MENU
icon label
image label
blacklogo

Mudahnya memodifikasi Sigra dan Calya [Part II Sektor Kaki-Kaki]

FEB 14, 2018@13:00 WIB | 2,924 Views

Bagi para pemilik Sigra dan Calya, sektor kaki-kaki pasti jadi tujuan pertama jika ingin memodifikasi kendaraan LCGC ini. Ukuran kerap dipandang terlalu kecil dan terkesan kurang aman digunakan. Menggunakan pelek bawaan berukuran 13 inci, jadi tak mengherankan bila sektor kaki-kaki biasanya jadi pilihan pertama dalam memodifikasi mobil. Penggantian velg mobil juga akan mempercantik penampilan kendaraan kesayangan.

Nah, kabar baik buat para pemilik Sigra-Calya. Hanya dengan mengeluarkan sejumlah budget terjangkau untuk modifikasi, kedua mobil ini bisa langsung ‘naik kasta’ yakni ditingkatkan (upgrade) ukurannya. Besar kecilnya ukuran pelek sebenarnya selera pribadi. Tetapi menurut Abun, sang punggawa Aneka Speed, diameter maksimal yang ideal untuk pelek LCGC adalah 16-17 inci. Lebih dari itu biasanya kolong roda mentok.

Selain itu, isu yang paling utama adalah bobot velg itu sendiri. Sigra-Calya dari awal diciptakan hanya mengusung mesin berkapasitas 1.200 cc untuk mengejar efisiensi bahan bakar. Jadi Anda harus selektif memilih velg orisinil yang punya material ringan, hal ini tentu akan membuat mesin bekerja tidak berlebihan. Ujungnya, konsumsi bensin akan semakin irit.

“Kami selalu anjurkan naiknya maksimal tiga inci, dari 14 inci menjadi 17 inci,” jelas Abun.Soal pilihan desain, bisa disesuaikan dengan selera. Desain-desain populer seperti palang 5, palang 6, atau mesh bisa jadi pilihan. Pastinya sesuaikan dengan PCD velg mobil bawaan.

Bahkan di kasus tertentu Anda bisa menyematkan velg yang tampilannya agak tidak lazim, seperti velg keluaran OZ Racing. Yup model ini mempunyai desain yang sporty bergaya reli dan tentu saja akan tampak keren bila dipasang di Toyota Calya seperti ini. Dengan ukuran 17 inci kesan LCGC-nya jadi sirna. “Hanya kami yang mendatangkan model seperti ini dengan PCD 4 x 100 langsung dari Italia,” bangga Abun.

Selain itu, offset juga tidak boleh dilupakan. Sigra-Calya hampir dipastikan memiliki offset positif yang besar. Kalau ingin roda tetap sejajar dengan fender, sebaiknya memilih besar offset yang tidak terlalu jauh dari offset standar.

Tapi kalau ingin tampil dengan velg keluar fender, tidak salah bila menggunakan velg ber-offset kecil. Kesan mewah bisa didapatkan dengan menggunakan velg-velg dengan desain yang kerap digunakan oleh mobil-mobil sport Jepang. Secara khusus, desain dan material velg berkualitas seperti Weds Racing atau Rays layak jadi pilihan. [bil/timBX]

Data rekomendasi Velg & Ban

OZ Rally Racing

1 set (4 pcs) velg OZ Rally Racing White Rp 18.950.000

1 set (4 pcs) ban Accelera 205/40/17 Rp 3.000.000

Total Rp 21.950.000

Weds Sport 20R

1 set (4 pcs) velg Weds Sport 20R Rp 29.850.000

1 set (4 pcs) ban Accelera 205/40/17 Rp 3.000.000

Total Rp 32.850.000

Tags :

#
auto mods,
#
velg,
#
modifikasi,
#
sigra,
#
modifikasi velg,
#
calya