MENU
icon label
image label
blacklogo

10 Modifikasi Spesial Harley Davidson Yang Pernah Diproduksi

JUL 15, 2020@08:00 WIB | 562 Views

Dunia customize di Indonesia cukup akrab dengan Harley Davidson yang terlanjut mengikuti market industri kreatif. Iya membeli motor besar, untuk ikut masuk ke dunia customize. Beberapa bengkel cukup akrab dengan modifikasi Harley Davidson. Termasuk modifikasi body, aliran, bahkan performance.

Sementara  terlepas dari dunia customize yang kreatif tersebut. Harley Davidson sudah icon moge Amerika Serikat, meski ada merek lain seperti Cleveland, Indian, Victory dan sebagainya.  Seperti halnya Coke untuk brand minuman soda, dan Xerox untuk mesin fotokopi. Soal branding, HD  cukup kuat dan prestige yang terjaga di market global, meski tak kuat di Indonesia secara bisnis, karena pertimbangan ekonomi, kami tidak dapat memungkiri jika HD masih diminati kalangan middle up, bahkan di dunia customized.

Secara historis, tahun 1903 HD telah memulai evolusi roda dua di garis paling depan. Dengan pengembangan yang cukup serius, seratus tahun kemudian menjadi mesin terbaik dalam hal desain dan performance. HD telah menghasilkan motor besar yang sudah melakukan assembling di Thailand, guna mendukung market Asia. Sementara market 500 cc kebawah, HD dikabarkan bekerjasama dengan Benelli untuk memproduksi motor dengan market khusus di pasar Asia. Apalagi baru-baru ini telah meluncurkan E-bike, guna mengikuti market yang begitu besar.

Ada 10 varian khusus Harley Davidson yang diproduksi secara pabrikan, namun telah menggeser desain dari pabrikan ke ranah customized. 

10. HD CVO Street Glide 2010 

Secara design mengusung gaya hot rod bagger dan telah mengalami modifikasi mesin dan internal. Gaya fender depan yang tebal, plus cover lamp menggantikan fungsional shield dan menjadikan karakter paling liar dari bodi.  Dengan caster angle yang sedikit condong ke depan, merupakan bagian dari karakter bagger yang cukup disukai. Dihadirkan dengan warna yang istimewa, red deep candy, dengan dua box menetapkan sentuhan desain modern dan klasik sekaligus.  Diproduksi hanya 3500 unit, mesin Sreamin Eagle Twin Cam 110 ini juga diburu untuk dikoleksi.

9. HD FX Super Glide 1971 

Diperkenalkan sejak tahun 1971, FX Super Glide menggunakan mesin 4 tak, berpendingin udara, 2 silinder, dengan mesin shovelhead 1206cc. Kecepatannya saat itu diklaim mencapai 180 kpj. Diklaim sebagai motor custom pabrik pertama Harley, hasil oprekan Sportster dengan twin cam lebih besar dan menjadi trend di zamannya. Gaya jok mungkin cukup unik, dengan space besar dan rear body yang cukup spesial.

8. HD JDH Twin Cam 1928

Bisa jadi varian inin paling diminati dan dicari. Dengan mesin V-Twin 74 kubik dengan twin cam. Sementara model standarnya  masih menggunakan single cam 4 lobes. Jika disetting dengan benar tenaga bisa mencapai 19 hp dan kecepatan tertingginya 100 mph atau 160 kph.

7. HD Fatboy Anniversary Edition 2020

Dibuat hanya 2500 unit menyeret dirinya sebagai model limited, untuk memperingati 30 tahun ulang tahun Fatboy. HD memberikan setting mesin yang cepat, dengan sentuhan teknologi baru perusahaan. Dengan fitur-fitur terkini, Fatboy Anniversary dilabel seharga USD22.000 atau sekitar Rp321,5 juta di negaranya.

6. HD Cosmic Starship

Secara visual berbeda dari kebanyakan Harley, Cosmic Starship jelas mendapatkan tempatnya dalam sejarah Harley-Davidson sebagai salah satu sepeda motor termahal yang dijual.Dijual paling mahal USD1 juta dalam pelelangan, berkat sentuhan Jack Amstrong. Basic mesin V-Rod 2002 dan sentuhan lukisan bergaya Cosmic Extensionalism. 

5. HD EL Knucklehead 1936 

Sebagai motor terakhir yang dirancang oleh Davidson bersaudara, Willaim Harley bertugas untuk membangun dan mendesain motor.  El Knucklehead punya tempat yang spesial bagi brand dan telah diproduksi 1500 unit.  Motor langka ini punya mesin V-Twin overhead valve 61 kubik inci, dengan penyegaran valve samping yang membantu HD cukup sempurna mengembangkan desain mesin yang cukup sukses di dekade berikutnya.

4. HD FXEF Fat Bob 1979

Pengembanan seri Super Glide, kemudian disebut sebagai Fat Bob, sebagai motor yang berat 317 kg. Namun secara performance terdongkrak dengan mesin Twin Cam 96. Mengusung segmen midway, Gaya Fat Bob kemudian dikembangkan lagi sebagai favorit dan diproduksi kembali pada 2008.  Juga diluncurkan edisi 2020 sebagai edisi ulang tahun Fat Bob yang ke-30.

3. HD DAH Hillclimber 1930 

Gaya unik motor HD pertama untuk segmen motor cross. Disebut sebagai granddaddy karena tahun 1930 HD menerbitkan Hillclimber untuk market roda dua. Gaya vintage dan konfigurasi mesin V-Twin 45 cubic inci, dengan katup yang sudah dioverhead yang tidak pernah diteruskan lagi versi terbarunya.

2. HD FAR 750 1942

Dibuat sejak perang dunia berkecamuk tahun 1940. HD menjadi partner pemerintah AS untuk memproduksi motor perang untuk market luar. Satunya proyeknya FAR 750m menjadi model kedua yang digunakan untuk keperluan militer. Motor ini memiliki kemampuan untuk bereksplorasi di area gurun, diproduksi 1000 unit, untuk operasi militer di Afrika dan Timur Tengah. 

1. HD Captain America - Easy Rider

Motor ini dinobatkan sebagai produk HD termahal karena harganya mencapai Rp1,3 juta. Easy Rider atau Captain Amerika yang diperakan Peter Fonda dalam film Easy Rider.  Gaya chopper dari pabrikan HD ini memang diangkat untuk mempopulerkan HD sebagai motor paling keren, sehingga mempengaruhi culture roda dua selama beberapa dekade, setelah film tersebut dibuat. [Ahs/timBX]

Tags :

#
harley davidson,
#
modifikasi motor,
#
custom manufacture,
#
two wheelers