ini adalah pekerjaan yang sangat khusus,” dia menjelaskan. “Karena armatur membutuhkan 1,6 km kawat di atasnya, dan magnet di dalamnya perlu dimagnetisasi ulang. Dia melakukan pekerjaan yang brilian. Jika dia tidak ada, saya harus mengirimkannya ke Inggris.” [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
norton,
#
motor custom,
#
norton 16h