MENU
icon label
image label
blacklogo

Xtreme Motorsport : Support Part Lokal untuk Modifikasi Skuter Matic Hingga Superbike

JUL 21, 2022@19:39 WIB | 362 Views

Tingginya industri aftermarket sebuah negara menjadi tolok ukur bagaimana seriusnya tumbuhnya culture otomotif sebuah bangsa. Indonesia semakin serius mengembangkan part otomotif dengan brand lokal seperti WR3, Prospeed, Krace meramaikan kebutuhan petrolheads khususnya roda dua. Dibalik tumbuhnya kepercayaan sebuah brand, ada sebuah workshop yang sukses mengkampanyekan part lokal tersebut sehingga makin banyak digunakan oleh two wheelers enthusiast. 

Xtreme Motorsport mengawali karirnya sebagai toko online di 2010, berkembang menjadi workshop offline hingga di 2015 puncaknya menerima WR3 sebagai salah satu brand yang dijual, sekaligus dilibatkan sebagai pengembangan produk berdasarkan riset and development. Berlokasi di Angke Square, Xtreme Motorsport menggugah tim Blackxperience untuk ngulik informasi lebih dalam, sejauh mana part demi part dikembangkan, diuji, dan diproduksi masal sesuai part seri motor. Bahkan dijual hingga manca negara. 

"Xtrememotorshop berdiri sejak tahun 2010, awalnya sebuah toko online forum jual beli Kaskus. Karena banyak customer yang datang dari berbagai daerah dan menanyakan lokasi workshop di tread KasKus. Akhirnya memaksa kehadiran sebuah workshop offline di bilangan Taman Harapan Indah, Jakbar, berlanjut ke taman Duta Mas dan akhirnya berlabuh ke Angke Square, dari 1 ruko menjadi 3 ruko," buka bro Willy owner Xtreme Motorsports ke tim Blackxperience.com.

Sementara untuk segmen marketnya, motor yang digarap dari market 150 cc hingga 1300cc. Part seperti gir, knalpot, frame slider, stang, footstep hingga filter udara. Dari brand lokal hingga import semua disediakan, mulai dari body fiber, paddock, knalpot lokal seperti Prospeed, dan K-race, sedangkan knalpot import seperti Akrapovic, Termignoni, Leovince.

Sementara brand lokal seperti part aftermarket WR3 Xtreme sudah dipercaya sebagai distributor lokal sejak tahun 2015. Saat itu masih mengandalkan produk seperti jalu paddock, frame slider, tail tidy, lower rear shock, dan gir. Sampai saat ini varian part berkembang seperti cover engine, dudukan kaliper cakram, selang rem, mud guard, stang, filter udara, velocity buat matic, handle rem dan kopling, mur gir, triple clamp, buttom shock, disk cakram, hingga kampas rem.

"Untuk kota Jakarta, Manado, Makassar, Bandung dan Medan adalah kota-kota yang memiliki distributor WR3. Ada 5 bengkel besar yang menjual produk WR3.  Untuk ZX25R misalnya yang lagi hype kami biasa memasang bottom shock USD dan Disk Floating Full agar bisa pakai double disk, serta footstep underbone," ungkap Billy Crew Xtreme Motorshop.

Bagaimana WR3 bisa berkembang, ini rahasianya. Untuk material logam terbuat dari alumunium seri 6 dan seri 7. Materi tersebut dibuat untuk kualitas dan durabilitas, mengimbangi serbuan barang import dengan material mirip dengan part aftermarket eropa.

"Awalnya memang kita ngandalkan import, namun karena proses inden yang lama kami kehabisan stok dan barang impor itu kan harga mahal. Kemudian kami menerima partnership dari brand WR3 sebagai distributor tunggal tepatnya 2015. Sementara Xtrememotorshop sendiri dipercaya sebagai riset pengembangan produk dari WR3. Member mekanik kami yang mengembangkan riset tersebut, dan terlibat dalam pengujian kualitas produk," ungkap Willy owner Xtrememotorshop.

WR3 lebih sebagai brand fabrikasi, namun Xtrememotorshop adalah kepanjangan dari tim risetnya. Berangkat dari blueprint bermaterial milling, klasik dan cnc part didevelop berdasarkan tim R&D menjadi prototype. Bahan prototype inilaih yang melewati berbagai pengetesan mulai dari turing, uji part di Sentul.

"Rententan part yang lolos diuji bakal diproduksi oleh WR3, seperti steering dumper. Salah satunya kami sedang develop produk kaliper dari disk brake yang sudah diproduksi untuk brand WR3. Kami harapkan ini bakal meledak seperti permintaan market seperti Gir, disk brake dan braket. Pasar dan demand ada, kuatitas part tidak bisa dikejar, kecuali menunggu antrian," tambah Koh Willy. Untuk uji ketahanan biasanya gir WR3 sudah digunakan dalam puluhan ribu kilometer.

Service di Xtrememotorshop

Service sportbike lebih mengandalkan service tune up untuk motor injeksi, dengan membersihkan fuelpump menggunakan cairan dari 3M. Selain tune up juga membersihkan filter udara.

Banyaknya motor matic, maka selain tune up engine, juga dilakukan pembersihan CVT. Service ringan lain bongkar ban hanya terbatas itu. Willy mengungkapkan pilihan service memang sedikit, karena lebih banyak mengeksplorasi untuk pasang part aksesoris.

"Tidak ada service bongkar mesin, atau custom motor. Untuk permasalahan mesin customer, kita gunakan jasa rekanan bengkel resmi," tambah Willy. Termasuk service decal lebih banyak dimanfaatkan untuk rekanan.

Titik distribusi Medan, Makasar, Jakarta 2 Titik, Bandung, dan penjualan ke seluruh Indonesia. Sementara market online sudah mencakup ke Asia Tenggara (Hongkong, Malaysia, Singapura, Thailand) seperti akun ecommerce. Negara Mauritius Afrika juga menjadi pengiriman part ZX25R terjauh.

Part WR3 cukup diminati dan bergairah berkat market ZX25R cukup membangkitkan kembali gairah sportbike di tanah air. Motor 250cc dengan 4 silinder yang performa dan suara seperti moge 4 silinder inline, bisa membuat modifikasi sportbike cukup terbuka lebar. Selain brand WR3 juga ada part dari brand Prospeed dan Krace untuk exhaust system, header lokal dan exhaust system dari Taiwan.[Ahs/timBX]

Tags :

#
the builders,
#
xtreme motorsports,
#
part wr3,
#
prospeed,
#
bengkel modifikasi motor