MENU
icon label
image label
blacklogo

Mudahnya Memodifikasi Sigra-Cayla [Part III Sektor Audio]

FEB 21, 2018@13:30 WIB | 2,800 Views

Mobil klan LCGC milik Toyota dan Daihatsu, Calya-Sigra memang sudah dilengkapi dengan sistem audio yang cukup memadai, baik dengan head unit single-DIN maupun Double-DIN serta speaker ala kadarnya. Tapi berhubung saat ini kehadiran in-car entertaiment menjadi kebutuhan utama bagi pengendara mobil di kota-kota besar, maka untuk mengusir kejenuhan selama dibekap kemacetan, satu-satunya hiburan adalah musik.

Kualitas audio system yang baik akan mempengaruhi suara musik yang keluar sehingga mampu ‘mendinginkan’ mood yang tak tentu. Sehingga, bagi pemilik kendaraan Sigra-Cayla yang ingin kualitas lebih tidak ada salahnya meng-upgrade perangkat audionya. Seperti mengganti speaker, menambahkan amplifier, tweeter, dan subwoofer untuk lebih memanjakan telinga saat berkendara di tengah kemacetan.

Untuk paket audio yang ditawarkan di pasaran saat ini memang cukup banyak, tinggal kita menyesuaikan merek, tipe, dan harganya. Soal harga, bagi sebagian orang cukup penting karena bagaimana caranya mendapatkan paket audio yang berkualitas namun dengan banderol yang masih bersahabat buat dompet.

Ada beberapa pilihan upgrade audio yang bisa Anda jadikan referensi untuk memasang audio di mobil. Salah satunya dari Melodi Audio yang menawarkan paket upgrade audio untuk Calya dan Sigra. Cukup sediakan dana Rp 7 juta hingga Rp 16 juta untuk membuat sistem pemanja telinga menjadi maksimal.

"Kami menyediakan dua paket up-grade dan advance untuk Calya-Sigra dengan menggunakan padanan Pioneer dan Flux Neo dengan untuk subwoofer aktif di bagian kolong dan membuat mobil tidak memakan space yang besar," kata Stella, sang punggawa Melodi Audio.

Paket audio itu, kata dia, terdiri dari peredam suara STP, subwoofer aktif  Pioneer, speaker split Flux Neo berikut power amplifier dari merk yang sama di bawah jok depan mobil. Jika sudah mengganti paket audio, pemilik Toyota Calya dan Daihatsu Sigra juga bisa mengganti head unit (HU) dengan lansiran Pioneer. Namun, jika HU bawaan pabrik dirasa sudah cukup memadai yah tidak perlu melakukan penggantian.

"Hasilnya juga akan lebih baik, suara lebih detail dan vokalnya lebih jelas serta staging yang pas. Jadi, istilahnya bila menggunakan paket advance, mobilnya akan jadi lebih jernih dan balans suaranya," ujar wanita ramah ini.

Speaker Flux Neo sendiri memiliki dimensi  yang kompak dan dapat diaplikasikan di berbagai tempat di dalam kabin Sigra-Cayla seperti bagian dashboard, panel pintu ataupun kaca. Mengingat, kapasitas kedua mobil kembar itu berukuran sedang. "Dengan penambahan audio yang berukuran kecil membuat space dimobil Calya-Sigra bisa diisi dengan peranti boks custom lainnya," tutup installer yang berkantor di Radio Dalam, Jakarta Selatan itu.

Nah, bagaimana BlackPals, dengan perangkat-perangkat audio dan speaker yang kompak dan terintegrasi, engga susah kan memodifikasi audio standar Sigra-Cayla ini? [bil/timBX]

Spesifikasi Paket audio 1 (Advance)

Head unit                    : Pioneer AVH-A205SBT

Speaker depan             : Flux Neo split

Speaker belakang        : Flux Neo split

Amplifier                     : Flux Neo 75.4

Subwoofer                  : Pioneer TS-WX 120A active

Peredam                      : STP 2 lembar

Harga                          : Rp 16.000.000,-

Spesifikasi Paket audio 2 (Up-grade)

Head unit                    : Pioneer AVH-A105DVD

Speaker depan             : Pioneer TS-61605C split

Speaker belakang        : Pioneer T9-F1634R split

Subwoofer                  : Pioneer TS-WX 120A active

Peredam                      : STP 2 lembar

Harga                          : Rp 7.000.000,-

Tags :

#
auto mods,
#
blackauto,
#
audio sigra,
#
audio cayla,
#
modifikasi,
#
pioneer,
#
flux neo