MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Velg New Toyota Fortuner - Lebih Besar Dengan Traksi Maksimal

SEP 26, 2018@12:00 WIB | 695 Views

Di Indonesia, New Toyota Fortuner sudah menjadi idola baru para penikmat mobil dengan jenis SUV. Dengan menampilkan perfoma mesin  diesel yang tangguh dan dibekali dengan turbocharger mobil ini mampu mengeluarkan torsi yang besar dan mampu berakselerasi dengan cepat.

Selain itu SUV yang satu ini memang punya ground clearance tinggi, plus bodi besar. Fisiknya yang besar itu mau tidak mau menyulitkan pengendaranya saat melaju di kecepatan relatif tinggi. Menariknya, ada beragam cara mengatasi kesulitan ini. Diantaranya dengan mengganti velg berdimensi besar plus bannya agar traksi makin maksimal.

Memang secara desain, generasi baru Toyota Fortuner memiliki tampang yang lebih stylish dari versi sebelumnya. Meski demikian, pengemar SUV umumnya selalu melakukan modifikasi, salah satunya mengubah sektor kaki-kaki agar tampilan makin terlihat kokoh.

Nah, bagi pemilik Toyoto Fortuner baru yang mau upgrade pelek standar dengan dimensi yang lebih besar, SM Motorsport punya koleksi terbaru yang bisa dijadikan pilihan. "Untuk model terbaru ada empat yang kami tawarkan. Semua bisa diaplikasi untuk Fortuner baru, dan masih aman digunakan sehari-hari," ucap Yopi Karuci yang berkantor di Jalan Panjang, no.38, Arteri Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Agar lebih stabil, lakukan modifikasi velg SUV serta pada bannya. Ganti velg dan ban SUV dengan ukuran lebih lebar. Tapak yang lebih lebar ini akan meningkatkan daya cengkeram kendaraan. SUV akan lebih melekat di jalanan dibandingkan sekedar menggunakan velg dan ban standar pabrikan.

Ukuran velg pabrikan SUV biasanya dalam range R16-R18. Dan New Toyota Fortuner menggunakan velg ring 17 dengan paduan ban ukuran 265/65. Velg jenis SUV bisa diperbesar hingga velg ring 22 x 9-9,5 inci. Untuk PCD, biasanya velg SUV terdiri dari dua jenis, yaitu 6×139,7 dan 5×114,3. Yang perlu diperhatikan adalah offset velg serta ukuran ban yang digunakan.

Umumnya, bila velg memiliki PCD 5×114,3, offset yang direkomendasikan sebesar 45 mm dengan lebar ban 7-9 inci. Untuk Fortuner, yang punya PCD 6×139,7, sebaiknya menggunakan velg dengan offset 20-25 mm.

Lebar velg 7-9 (atau 9,5) direkomendasikan agar roda terhindar dari risiko nyangkut. Perlu juga dicermati, kerja komponen pada kaki-kaki mobil akan semakin berat kalau diameter velg semakin besar. Sebaiknya kenaikan diameter maksimal 2 inci dari ukuran velg standar, agar berkendara tetap nyaman dan aman. Soal desain, velg model palang yang tegas akan membuat New Fortuner semakin gagah.

Itu baru ukuran velg. Penyesuaian pada ban juga mutlak diperlukan. Ketepatan ukuran ban berpengaruh pada kenyamanan saat mengendarai SUV. Ban yang agak tebal dianjurkan agar ruang fender yang besar dapat terisi.

Bila velg yang digunakan adalah velg ring 22 dengan lebar 9 inci, ban ukuran 265/40 bisa digunakan. Sementara bila ingin memakai velg ring 20 dengan lebar 8,5 inci, ban ukuran 265/50 atau 275/55 bisa dipadankan dengan velg.

Untuk model pelek yang ditawarkan mulai dari RTG Concave hingga SSW. Semuanya dibanderol dengan harga Rp 15 juta lengkap dengan ban bermerek Accelera serta ongkos pemasangan. Bagi yang tertarik bisa langsung sambangi SM Motorsport atau, bila butuh informasi lebih jelas bisa langsung kontak ke nomor 021) 53678623. [bil/timBX]

Tags :

#
auto mods,
#
modifikasi velg,
#
new toyota fortuner