MENU
icon label
image label
blacklogo

4 Generasi BMW X5 “The Boss” Pilihan Para Eksekutif

APR 29, 2020@18:45 WIB | 179 Views

BMW X5 menempati tempat spesial bagi mayoritas bimmer. Mengapa tidak? Karena X5 adalah salah satu varian BMW yang memiliki riwayat generasi yang cukup panjang sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999. Sesuai dengan taglinenya yakni ‘The Boss’ BMW X5 ditujukan bagi kaum mapan yang menginginkan kenyamanan sekaligus performa maksimal mobil sport pada sebuah kendaraan sport berdimensi besar.

BMW X5 pertama kali diperkenalkan dengan mengusung tema Sport Active Vehicle (SAV) sekaligus mobil BMW pertama yang menggunakan tradisi baru kendaraan sport berarsitektur unibody frame.  Berbeda dengan SUV, SAV memiliki konsep yang lebih soft terhadap keadaan kota. Biasanya SUV lebih merujuk pada kendaraan tangguh off-road, SAV memiliki ketangguhan off-road namun memiliki rancangan yang nyaman digunakan di keadaan kota besar dan nyaman dikendarai oleh kelompok eksekutif maupun pebisnis.

Pada generasi pertamanya, BMW berkode E53 memiliki dua pilihan jenis mesin yakni berbahan bakar bensin dan diesel 6 silinder segaris dengan rentang tenaga 184 HP dan yang tertinggi yakni 340 HP. Pada tahun 2003, BMW memberikan sentuhan facelift pada sektor headlamp, grille yang lebih besar serta pengembangan mesin yang meningkat menjadi 360 HP.

Setelahnya, BMW X5 generasi kedua diperkenalkan pada tahun 2009 dengan memperkenalkan mesin 4.4 litre V8 dan turbochrager di sisi tenaga. Dari bagian interior, BMW X5 diperkenalkan dengan konstruksi body yang mengecil 22 mm dibanding generasi lama. Pada generasi ini, BMW menjadi pioner manufaktur yang menyematkan turbocharger pada sebuah mesin diesel.

Sukses dengan generasi keduanya, BMW kembali memperkenalkan X5 generasi ketiga diperkenalkan pada tahun 2015 dengan nama X5 xDriveD. X5 generasi ketiga ini mengusung mesin diesel berkapasitas 1.995 cc 4-si­linder TwinPower Turbo, yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 218 dk dan torsi sebesar 450 Nm pada putaran mesin 1.500 – 2.500 rpm.

Bertemakan kendaraan diesel ramah lingkungan, efisien dan berperforma tinggi menjadikan mobil ini memiliki raihan konsumsi BBM yang sangat efisien di kelasnya yakni 12.1 km/l., karena X5 xDrive25D dan line-up terbaru dari BMW menyediakan fitur Coasting yang mampu menahan kecepatan dalam waktu yang lebih lama, walaupun pengemudi melepas pedal gas. Sesuai dengan nomenklaturnya Xdrive berarti bahwa mobil ini memiliki 4 penggerak roda aktif yang dipadu oleh sistem elektronik agar kendaraan tidak kehilangan traksi saat bermanuver.

Mobil ini dibekali dengan tiga tipe berkendara yaitu comfort, eco dan sport. Saat menekan tombol comfort, suspensi akan lebih soft dengan maksimum tenaga yang dihasilkan 80 km/jam. Pada generasi ketiga ini, head unit sudah diperbaharui dengan layar 10.2 inch yang memuat sistem entertainment dan informasi mengenai kendaraan. Di sisi desain, mobil ini tampak lebih membulat dan dengan banyak lekukan aerodinamis. Di bagian belakang kendaraan, mobil ini sudah dilengkapi pintu electric dan split gate di mana, pintu akan terbuka menjadi dua bagian. Pencahayaan sudah dilengkapi fitur smart LED yang mampu mengadaptasi posisi berbelok mobil. 

X5 generasi terbaru atau keempat diperkenalkan pada tahun 2017. Generasi terbaru ini dilengkapi fitur yang lebih modern dibanding sebelumnya. Beberapa yang menjadi highlight yakni pada generasi terbaru, BMW sudah menyematkan fitur BMW connect drive yang intuitif. Pengaturan besar kecilnya suara bisa dilakukan dengan fitur sensor gesture. Sensor ini akan membaca gerak tangan tanpa menyentuh layar.

Panel dashboard dibalut oleh aksen kayu fineline oak yang memberikan karakter mewah tersendiri pada kendaran ini. Kemewahannya diimbangi dengan kemampuan safety yang sangat diandalkan. BMW X 5 dilengkapi kamera 360 yang dapat memantau berbagai sisi kendaraan maupun dari sisi atas kendaraan. Di sektor dapur pacu, BMW X 5 generasi terbaru dilengkapi mesin 6 silinder 3.0 liter TwinPower Turbo yang dikombinasikan mesin injeksi langsung (High Precision direct fuel injection) yang selain efisien, juga mampu menyemburkan tenaga yang padu dengan dimensi yang luas. Generasi terbaru X5 dijual dalam dua pilihan non hybrid pug in hybrid. Versi hybrid dilengkapi batrerai yang mampu menghasilkan total output 309 horsepower. 

Di Indonesia, pada April 2019, BMW group memperkenalkan All New BMW X5 hasil rakitan secara lokal di BMW Production Network, Sunter. Pada seri ini, BMW Group Indonesia menghadirkan fitur-fitur baru yang menarik. BMW X5 rakitan Indonesia ini kini menggunakan mesin TwinPower Turbo 6 silinder terbaru 3.0 liter menggunakan turbocharger twin-scroll, VALVETRONIC fully variable valve timing dan sistem injeksi  High Precision Direct Injection yang mampu mengatur penyaluran bahan bakar secara akurat. Daya yang disalurkan melalui transmisi Steptronic 8 percepatan yang diatur melalui paddle shift mampu menghasilkan output maksimum 340 HP pada RPM 6.500.

Pada bagian interior, yang paling terlihat adalah penyematan fitur BMW Personal Assistant yang dapat diaktifkan melalui komando suara ‘Hello BMW’, lewat asisten cerdas ini, pengemudi dapat berinteraksi dengan kendaraan dan sekitarnya tanpa harus menyentuh tombol apapun.

Di Indonesia, BMW X5 bersaing dengan generasi GLC dan GLE dari Mercedes Benz dan Volvo XC 60. Melihat generasi yang cukup panjang, membuat X5 patut dijadikan pilihan berkendara bagi para eksekutif dan pebisnis. [agn/asl/timBX]

Tags :

#
bmw x5,
#
the boss,
#
mobil sport,
#
fitur bmw connect drive