MENU
icon label
image label
blacklogo

All New PCX160 Sudah Diinden 1000 unit, Apa Saja Kelebihannya?

FEB 11, 2021@17:00 WIB | 759 Views

Mengusung tema Personal Comfort Saloon, All New PCX160 diperkenalkan main dealer Wahana Artha Group sebagai varian skuter matic premium terbarunya. All New PCX160 mempunyai tiga varian, CBS (non ABS), ABS dan e:HEV penerus generasi hybrid sebelumnya. Kehadiran All New PCX160 benar-benar memberikan desain, rangka, dan mesin yang serba baru.

Mesin yang benar-benar baru, mengadopsi kapasitas 157cc, SOHC, 4 katup dengan teknologi eSP+, bertenaga 16,2 hp di putaran mesin 8500 rpm, dan torsi 15 Nm di putaran 6500 rpm. Tenaga awal 10,8kW meningkat menjadi 11,8kW didukung bore x stroke 60,0 mm x 55,5 mm, menghasilkan rasio kompresi lebih besar 12.0:1.  Dengan mesin yang sama, PCX160 e:HEV sudah dilengkapi motor assist dan riding mode normal dan sport.

PCX160 new model dengan platform yang baru dan mesin yang baru. Harapan terbesar PCX160 adalah upgrade performance bisa menjawab seluruh kebutuhan konsumen, yang selama ini dikeluhkan oleh pengguna PCX yang lama.

"Keluhan pengguna PCX150 sudah kami jawab. Mesin baru, konfigurasi baru, dan performance yang baru. Tutup tangki sudah lebih enak, tanpa membawa tutup tangki saat  pengisian BBM. Dilengkapi dengan fitur HTSC (Honda Selectable Torqe Control) alias anti Slip saat melintas di jalanan licin, dan Kopling Ganda yang lebih besar, meminimalisir debu saat memutar CVT," tutur Edi Setiawan Chief Marketing Wahana.

All New PCX160 juga dilengkapi Idling Stop System cukup membuat efisiensi lebih maksimal. Konsumsi bahan bakarnya 45km/l, dengan metode pengujian ECE R40 dan pengetesan EURO3. 

Dwi Supriyatno teknisi Wahana menambahkan, All New PCX160 sudah memperbaiki gredet pada edisi PCX150. "Dengan kopling ganda yang lebih besar, membuat putaran CVT yang dikaitkan dengan V-Belt lebih besar dan panjang membuat kopling ganda menjadi minim debu, penyebab geredet pada versi PCX150 sebelumnya," ungkap Dwi. 

Mesin SOHC 157cc, 4 klep berteknologi ESP+ sudah minim getaran. Diameter piston 60 mm dibuat lebih besar dibanding stroke 55.5 mm. "Mesin All New PCX160 dilengkapi dengan saluran pendingin piston. Dibuat khusus untuk durabilitas piston saat bekerja keras di semua putaran mesin. Sedangkan pendinginan mesin ditangani dengan liquid cooled," ujar Dwi melengkapi.

Desain lampu pun semakin mendukung kesan mewah pada skutik premium ini. Desain lampu depan bersudut dengan posisi yang  lebih horizontal dan melebar, serasi dengan desain keseluruhan All New Honda PCX. Kesan Cahaya efek tiga dimensi dihadirkan pada lampu belakang skutik premium ini dan keseluruhan sistem lampu menggunakan LED. 

Sedangkan LCD panel meter yang lebar berikan informasi makin lengkap.  Fitur informasi terbaru pada LCD panel meter ini antara lain indikator baterai, perawatan v-belt,  dan indikator fitur  HSTC pada tipe ABS dan e:HEV. Oh iya, All New PCX160 sudah dilengkapi Smart Key dengan alarm dan answer back system, dan sudah punya USB Charger tipe A. Dilengkapi dengan bagasi 30 liter dan tangki bahan bakar 8 liter, siap menempuh perjalanan jarak jauh.

Didukung  ban  tubeless  yang  lebih  lebar berukuran  ban  depan 110/70-14 dan belakang 130/70130/70-13 dibalut desain velg Y shaped 5 spoke. Tidak ada kekhawatiran cornering atau manuver zigzag. Apalagi didukung suspensi belakang dengan poros yang semakin panjang hingga 1 cm demi mendukung kenyamanan saat melibas jalanan kasar. 

Untuk ABS sistemnya hanya difungsikan pada pengereman depan. Namun dengan fitur HTSC ini yang bakal mengontrol putaran ban depan dan belakang agar berimbang. Karena kelebihan putaran sedikit antara roda depan dan belakang, bakal terasa slip dan itu membahayakan. Sistem kerjanya saat HTSC menyala, menandakan sinyal ke ECU, untuk mengurangi semprotan BBM sehingga putaran throttle menurun menyeimbangkan  putaran kedua roda.

Wahana memasarkan 3 tipe yaitu CBS, ABS, dan e:HEV. Tipe CBS terdapat warna Wonderful White,  Majestic Matte Red, Glorious Matte Black, dan Marvelous Matte  Gray dan tipe  ABS terdapat warna Wonderful White, Majestic  Matte Red,  Briliant  Black, dan Royal  Matte  Blue. Harga yang ditawarkan PCX 160 cbs Rp 30.501.000.  PCX 160 ABS sedikit lebih tinggi Rp 34.101.000, dan varian paling tinggi  E:HEV Rp43.701.000. 

"Wahana sudah menerima inden 1000 unit PCX160. Soal distribusi baru bisa dilakukan mulai minggu ini sesuai urutan. Selama periode launching, ada spesial gift Jaket Ekslusif dan Smart Key Remote Cover. Dengan meregestrasi melalui aplikasi Wanda, konsumen mendapatkan 2 botol oli gratis," tutup Olivia, Head of Marketing Wahana yang memperpanjang skema kredit hingga 5 tahun.  [Ahs/timBX] 
 

Tags :

#
skuter matic honda,
#
all new honda pcx160,
#
wahana makmur sejati,
#
fitur all new pcx160