MENU
icon label
image label
blacklogo

Alpine A290 Akan Diungkap di Ajang 24 Hours of Le Mans 2024

APR 03, 2024@11:30 WIB | 99 Views

Alpine A290 baru akan melakukan debut dunianya pada 13 Juni 2024, dan tempat peluncuran hot hatch serba listrik ini tidak lain adalah 24 Hours of Le Mans – balapan ketahanan legendaris yang akan diikuti Alpine tahun ini.

A290 adalah mobil yang memiliki keterikatan dengan Renault 5 E-Tech yang baru saja diluncurkan karena menggunakan platform AmpR Small yang sama.

Walaupun sama tapi pengembangannya dilakukan terpisah sehingga bisa memberikan cita rasa yang berbeda. Beberapa ubahan pada A290 antara lain ada pada bagian suspensi depan yang unik, tenaga lebih besar, dan rem berbeda sehingga feel berkendaranya lebih sporty.

Gambar terbaru dari Alpine juga mengungkap lebih banyak lagi desain eksterior mobil yang siap produksi. Apa yang terlihat jelas pada mobil uji Alpine A290 ini adalah bahwa ia akan mempertahankan cangkang bodi yang sama dengan Renault 5.

Lampu depannya secara umum sama dengan Renault, meskipun penyangga lampu kabut dengan lambang 'X' diambil dari konsep A290_ß Alpine. Ada juga saluran masuk udara samping yang lebih besar dan agresif di bemper depan dan desain roda yang rumit mengingatkan kita pada mobil konsep.

Di sekitar bagian belakang terdapat spoiler atap dan meskipun kami tidak dapat melihat lampu belakang karena terhalang salju. Bagian depan menerima bumper yang direvisi dan di bagian belakang terdapat diffuser yang lebih besar. Alpine sebelumnya mengatakan bahwa bodywork konsep ini hampir memasuki tahap produksi, sehingga pastinya akan menonjol di sektor hot hatch listrik.

Alpine juga telah memberikan gambaran sekilas tentang interiornya. Di dalam, terdapat roda kemudi eksklusif dengan bagian bawah datar dengan kenop biru untuk kecepatan pengisian ulang baterai, tombol 'OV' merah (untuk Overtake) yang akan menambah tenaga dalam waktu singkat dan pemilih mode berkendara.

Seperti R5, A290 akan menggunakan motor listrik tunggal untuk menggerakkan roda depannya, namun akan memanfaatkan teknologi vektor torsi dan juga harus memiliki lintasan yang sedikit lebih lebar untuk stabilitas menikung yang lebih baik. 

Spesifikasi teknis lebih lanjut belum diumumkan tetapi A290 akan mendapatkan baterai 52kWh yang sama dengan yang ditawarkan pada Renault 5. Namun, jarak tempuh kemungkinan besar akan berkurang dari jarak maksimum mobil tersebut yaitu 248 mil berkat fokus Alpine pada performa berkendara.

Mengingat Renault 5 diperkirakan akan dijual dengan harga sekitar £30,000 (600 jutaan) di Inggris, Alpine yang lebih sporty akan melampaui harga tersebut, mungkin mendekati £40,000 (800 jutaan) ketika diluncurkan akhir tahun ini. [wic/timBX].

Tags :

#
alpine a290,
#
alpine,
#
hot hatch alpine,
#
a290