MENU
icon label
image label
blacklogo

Autonomous, Konsep Kedua ‘Mobility for All’ dari Toyota

JUN 26, 2020@16:00 WIB | 209 Views

Autonomous vehicle atau kendaraan otonom merupakan fondasi dari konsep Mobility for All. Pertama terkait keselamatan berkendara. Tidak hanya untuk meminimalisir korban, kendaraan otonom juga mencegah terjadinya kecelakaan sejak dini. Kedua, dengan adanya teknologi serba otomatis, mengurangi peran pengemudi, terutama lanjut usia dalam mengambil keputusan krusial di jalan. Terakhir adalah menciptakan masyarakat dimana setiap individu dapat bergerak bebas, aman dan nyaman.

(Toyota TRI-P4)

Toyota membangun unit usaha Toyota Research Institute-Advanced Development (TRI-AD) guna mengembangkan mobil otonom dan telah melahirkan mobil swakemudi berkode TRI-P4 yang menggunakan basis sedan Lexus LS500h. TRI-P4 telah mencapai level 4 dari 5 kendaraan otonom dan menjadi mobil riset kendaraan otonom paling canggih yang dikembangkan oleh Toyota.

Toyota Research Institute (TRI) telah mengembangkan RADICAL, singkatan dari Robust Autonomous Driving Incorporating Cameras and Learning, yang merupakan sebuah software untuk mengendalikan kendaraan swakemudi. Sistem ini berhasil menciptakan kemajuan dramatis dalam mengolah presepsi yang akurat bermodalkan advanced machine learning sehingga dapat mengenali objek, mengklasifikasikan segmen jalan, dan memprediksi perilaku dinamis penguna jalan.

Salah satu kebutuhan utama mobil swakemudi adalah peta definisi tinggi yang akurat dan detail. Arsitektur RADICAL sudah tidak memerlukan peta sehingga memungkinkan sistem untuk bekerja di area yang tidak dipetakan dan digunakan di lebih banyak lokasi di seluruh dunia. Bersamaan dengan pendekatan ini, TRI juga telah mengembangkan Simultaneous Localization and Mapping (SLAM), framework untuk pemetaan dinamis dan lokasi presisi.

TRI bersiap meluncurkan kendaraan siap produksi di bawah konsep Mobility Teammate. Sistem ini akan menyajikan level baru dari kecerdasan buatan dengan tingkat persepsi tinggi sehingga mampu memahami lalu lintas jalan dengan memproses data sensor secara real time melalui 360-degree multi-modal sensor configuration mutakhir. Jika sukses, mobil otonom Toyota akan beroperasi sendiri tanpa campur tangan manusia.[prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
autonews,
#
toyota motor corporation,
#
autonomous,
#
otonom,
#
mobility for all