MENU
icon label
image label
blacklogo

Alex Rins Buktikan Rebut Kembali Podium Silverstone untuk Tim Suzuki

AUG 30, 2021@15:25 WIB | 243 Views

Sirkuit Silverstone pada hari Minggu (29/08) lalu digunakan untuk penyelenggaraan balap Grand Prix Inggris. Dengan kondisi cuaca dan hasil balapan yang tidak dapat diprediksi, balapan MotoGP yang disaksikan 67.000 penonton berjalan menegangkan sepanjang 20 putaran.

Joan Mir dan Alex Rins dengan cepat menempati posisi ketujuh dan kedelapan pada lap kedua. Duo Tim Suzuki Ecstar tersebut tampak bersemangat melakukan gebrakan di tahap awal. Dengan beberapa pembalap yang ada di antara mereka dan posisi teratas, tidak mudah bagi keduanya untuk mendapatkan posisi lebih baik. Misi untuk menutup kompetitor di depan mereka pun berakhir dengan kedua pebalap GSX-RR lolos di Lap 6. Rins kemudian melakukan pergerakan cepat ke rekan setimnya, dan pasangan itu membuat pertukaran posisi di Tikungan 7. Pada Lap 8 Rins sudah berhasil naik ke deretan ketiga. 
 
Sementara itu, bagi Mir ini adalah pertama kalinya pebalap Mallorcan tersebut membalap di Silverstone dengan motor MotoGP dan dia memegang posisi kelima yang solid untuk beberapa lap awal. Tetapi menjelang akhir balapan dia mulai kehilangan posisi, sehingga hanya bisa menyelesaikan balapan di tempat kesembilan.

Setelah menempati posisi kedua di Lap 12, Rins mampu mempertahankan posisi tersebut meskipun ada tekanan dari Aleix Espargaro selama lap terakhir. Ia berkendara dengan baik di sirkuit yang sangat dia sukai, sehingga Ia mampu meraih podium pertamanya musim ini. 

Mir memegang posisi kedua di klasemen kejuaraan, sementara Rins naik ke urutan ke-11. Alex Rins kembali membuktikan dirinya kompetitif di semester kedua MotoGP 2021. Penampilannya yang konsisten, tidak terlalu agresif akhirnya berbuah podium. 

“Saya sangat, sangat, sangat senang karena kami telah melakukan banyak upaya dan pekerjaan untuk kembali ke podium. Itu tidak mudah, karena bahkan ketika saya memiliki kecepatan, saya mengalami crash dan masalah. Saya menargetkan finis 5 besar hari ini, tetapi pada akhirnya saya merasa sangat baik dan nyaman dengan GSX-RR sehingga saya bisa maju. Saya cepat tetapi tanpa mengambil risiko atau harus melakukan gerakan agresif. Senang rasanya bisa kembali ke podium dan merayakannya dengan semua tim saya.”

Sementara kebutuhan point besar untuk menempel raihan angka Quartararo di klasemen, rupanya mulai terdelusi. Gap 70 point antara Mir dan Quartararo sudah cukup sulit dikejar. Meski sisa balapan cukup banyak di musim 2021 ini. 
“Sejujurnya, perasaan hari ini sangat bagus dan saya bisa membalap dengan baik dan berada di posisi yang saya inginkan. Saya merasa percaya diri dengan motor saya dan saya tahu bahwa saya bisa memiliki kecepatan balapan yang baik. Bahkan jika hasil saya akhir pekan ini tidak terlalu kuat, saya merasa sangat kuat dalam balapan. Tapi kemudian saya mulai kesulitan dengan bagian depan, yang benar-benar tidak terduga, dan saya kehilangan banyak waktu di lap terakhir. Masalah ini dimulai dari lap ke-10, dan sejak itu sedikit perjuangan dan saya kecewa karena saya berharap untuk hasil yang lebih baik, bahkan untuk pertama kalinya saya di sini.”

Sementara Shinichi Sahara - Project Leader and Team Director cukup terkejut dengan masalah Mir.  “Hari ini adalah hari yang campur aduk bagi kami. Kami sangat senang untuk Alex, akhirnya dia mendapat podium dan dia melakukan pekerjaan dengan baik. Ini adalah podium pertamanya tahun ini, jadi ini sangat bagus untuk kita semua. Sangat disayangkan bagi Joan karena dia dalam kondisi yang sangat baik dan dia mempelajari trek dengan baik, tetapi kemudian dia memiliki beberapa masalah. Kita perlu menyelidiki apa yang terjadi karena dia harus mengambil beberapa posisi. Tapi dia masih berada di urutan kedua dalam kejuaraan, yang merupakan hal yang hebat. Kami tahu bahwa kualifikasi adalah masalah terbesar kami saat ini, jadi kami akan terus bekerja dan berjuang.”[Ahs/timBX]

Tags :

#
alex rins,
#
joan mir,
#
tim suzuki ecstar,
#
motogp silverstone 2021