MENU
icon label
image label
blacklogo

Benarkah Honda Punya Masalah Serius dengan Motor MotoGP 2022?

APR 27, 2022@10:00 WIB | 362 Views

Pol Espargaro mengatakan Honda punya ‘masalah serius’ dengan cengkeraman belakang pada motor MotoGP 2022 jika melihat hasil buruk di GP Portugal.

Honda merombak RC213V-nya untuk musim 2022 setelah beberapa musim paceklik yang diperparah dengan cedera lengan serius Marc Marquez pada 2020 dan kurangnya hasil positif dari rider lain dalam tim. Motor baru itu disambut dengan pujian oleh sebagian besar rider Honda di pra-musim, karena motor yang lebih condong ke belakang memberikan cengkeraman belakang yang telah hilang dalam beberapa waktu terakhir.

Sementara perasaan di bagian depan berbeda - yang menjadi masalah utama dalam pemahaman Marc Marquez tentang motor saat ini - Honda mengawali musim dengan baik di Qatar, saat Pol Espargaro finish ketiga. Tapi selain Marc Marquez yang naik ke posisi enam di Austin, Honda seperti kesulitan untuk mendapatkan finish terbaik sampai saat ini.

Di Portugal, semua rider Honda berjuang untuk kecepatan maksimum, dengan Marc Marquez menyalip Alex Marquez untuk ke posisi enam, sementara Pol Espargaro berada di posisi sembilan. Menyebut putaran terakhir sebagai balapan ‘berat, sulit, dan sangat buruk’, Pol Espargaro mengatakan masalah utama di Portimao adalah kurangnya cengkeraman belakang dan belum diketahui penyebabnya.

“Kami kehilangan apa yang dimiliki saat pra-musim, sulit untuk dipahami karena kami tidak menghentikan motor di tempat yang benar dengan rem belakang,” ungkap Pol Espargaro.

“Dan kemudian kami terlalu condong, membuka throttle dan berputar di tepi. Tidak masuk akal juga kami memilih ban belakang hard dan rider lain memilih ban medium. Kami memilih yang hard karena terasa lebih baik untuk akselerasi, traksi, tetapi kami melihat Marc menggunakan medium dan itu sama,” imbuhnya.

"Kami selalu memilih antara apa yang ingin kami dapatkan: cengkeraman samping atau cengkeraman berkendara. Rider lain memiliki keduanya, jadi mengapa kami harus memilih? Yang jelas motornya menjadi sulit dipahami,” paparnya kemudian. “Semua rider Honda sepakat dengan hal ini, yang menjadi masalah serius dan kami tidak tahu bagaimana menyelesaikannya,” pungkas rider asal Spanyol itu. [dhe/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
honda,
#
pol espargaro,
#
motogp