MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Yamaha Scorpio - The Blue Pon Chopper

NOV 24, 2016@16:16 WIB | 23,863 Views

Yamaha Scorpio memang kerap menjadi “korban” modifikasi motor. Beragam style modif pun bermunculan dengan basic Yamaha Scorpio. Namun bagi tim Puspa Kediri Custom , harus ada sesuatu hal unik yang belum banyak diaplikasikan oleh modifikator lain.

“Pilihannya jatuh pada model chopper, tapi chopper Jepang karena masih sejalan dengan Yamaha yang juga dari Jepang,” beber Aya, owner rumah modifikasi yang bermarkas di Jati Mekar, Jati Asih Bekasi tersebut.

Bermodal satu unit Yamaha Scorpio lansiran 2007, hampir semua part ditinggalkan, kecuali suspensi depan dan mesin. Langkah pertama yang dijabani Aya beserta tim yakni membangun ulang rangka motor jenis street touring menjadi sebuah chopper. Dipakailah pipa seamless 24 mm dan 35 mm. 

"Kita pilih pipa sasis lebih tebal dari biasanya untuk keamanan kontruksi motor," tutur Aya kepada tim Automods Blackxperience.

Setelah rangka selesai, kemudian dibuat tangki custom berbahan plat galvanis. Agar tampilan modifikasi Yamaha Scorpio ini makin memikat mata, digunakan warna Blue Metallic pada sasis dan tangkinya.

"Saya memilih warna biru, karena terlihat kalem, dan sebenarnya antara warna tangki dan sasis berbeda. Tangki warnanya lebih muda dan sasis warnanya lebih tua," tutur Aya.

Pengerjaan selanjutnya beralih pada pembuatan sepatbor dan silinder toolbox menggunakan plat galvanis secara custom. Namun untuk penutup rantai dipilih bahan plat aluminium.

Setelah selesai pengerjaan lanjut ke sektor kaki-kaki. Untuk roda depan dan belakang menggunakan velg TK Japan. Sedangkan  ban dipilih Avon Speed Master MK II  dan ban belakang Shinko E-270.

Kelir Biru kalem pada sasis dan tangki dikombinasikan dengan aksen chrome pada beberapa bagian. Seperti blok mesin, setang, suspensi, footstep, side stand, dan filter knalpot.

Knalpot juga menjadi bagian dibentuk secara custom yang pada bagian ujungnya dibuat segitiga tambahan guna membuat keluaran suara jauh lebih garang dari keluaran suara knalpot asli Scorpio.

Menariknya, hasil modifikasi Yamaha Scorpio ini dijuluki Pon Chopper. Muhammad Juliansyah sang pemilik motor menyebut, nama “Pon” disematkan berhubungan dengan waktu finishing yang selesai pada hari Rabu Pon dalam hitungan kalender Jawa. "Nama itu cukup unik juga, jadi dipakai saja,"tutup Juliansyah. [Ahs/TimBx]

Spesifikasi

Motor: Yamaha Scorpio 200

Mesin : Yamaha Scorpio 225 cc

Suspensi depan : Yamaha Scorpio

Sasis : Pipa seamless 24 dan 35 mm

Tangki: Custom

Holder tangki: Custom

Knalpot : Custom

Side stand: Custom

Velg depan : TK Japan 21”

Velg belakang : TK Japan 16”

Ban depan :  Avon Speed Master MK II

Ban belakang : Shinko E-270

Tags :

#
modifikasi yamaha scorpio,
#
modifikasi yamaha,
#
modifikasi,
#
modifkasi motor,
#
scorpio,
#
yamaha scorpio,
#
modifikasi yamaha scorpio 2007,
#
puspa kediri custom,
#
pkc