MENU
icon label
image label
blacklogo

3 Hal Penting untuk Diketahui Seputar BlackAuto Virtual Battle 2021

JUN 29, 2021@18:00 WIB | 301 Views

Pandemi global yang melanda banyak negara termasuk Indonesia berakibat pada tertundanya sekian event, termasuk pegelaran di dunia otomotif. Di masa pandemi yang mulai longgar, tetapi tetap dalam lingkup protokol kesehatan, BlackAuto Virtual Battle 2021 digelar. Pagelaran akbar kontes car tuning di tengah pandemi merupakah buah spirit yang tak padam para pecinta otomotif, khususnya pecinta modifikasi.

Mereka tidak patah arang untuk mengikuti perhelatan BlackAuto Virtual Battle 2021--yang notabene merupakan hajatan modifikasi terbesar di tanah air bahkan menjadi barometer dunia car tuning dewasa ini. Tentu saja pelaksanaan kontestasi car tuning ini digelar secara virtual. Sebab walau bagaimanapun, mematuhi prokes tidak dapat diterobos atas nama kebaikan semua pihak.

Nah, penting BlackPals ketahui, pelaksanaan BlackAuto Virtual Battle tahun 2021 memiliki beberapa perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya. Berikut beberapa perbedaannya.

Pecah Tiga

Tahun 2021 yang masih dalam masa pandemi membuat pelaksanaan BlackAuto Virtual Battle 2021 tidak boleh tidak harus dilakukan secara daring ataul virtual. Selain itu keseluruhan acara yang biasanya dihelat di satu tempat, kini dipecah menjadi tiga wilayah besar: yaitu Central Region (Jawa bagian Tengah), East Region (Jawa bagian Timur), dan West Region (Jawa bagian Barat).

Gelaran kontes car tuning BlackAuto Virtual Battle 2021 Central Region yang telah berlangsung sejak 1 Mei 2021 hingga 25 Juni 2021 tersebut pun dipecah menjadi tiga kota juga yaitu Purwokerto, Solo dan Jogja. Untuk kontenstan yang keluar sebagai juara bisa BlackPals simak di sini.

East Region (Jawa bagian Timur dan Bali) akan digelar mulai 1 Juli 2021 hingga 27 Agustus 2021. Masa pendaftara para calon kontestan akan berlangsung pada 1-30 Juli 2021 sesuai Rules & Regulations yang berlaku. Tahap selanjutnya dari tanggal 2-11 Agustus 2021 ialah tahap voting dari BlackPals dan masyarakat umum pecinta car tuning dengan memilih satu dari sekian banyak kontestan.

Sebagaimana pada perhelatan di Central Region, untuk penjurian dan pengumuman pemenang akan digelar secara virtual delama kemasan acara Virtual Battle pada 26 Agustus 2021 Pukul 19:00 WIB untuk BalckAuto Modufy Contes BlackUot Loud dan pada tanggal 27 Agustus 2021 pukul 19:00 WIB untuk BlackAuto Modify Culture.

Sedangkan West Region (Jawa bagian Barat dan DKI Jakarta) akan digelar mulai 1 September 2021 hingga 29 October 2021. Masa pendaftara para calon kontestan akan berlangsung pada 1-30 September 2021. Tahap selanjutnya dari tanggal 4-13 Oktober 2021 tahap voting untuk memilih satu dari sekian banyak kontestan.

Setelah itu memasuki fase penjurian dan untuk pengumuman pemenang akan digelar secara virtual delama kemasan acara Virtual Battle pada 28 Oktober 2021 Pukul 19:00 WIB untuk BalckAuto Modufy Contes BlackUot Loud dan pada tanggal 29 Oktober 2021 pukul 19:00 WIB untuk BlackAuto Modify Culture. Keduanya digelar secara live streaming di kanal Youtube Blackxperiences.com.

Tim Juri

Para juri BlackAuto Virtual Battle 2021 yang melakukan penjurian untuk seluruh kontestan dari tim Juri APACT (Asia Pacific Car Turning). Di mana penyelenggaraan BlackAuto Virtual Battle 2021 kali ini masih tetap dikerjasamakan dengan APACT.

"Ada perbedaan dibanding konsep BlackAuto Battle biasa, yaitu cara penyajian yang dilakukan secara virtual. Setelah data peserta di compile dan di analisa oleh tim Juri APACT." ungkap Penyelenggara BlackAuto Virtual Battle 2021, Boy Prabowo.

Ia juga menjelaskan, seluruh proses penjuriantetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19, dimana penjurian di masing-masing kota dibatasi hanya sekitar 30-40 peserta terpilih.

Adaptasi Sistem Modifikasi

Panitia penyelenggara menggunakan momentum ini untuk melakukan beberapa adaptasi pada sistem modifikasi. Gelaran tahun ini, BlackAuto Modified dibagi menjadi dua kelas besar yaitu Contest Car dan Culture Car.

Contest Car adalah sebuah genre culture modifikasi yang mengedepankan tingkat kreatifitas tanpa batas melalui lima sektor penilaian yang terbagi dalam beberapa kategori yang berbeda seperti Best Elegant, Best Street Racing dan Best Extreme.

Sedangkan untuk kelas Culture Car, kelas ini adalah sebuah genre modifikasi yang mengedepankan kreatifitas tampilan, "klimis" serta trend yang sedang digandrungi saat ini, seperti Culture JDM, Culture Stance, Culture Racing dll.

Meski begitu, tidak semua modifikasi dapat mengikuti ajang kompetisi modifikasi terbesar di tanah air ini. Pasalnya pantia hanya membatasi peserta yang akan lolos dan hanya 30-40 peserta saja yang nantinya dinyatakan lolos melalui tahapan seleksi.

Selain itu, Black Out Loud kali ini juga menggandeng dua asosiasi aar audio dunia, yaitu EMMA dan CAN. BlackAuto Virtual Battle kali ini juga memberikan ruang ekspresi pada car audio enthusiast melalui kelas SQ, SQL dan SPL yang digelar di Central Region di Jogjakarta.

Demikian tiga hal penting yang perlu BlackPals ketahui seputar perhelatan akbar BlackAuto Virtual Battle 2021. [asl/timBX]

Tags :

#
blackauto virtual battle 2021,
#
car tuning,
#
kontes car tuning,
#
modifikasi mobil