MENU
icon label
image label
blacklogo

Aprilia, Suzuki dan Yamaha Kuasai Tiga Besar di FP3 Motorland Aragon 2021

SEP 11, 2021@15:00 WIB | 370 Views

Mengukur rider dari setiap tim MotoGP yang memiliki mapping kekuatan yang ketat di setiap gelaran MotoGP, rasanya MotoGP Aragon pada 12 September besok cukup menegangkan. Terutama tim Suzuki yang punya rekam bagus di tahun lalu, harus memperbaiki catatan waktunya, agar bisa bertarung di lineup terdepan dan meraih podium. Tahun lalu Rins dan Mir berhasil naik podium pertama dan ketiga. Namun mengulangi di sesi 2021 ini tidak cukup mudah.

Melihat hasil FP1, FP2, hingga FP3 terdapat data yang menarik buat Joan Mir karena di FP1  catatan 1:48.971 sebagai tercepat kedua, dan FP3 sebagai tercepat ketiga 1:47.056.  Di FP2 Mir melakukan gambling dengan menggunakan ban keras untuk benar-benar mengerti kondisi lintasan dan setup motor, catatan waktunya 01:48.886 di posisi ke-21.

“Di sini ada perbedaan besar antara memakai ban baru atau bekas. Saya memutuskan untuk melakukan FP2 dengan ban balap dan bukan soft, karena saya ingin memahami perasaan sebenarnya dengan motor dan bersiap untuk balapan. Sore ini sepertinya saya benar-benar jauh dari puncak, tetapi pada kenyataannya saya tidak khawatir karena saya tidak mendorong untuk lap cepat," ungkap Mir. 


"Besok waktunya akan turun lebih jauh dan semuanya akan menjadi lebih cepat, jadi akan menarik untuk melihat apa yang bisa kita lakukan. Saya pasti akan mencoba ban lunak, tetapi tentu saja Anda tidak bisa hanya memakai ban itu dan melaju cepat, lebih penting untuk bekerja pada pengaturan keseluruhan,” tambah Mir.


“Tahun lalu di sini di Aragón baik Alex dan Joan melakukan pekerjaan yang sangat baik dan mereka mencapai hasil yang bagus - jadi kami optimis ketika kami tiba, karena kami tahu mereka berdua menikmati trek ini. Posisi hari ini tidak bagus tetapi fokusnya belum pada mendorong. Kami akan mempelajari data malam ini dan bekerja untuk menemukan solusi terbaik agar lebih siap untuk sesi besok dan membuat pebalap lebih unggul,”  tutur Ken Kawauchi - Manajer Teknis Suzuki. 

Hasil yang positif juga dialami Alex Espargaro dengan motornya Aprilia RS-GP. Mantan pembalap Suzuki tersebut mulai meraih catatan waktu yang lumayan bagus dengan tampir tercepat kedua selama FP2 dan FP3. Gap waktu hanya 0,023 detik dengan pembalap tercepat tim Garputala Fabio Quartararo dengan catatan waktu 1:46.926 detik. Kemungkinan balapan berlangsung kompetitif, seperti sebelumnya di Silverstone, dimana lima besar terdepan dari lima pabrikan yang berbeda. [Ahs/timBX]


 

Tags :

#
free practice 3 aragon 2021,
#
aleix espargaro,
#
joan mir,
#
fabio quartararo