MENU
icon label
image label
blacklogo

Panduan Modifikasi Civic Turbo Hatchback, Pertegas Gaya Sporty Look [Part 1 Eksterior]

MAR 14, 2018@14:00 WIB | 1,280 Views

Honda Civic Turbo Hatchback  merupakan generasi kesepuluh dari Honda Civic. Gaya Sporty Civic Hatchback kembali ke market Indonesia setelah 21 tahun, dengan aksen honeycomb di depan dan belakang, menambakan kesan supercar.  Desain visual yang lampu futuristis, ducktail dan spoiler yang menghiasi buritan, seperti tidak ada ruang bagi BlackPals untuk memodifikasinya. Nah, jangan berhenti disitu, mari kita gali lebih dalam informasinya.

Civic Hatchback Turbo memiliki gaya sporty, boleh saja kami menyebutnya sebagai varian Civic Type R  dalam kondisi standar. Namun modifikasi seyogyanya mengusung tema proper  and clean.  Artinya modifikasinya yang cenderung mengikuti gaya Type R, malah memberi kesan sebagai ‘Type R jadi-jadian’. So, untuk menghindari persepsi itu, kali ini tim Blackxperience.com mencoba menggali informasi lebih dalam di bengkel Akasia Motor di Bekasi.

Rio Wisnu dari Akasia Motor  menyarankan dengan penggunaan body kit kastem seperti front bumper, side skirts dan rear bumper.  Tujuannya untuk mempercantik mempertahankan gaya sporty pabrikan dan tambahan body kit itu sudah menambahkan nuansa sporty look.

Bro Wisnu menawarkan desain bodykit dengan mengusung tema sporty look namun tidak terlalu racing. Secara look masih mempertahankan desain pabrikan,  kemudian menambahkan full  front bumper, side skirt dan rear bumper.

“Fungsi side skirts selain mempertegas gaya sporty look,  juga menambah manis.  Untuk bumper depan, kami sarankan menggunakan full body kit dengan mengubah posisi fog lamp. Ruang garis di area fog lamp lebih dipercantik,” jelas Bro Wisnu.

Sedangkan untuk bagian belakang, Wisnu menyarankan untuk penambahan duck tail dengan size kecil, menjauhi kesan yang berlebihan. Kemudian dengan menurunkan ground clearance Civic Turbo agar terlihat lebih ceper dan nuansa sporty lebih kuat.

Secara keseluruhan penambahan bodykit bakal menambahkan style yang kekinian. Selain itu, juga menambahkan efek down force saat kecepatan tinggi.  Jadi selain mendukung gaya harian, penambahan bodykit juga membantu down force saat kecepatan mobil diatas 100 kpj.

“Mobil yang ceper itu tidak mengurangi kenyamanan di jalan raya. Karena body ceper mendukung kestabilan saat akselerasi di jalan tol atau di sirkuit,” terang Wisnu.

Nah, guna mendukung tampilan Civic Hatchback yang ceper,  bisa ditunjang dengan pemasangan part seperti  coilover, atau menggunakan air suspension. “Kalau menggunakan coilover agak ribet karena harus bongkar pasang ban, ketika ingin meninggikan atau merendahkan mobil. Namun menggunakan air suspension jauh lebih mudah untuk setting lebih cepat dan praktis,” jelas Wisnu.

Biasanya  modifikasi body kit di Akasia Motor butuh 12 hari. Eksekusi desain saja butuh waktu 2 hari, Sisanya 10 hari untuk proses pengerjaan. Disitu pihak modifikator mengajukan ke customer untuk tahap revisi atau acc.  Jika deal, akan dilanjutkan ke proses molding, dari bumper asli agak sedikit dirubah menjadi bumper baru seperti yang dijelaskan diatas. 

Proses molding seperti biasa, dengan clay. Nah, saat proses molding selesai, Akasia mencoba berkomunikasi dengan customer apakah sudah sesuai dengan ilustrasi gambar atau belum.  Memasuki Tahap selanjutnya, adalah proses pembuatan body dengan bahan fiber agar lebih ringan bila dibanding material plastik. Jika customer memberikan approval, proses berlanjut pada proses pendempulan dan epoxy.

Modifikasi bodykit yang ditawarkan Akasia Motor termasuk ke ranah middle level. Karena teknik modifikasinya sudah melewati pola plug and play atau bolt on part yang lebih ke ranah entry level. Akasia Motor menawarkan range harga sekitar Rp 12-18 juta. Itu tergantung modifikasi yang pilih, seperti opsi single bumper atau dengan tambahan splitter, dengan material fiber atau karbon dan termasuk painting.

Nah BlackPals, ternyata tidak terlalu sulit untuk memodifikasi Civic Turbo Hatchback untuk mempertegas gaya sporty-nya.  Nantikan terus modifikasi Civic Turbo Hatchback di episode selanjutnya. [Ahs/timBX]

Tags :

#
auto mods,
#
modifikasi,
#
civic turbo,
#
honda civic,
#
hatchback,
#
akasia motor,
#
sporty look