MENU
icon label
image label
blacklogo

4 Mobil F1 ‘KW Super’ Dengan Performa Layaknya Mobil F1 Sungguhan

JUN 13, 2022@16:00 WIB | 249 Views

Setiap tahun, hanya beberapa puluh orang yang cukup beruntung untuk mengendarai mobil Formula 1 yang sebenarnya, sementara yang lainnya hanya bisa mengendarai mobil F1 di komputer atau konsol video game.

Namun, bagi yang ingin mengendarai mobil F1 sungguhan, ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk bisa mengendarai mobil F1. Jika punya banyak uang, Anda dapat mengikuti program seperti Ferrari Corse Clienti, di mana Anda dapat memacu mobil F1 Ferrari yang sebenarnya. Harganya tidak diketahui, tetapi tidak diragukan lagi program ini memakan biaya yang cukup mahal, 

Untungnya, ada alternatif lain yang mungkin sedikit lebih murah. Beberapa produsen mobil menciptakan mobil street-legal yang memiliki banyak kesamaan dengan mobil F1 sungguhan, tetapi dengan kelengkapan seperti wind shield, lampu depan, dan elemen lain yang ditambahkan untuk menjadikannya street-legal. Oleh karena itu, ini dia 4 mobil F1 "KW Super" dengan performa layaknya mobil F1 sungguhan:

1. BAC Mono

BAC Mono adalah salah satu pilihan paling populer untuk mobil balap road-legal. Briggs Automotive Company (BAC) merilis model Mono pada tahun 2011. BAC Mono hadir dengan mesin Cosworth empat silinder 2,3 liter yang dapat memuntahkan tenaga sebesar 280 hp. Mesin ini dipasang di tengah mobil dan menggerakkan roda belakang melalui gearbox sekuensial enam percepatan dan diferensial slip terbatas. 

Alhasil, mobil F1 "kw" ini mampu berakselerasi dari 0-62 mpj di bawah 3 detik, dan memiliki kecepatan tertinggi 170 mpj. Selain itu, rasio power-to-weight dari BAC Mono juga lebih baik daripada mobil terkencang saat itu, Bugatti Veyron.

Di sektor kaki-kaki, suspensinya juga unik, terdiri dari gaya balap, pengaturan pushrod yang dapat disetel sepenuhnya. Selain itu, Briggs Automotive Company juga mengembangkan ban khusus untuk BAC Mono.

2. Ariel Atom

Dengan delapan generasi yang sudah beredar di pasaran, model Ariel Atom bisa dibilang sebagai mobil jalanan bergaya Formula One yang paling terkenal. Model pertama diluncurkan 22 tahun lalu, menggunakan mesin 1.8 liter Rover K-series naturally aspirated, dapat menghasilkan 190 hp. 

Sejak awal milenium, Ariel Atom melalui Ariel Atom 4 menggunakan mesin Honda Civic Type-R 2.0 dengan output tenaga 320 hp. Dengan bobot bodi yang hanya 400 kg, mesin Civic Type-R ini tampil secara impresif dan menakjubkan. Mesin Honda turbocharged ini membuat Ariel Atom 4 mampu berakselerasi 0-62 mpj dalam waktu sekitar 2,9 detik, yang lebih cepat daripada kebanyakan supercar eksotis yang tersedia di pasaran sekarang.

3. Caparo T1

Di atas kertas, Caparo T1 adalah salah satu bagian paling luar biasa dari teknik otomotif. Dibuat pada tahun 2006 oleh orang-orang di belakang McLaren F1 yang legendaris dengan ide untuk mengungguli mobil tercepat saat itu, Bugatti Veyron, Caparo adalah mobil balap street-legal yang mampu mencapai 62 mpj hanya dalam 2,5 detik. Selain itu, T1 memiliki kecepatan tertinggi 200 mpj dan dan kekuatan menikung yang tidak lebih dari 3G.

Sayangnya, serangkaian kegagalan dan kerusakan pada saat diuji coba menghancurkan kredibilitas mobil, menyebabkan perusahaan tersebut bangkrut pada tahun 2014.

4. KTM X-Bow R

KTM paling dikenal dengan kendaraan off-roadnya, terutama sepeda motor, jadi aneh ketika mereka mengumumkan peluncuran mobil balap street-legal. Namun, KTM X-Bow R benar-benar mobil Formula 1 street-legal. Dilengkapi dengan mesin TFSI 2.0 liter dengan output tenaga 300 hp dan torsi 400 Nm dari Audi, mesin ini sanggup membawa X-Bow R berakselerasi 0-62 mpj dalam 3,9 detik.

KTM X-Bow R sendiri sering digunakan untuk balapan pada ajang ROC (Race of Champions) karena merupakan salah satu mobil dengan handling terbaik di saat ini. Dengan berat kurang dari satu ton dan memiliki bentuk yang aerodinamis, X-Bow R bisa mengalahkan sebagian besar supercar di lintasan. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
formula one,
#
f1,
#
ariel atom,
#
bac mono,
#
ktm x-bow r,
#
caparo t1