MENU
icon label
image label
blacklogo

Begini Kontruksi Mobil Berefisiensi Tinggi dan Mesin Rendah Emisi

FEB 19, 2021@20:00 WIB | 315 Views

Berbagai inovasi oleh manufaktur mobil sedang berlomba-lomba untuk menciptakan efisiensi tanpa elektrifikasi. Salah satunya dengan mengejar standar kualitas global, easy maintenance, affordable price, dan memberikan inovasi baru dengan emisi lebih rendah untuk program langit biru di Ibu Kota.

Salah satunya diadaptasi oleh Astra Daihatsu Motor, dengan mengembangkan kendaraan ramah lingkungan diimplementasikan melalui dua mekanisme. Pertama, Astra Daihatsu Motor memiliki alat uji emisi yang telah bersertifikasi internasional, terlengkap dan pertama di Indonesia sampai dengan EURO 6.

Astra Daihatsu Motor (ADM) mengklaim menjamin semua varian model telah lulus tes uji emisi dan ramah lingkungan. Produk ADM telah diekspor sampai ke 75 negara di dunia mulai dari Asia, Timur Tengah, Afrika, hingga Amerika Latin dimana tiap negara memiliki regulasi standar emisi yang berbeda.

Kedua, membangun inovasi Green Technology yang diterapkan secara global pada produk Daihatsu. Membangun self regeneration, berbasis Super Intelligent Catalyst, sehingga bebas perawatan. Sementara teknologi catalyst dari brand lain hanya bertahan hingga pemakaian 100 ribu km saja. 

Titik green technology selanjutnya adalah platform baru berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architechture). Menerapkan konsep 1 1 1 1 yang ringan, tangguh dan hemat bahan bakar. Berbasis komponen resin, menghasilkan part dengan durabilitas tinggi serta lebih ramah lingkungan. 

Sementara body mobil berbahan plat ultra high tensile steel pada pilar A sehingga memberikan ketangguhan. Disamping itu bahan high tensile steel 440 MPa, 390 MPa an 590 MPa pada body yang lain. Implikasi dari platform DNGA, memerikan Daihatsu memiliki bobot yang lebih ringan, tangguh, dan hemat bahan bakar. 

Selain fasilitas dan teknologi terkini yang dimiliki, Daihatsu juga berikan beberapa tips untuk mengajak pelanggan turut aktif berkendara yang ramah lingkungan ala Daihatsu dengan cara:
1.    Perawatan berkala tepat waktu, seperti mengganti oli tepat waktu, penggantian filter udara tepat waktu, membersihkan kerak ruang bakar, selalu perika tekanan ban
2.    Menggunakan bahan bakar berkualitas, yaitu bahan bakar tanpa timbal, dan memilih RON bahan bakar sesuai rekomendasi
3.    Menerapkan teknik mengemudi Eco-driving, seperti menggunakan fitur Eco-driving, mengoptimalkan penggunaan AC, menghindari akselerasi mendadak, mengurangi kondisi idle
4.    Memilih rute jalan yang efisien, memiliki alternatif rute jalan lain, dan tercepat, serta menghindari kemacetan

Komitmen Daihatsu ini sejalan dengan Peraturan Gubernur Nomor 66 Tahun 2020, Pemerintah DKI Jakarta yang mewajibkan kendaraan bermotor yang beroperasi di DKI Jakarta, lulus uji emisi Gas Buang kendaraan, dan mulai berlaku pada 24 Januari 2021 lalu. 

“Daihatsu berkomitmen untuk memberikan produk dengan standar kualitas global yang terbaik untuk pelanggan, dan lingkungan. Kami berharap, melalui sharing informasi ini, pelanggan juga dapat menerapkan tips berkendala yang ramah lingkungan ala Daihatsu agar pelanggan dapat berkendara secara aman, nyaman, dan juga membawa dampak positif untuk lingkungan kita agar lebih sehat,” ujar Soni Satriya, Executive Coordinator Engineering Division R&D (Research & Development) PT Astra Daihatsu Motor (ADM).[Ahs/timBX]

Tags :

#
astra daihatsu motor,
#
platform daihatsu new global architechture,
#
super intelligent catalyst,
#
langit biru jakarta