MENU
icon label
image label
blacklogo

Akankah Mitsubishi Eclipse Masuk Pasar Indonesia?

MAY 13, 2018@17:00 WIB | 232 Views

Di Indonesia, pasar SUV berkembang pesat dan banyak manufaktur otomotif berlomba-lomba untuk menyuguhkan SUV besutannya di pasar Tanah Air, demi menggapai ceruk pasar lebih besar lagi. Sebut saja Mitsubishi yang  akhir-akhir ini santer dikabarkan bakal memboyong Mitsubishi Eclipse di sini.

(Ada kemungkinan Mitsubishi boyong Eclipse ke pasar Indonesia)

Jika dinalar, hal tersebut bukanlah tidak mungkin, selain Indonesia masih punya daya tarik pasar, pabrikan asal Negeri Sakura tersebut sudah memamerkannya di Singapure Motor Show tahun lalu.

Ya, Singapura selangkah lebih  cepat dari Indonesia. Lantas, bagaimana tanggapan dari Mitsubishi Indonesia sendiri? Salah satu petingggi perusahaan memberikan komentar singkat. “Eclipse Cross itu salah satu model yang kami pelajari. Dan kami masih  melihat dahulu bagaimana kebutuhan pasar di sini,” jelas Imam Choeru Cahya, Head of Sales & Marketing Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

(Mitsubishi Eclipse menggunakan bahasa desain Dynamic Shield)

Jika benar MMKSI serius membawanya ke Indonesia, maka kemungkinan ajang GIIAS 2018 ini bisa menjadi panggung bagi perusahaan untuk mengenalkannya pada khalayak. Namun jika kita telisik lebih dalam lagi, seperti apakah sosok rival dari Honda CR-V ini? Baik, kita mulai dari jantung mekanisnya.

Ia menggunakan mesin berkode 4B40 berkapasitas 1.5 liter (4 silnder) plus dorongan turbo yang sanggup melontarkan daya sebesar 160 PS. Untuk diketahui, kapasitas mesin dan turbo yang diberikan sama dengan apa yang dimiliki oleh Honda C-RV. Selain mesin, nilai lain yang disuguhkan adalah keamannanya.

(Dashboard Eclipse terlihat lebih premium dari SUV lainnya)

Nah, keamanan tinggi tersebut merupakan poin yang diunggulkan dari Eclipse Cross. Pada model global, Eclipse Cross bahkan mengantongi nilai terbaik untuk keamanan penumpang secara keseluruhan dari penguji keamanan kendaraan Euro NCAP dan Australian NCAP tahun 2017 lalu.

Sementara kalua di  Asia Tenggara, Eclipse Cross juga telah diuji oleh ASEAN NCAP. Hasil pengujian lembaga ini menyebutkan tingkat keamanan Eclispe Cross mencapai rating 98% untuk penumpang dewasa dan 88% untuk rating anak-anak. Dengan kata lain, kendaraan ini adalah salah satu SUV teraman di kelasnya.

Baiklah, yang menjadi pertanyaan pamungkas adalah banderolnya. Jika Honda CR-V sudah dirakit lokal sementara Eclipse masih harus impor, beranikah pabrikan memberikan harga yang kompetitif alias masuk akal? Kita tunggu saja kehadirannya di Indonesia. (alx)

Tags :

#
mitsubishi eclipse,
#
eclipse cross