MENU
icon label
image label
blacklogo

Atlis XT Truk Elektrik Double Cabin Pukul Mundur Domisinasi Ford dan GM

JAN 09, 2019@10:00 WIB | 2,181 Views

Sebuah startup mobil listrik menantang dominasi mobil pickup Detroit 3, dengan menawarkan truk pickup double kabin dan desainyang benar-benar baru. Atlis XT sebuah truk pickup yang sepenuhnya elektrik diklaim mampu berjalan hingga 804 km. Ini sebuah prestasi yang cukup membanggakan bagi pendatang baru Atlis.

Atlis Motor Vehicles, sebelumnya hanya memperkenalkan pickup elektriknya sebagai teaser dan sebuah selimut masih menutupinya. Namun, kali ini Atlis XT sebagai sebuah truk pickup listrik diekspos dan ditawarkan dengan harga mulai $ 45.000 atau sekitar Rp636 jutaan.

Secara historis, Atlis berdiri pada 2016 oleh Mesa, Arizona. oleh Mark Hanchett seorang insinyur dan penghobi truk. Ia bekerja membangun sebuah gagasan menyelidiki dan mengubah pickup dieselnya sendiri menjadi EV. Tujuan Hanchett mengembangkan truk pickup ukuran penuh listrik  tentu ingin mengejar spesifikasi dan kemampuan yang sama bahkan lebih baik dari truk yang ada di pasaran saat ini.

Atlis XT dibangun dengan spesifikasi yang cukup superior, dilengkapi dengan towing capacity, fifth wheel dan kapasitas towing gooseneck, payload capacity, enam penumpang, kemampuan untuk menukar tempat tidur dengan badan layanan, dan klaim jangkauan 804 km.

Bila claim ini tercapai secara uji, tentu lebih dari apa yang direncanakan oleh Rivian untuk R1T-nya. R1T lebih dekat ukurannya dengan truk ukuran sedang. Atlis XT terlihat berukuran antara Ford F-150 dengan light duty tugas dan F-250 weight duty. Coba perhatikan pada velg roda 8-lug, yang menunjukkan kapasitasnya sebagai penantang baru.

Atlis XT dikembangkan dengan platform modular gaya skateboard untuk XT. Platform tersebut menggabungkan independent traction motor di setiap hub roda dan bergantung kecepatan tunggal direct drive transmissions. Dengan ground clearance 12 inci, 4 wheel drive,, system suspensinya mengacu pada dynamic damping depan dan belakang, serta opsi menggunakan pengerak roda belakang dan konfigurasi tandem axle.

Kelebihan lainya, berada pada suspensi belakang yang independen. Suspensi off-road dengan ground clearance 15 inci akan tersedia. Atlis mampu membawa muatan 2,2 ton atau menyeret beban hingga 15,8 ton.

Akselerasinya jika XT dalam keadaaan kosong mampu berlari hingga 60 mph dalam 5,0 detik. Kecepatan tertinggi akan dibatasi hingga 120 mph. Catatan kecil, sayangnya Atlis belum mengumumkan berapa daya powertrain yang dihasilkan dan basic mesin apa yang digunakan XT. Selain itu ukuran baterai juga belum diketahui dengan klaim kisaran pilihan 300, 400 dan 500 mil.

Untuk menyongsong market baru, Atlis berencana untuk mengikuti strategi Tesla dalam mengembangkan jaringan pengisian kecepatan tinggi sendiri. Perusahaan menjanjikan waktu pengisian paling cepat 15 menit meskipun pengguna harus membayar charge listriknya. Atlis akan menawarkan rencana berlangganan, yang dengan harga awal $ 700 per bulan tidak hanya akan membuat Anda mendapatkan truk, tetapi juga perawatan, asuransi, dan pengisian gratis. Perusahaan juga mengatakan truk itu akan dibangun di Amerika Serikat dan dijual di setiap negara.[Ahs/timBX]

Tags :

#
pickup elektrik,
#
double cabin,
#
atlis xt,
#
atlis motor vehicles