MENU
icon label
image label
blacklogo

Panduan Modifikasi All New Civic Hatchback Turbo [Part II Audio]

MAR 21, 2018@14:00 WIB | 4,026 Views

Honda sungguh tidak sembarangan dalam memproduksi berbagai bentuk produknya, entah itu kendaraan model SUV maupun sedan. Model yang didatangkan dari Thailand oleh PT Honda Prospect Motor ini diharapkan mampu mendompleng pasar sedan hatchback otomotif tanah air.

Berkaitan dengan itu, jika bicara bagaimana memodifikasinya memang tidak akan ada habisnya, terutama untuk para pecinta otomotif yang menyukai modif baik itu modif body ataupun modif audio. Kemajuan model All New Civic Turbo ini di Indonesia cukup baik, para peminat cukup banyak yang menyukainya sebab memilih model yang cukup bagus walaupun hanya dalam mode standartnya. Tetapi kalau pemilik All New Civic Turbo berjiwa remaja beda lagi ceritanya, mereka tentu lebih memilih model hatchback-nya agar tampak lebih keren.

Nah, dalam kelanjutan Auto Jurnal kali ini, modifikasi tata suara tidak selalu harus menyematkan perangkat audio yang mahal jika ingin mendapatkan kualitas suara yang lebih baik. Hal ini dibuktikan oleh Andhika Rusly dari FI Audio yang menginstal dua paket audio system sederhana ke All Honda Civic Turbo Hatchback kali ini.

Dari awal, Civic generasi ke-10 ini, konsepnya daily use. Sehingga modifikasi yang dilakukan bengkel audio yang bermarkas di bilangan Guntur, Jakarta Selatan ini, menambahkan beberapa perangkat audio head unit diganti oleh keluaran Kenwood Seri DOX917WS yang fitur dan fasilitas multimedia sangat lengkap dibandingkan dengan head unit bawaan.

Lalu pergantian speaker standar dengan speaker full range 2 way Evo 152 keluaran dari Crescendo untuk tweeter dan midrange, sementara untuk speaker midbass di pintu menggunakan produk bermerk yang sama supaya suara fundamental bass lebih meningkat. Bagi yang awam, full range mampu menghasilkan suara dengan rentang frekuensi yang cukup panjang.

Lalu penambahan sebuah amplifier 4 channel Cresendo Evo 144  untuk mendrive masing-masing speaker. Subwoofer Evo 110 pun mengandalkan ukuran 10 inci, yang masih bikinan Cresendo yang diakui Adhika merupakan pilihan tepat.

“Karena Honda Civic kan mobil hatchback, penempatan subwoofer-nya di bagasi. Kalau subwoofer ukurannya kecil, suaranya bakal sulit mencapai ke kabin depan,” jelasnya. Pemakaian design boksnya pun dibuat simple, mengutamakan fungsi bagasi namun tetap dapat kesan elegan.

Sementara peredam hanya di beberapa bagian saja. “Pintu depan belakang, bagasi dan lainnya, yang rentan dengan getaran,” ungkapnya lagi. Nah, gimana BlackPals, cukup simpel kan modifikasi audionya? [bil/timBX]

Spesifikasi Upgrade Audio All New Civic Turbo Hatchback

Head Unit : Kenwood DOX917WS (Rp 8.500.000)

Paket Entry Level (Rp 11.000.000 Termasuk instalasi & wiring)

Cresendo Evo 152 speaker 2 way split

Cresendo Evo 144 4ch amplifier

Cresendo Evo 110 10 inci subwoofer

Paket Mid Level (Rp 18.000.000 termasuk instalasi & wiring)

Ground Zero Uranium 2 way split

Ground Zero Uranium 10 inci split

Ground Zero Iridium 4ch amplifier

Tags :

#
auto mods,
#
panduan modifikasi,
#
all new civic hatchback,
#
modifikasi audio,
#
pilihan audio