MENU
icon label
image label
blacklogo

Begini Cara Kerja Teknologi e-HEV pada Accord dan CRV, Catatan Konsumsinya Cukup Baik

AUG 17, 2022@18:50 WIB | 713 Views

Visi dari Honda terhadap elektrifikasi mulai terungkap. Tidak serta merta memperkenakan mobil dengan fully electrification, akan tetapi melalui jembatan hybrid. Menyematkan teknologi e-HEV, dimana huruf e, melambangkan energy yang berbasis elektrifikasi. Honda Prospect Motor mengawali electrifikasi dengan memperkenalkan sistem hybrid pada dua unitnya, Honda Accord e-HEV dan Honda CRV e-HEV. Menyusul tahun depan model-model lain yang untuk model hybrid. 

"Mengapa kami memperkenalkan teknologi hybrid, tidak lain ini sebuah bridging menuju teknologi penuh. Teknologi kalau tidak membuat orang bahagia, itu belum sebuah teknologi. Honda memperkenal teknologi hybrid yang benar-benar efisiensi maksimum," buka Yusak Billy Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor di booth Honda Area I Ice BSD dalam gelaran GIIAS 2022.  


Kerja berbasis electrifikasi dimulai dari kecepatan rendah, menengah hingga ke kecepatan tinggi. Mode-mode selalu bergantian, saat putaran rendah dia sudah bekerja secara elektrifikasi. Namun saat kecepatan tinggi tetap menggabungkan sisi elektrifikasi dengan mesin ICE. Saat mencapai kecepatan tinggi (top cruising) baru secara total menggunakan mesin ICE. 

Teknologi secara global  mencakup tiga, Automobil, motorcycle dan electrification. Teknologi Automobil  elektrifikasi milik Honda e:HEV engine sebagai support, sementara elektrifikasi sebagai penggerak utama saat mesin beraksleserasi.

Atkinson Cycle Engine mesin 4 silinder DOHC I_VTEC, pertama bertugas  memutar motor generator sehingga menghasilkan daya listrik untuk menggerakkan Motor Drive. Fungsi selainjutnya memberikan tenaga langsung ke roda saat berkendara di kecepatan tinggi kemudian mengisi daya baterai. Ketiga mengisi baterai saat diperlukan.Siklus Atkinson bekerja mengurangi kompresi, yang di kompresi hanya bbm yang masuk. 

Electronic CVT (E-CVT) terdapat pertama Motor Generator bertugas mengisi daya baterai, Kedua memberikan daya listrik ke motor motordrive pada saat mode Hybrid bekerja.  

Baca : Usung Tema Reignite Passion dan Energy, Honda Prospect Motor (HPM) Rilis 2 Model Hybrid

Kedua pada E-CVT juga terdapat Motor Drive, berfungsi menggerakkan roda dengan suplai daya dari baterai dan Motor Generator. Kedua motor drive berfungsi menghasilkan listrik saat deselerasi untuk pengisian daya ke baterai.

Bagian ketiga dari sistem e:HEV adalah intelligent Power Unit, unit baterai yang terbuat dari material lithium ion untuk menggerakkan motor drive dan menyimpan daya hingga 300volt.

Bagian terakhir, Power Control Unit (PCU) yang bekerja mengatur mode pengemudian berdasarkan kondisi berkendara, dan mengontrol kebutuhan listrik untuk baterai dan motor.

"Dari keempat bagian tersebut, ada tiga mode yang bekerja saat mobil hybrid Honda bekerja. Pertama EV Drive Mode, kedua Hybrid Drive Mode dan Ketiga Engine Drive Mode. Ketiga bagian tersebut membuktikan pola konsumsi bahan bakar semakin sedikit, jika dibandingkan dengan non hybrid," jelas Muhammad Zuhdi Service Technical dan Waranty Senior Manager Honda. 

 

Terkait kinerja EV Drive mode, biasanya  bekerja dari putaran 1500 rpm hingga 2000 rpm atau dari kecepatan dari 30-50 kpj sesuai dengan kondisi jalan. Saat akselerasi bekerja diatas 80 kpj, sistem yang bekerja dengan mode Hybrid Drive Mode.   Pada tinggi 120 up maka yang bekerja adalah mesin murni (engine drive mode). 

Saat melewati rute kota, otomatis mode yang bekerja adalah EV Drive Mode. Engine (ICE) saat itu tetap hidup tapi bekerja penuh untuk mengisi baterai, sesuai dengan perintah ECU.

"Dengan kehadiran teknologi e-HEV ini kami ingin memperkenalkan elektrifikasi. Sistem e-HEV bekerja secara EV, dan mesin ICE bekerja memompa daya ke baterai.  Jadi tidak ada kekhawatiran baterai kosong saat diperlukan di rute mobilisasi kota," tambah  Zuhdi.

Sementara belum ada jarak pengetesan yang resmi. "Metode pengetesan secara global belum kita ketahui, namun catatan yang kami dapat jarak tempuh 28 km/l untuk CRV. Sementara  hasil lebih turun dengan perbandingan range 24 km/l Accord berdasarkan hasil pengetesan internal  Honda," tutup Yusak Billy sebagai Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor. [Ahs/timBX]

Tags :

#
honda prospect motor,
#
teknologi hybrid honda,
#
teknologi e-hev,
#
honda accord e-hev,
#
honda crv e-hev,
#
giias 2022