MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Velg Audi A3 Sportback Kental Nuansa Sporty

AUG 08, 2018@12:00 WIB | 594 Views

New Audi A3 Sportback secara model menjadi varian city car di kelas  premium. Kontur bodynya lebar dan memiliki ruang fender besar dengan velg bawaan 17 inci . Tidak ada salahnya  bagi  BlackPals yang  ingin upgrade velg bisa menambah ukuran velg 1 atau 2 inci lebih besar, dan masih dibatas nyaman dalam berkendara. Tujuan modifikasi ini lebih bagaimana mengupgrade tampilan lebih keren dan mendukung sisi performance.

Untuk mengetahui  velg apa yang cocok buat New Audi A3 Sportback, kali ini tim Blackxperience bertandang ke SM Motorsport yang berlokasi di jalan arteri Panjang  Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Bengkel velg ini sudah berpengalaman untuk upgrade velg mobil eropa seperti merek Audi, Peugeot, BMW, Mini Cooper, VW dan brand eropa lainnya. Kali ini pembahasan velg bersama narasumber Yopi Karuci dari SM Motorsport.  

"New Audi A3  Sportback dengan ukuran yang lebih kecil ini lebih seperti city car yang berkarakter lincah, gesit dan bertenaga.  Penggunaan velgnya maksimal digunakan ukuran 18 atau 19 inci itu sudah oke untuk harian. Bila velg terlalu besar akibatnya ban terlalu tipis, dan itu sudah tidak nyaman dipakai harian," ungkap Yopi kepada tim Blackxperience.com.

Anda atau saya BlackPals mungkin saja membutuhkan touching penampilan Audi A3 Sportback ini meningkat dengan velg-velg bergaya concave. Namun disisi lain jangan diabaikan bagaimana penggunaan velg tersebut juga menambah performance, tidak merubah karakter Audi A3 yang lincah dan bertenaga.  Jadi selain memperhatikan ukuran velg, juga harus diperhatikan kualitas bahannya.

"Memang ada saja customer ingin velg model-model tertentu. Namun tidak asal pasang, tanpa memperhatikan bahan velg  yang  ringan. Jika velg sendiri berat, tentunya bikin penggunaan ban menjadi boros," tambah Yopi.



Atas pertimbangan tersebut, Yopi menganjurkan penggunaan velg  Royal Forged 18 inci, dengan ban Michelin 225/40. Velg ini merupakan brand USA, namun dibuat di Cina dengan standarisasi yang tinggi. " Velg Royal Forged secara material  sudah oke dan teknologi sudah oke.  Secara teknik pembuatanya Flow Forming,  jadi lebih ringan dibanding casting," jelas Yopi.

Velg yang kedua bermerek Niche, ukuran 19 inci, brand USA yang dibuat di Cina. Kelebihannya lebih besar ukurannya, dan gayanya lebih concave. "Nah, bila menggunakan velg 19 inci dengan coilover lebih memberikan fungsi handling yang mudah dan lebih cakep dibanding dengan velg 18 yang terlihat cingkrang. Boleh saja mempertahankan standar, atau penggunaan coilover dan lebih dianjurkan mengganti per," tukasnya.

Nah soal traksi (daya cengkram) ban ke aspal, penggunaan velg mana yang lebih unggul? Yopi mengungkapkan bahwa  velg 18 lebih unggul traksinya dan didukung ban yang lebih tebal, membantu meredam saat melintasi lubang, pasir, genangan air, atau tumpahan minyak di jalanan. Sedangkan  penggunaan velg 19 inci masih dikategori normal, namun dengan konsekuensi traksi ban lebih berkurang  karena ban lebih tipis.

Selain kedua merek tersebut, SM Motorsport juga melayani velg custom yang diimpor dari Jepang dan USA. "Asal velg tersebut original, kita bisa order. Dengan lebar 10,11,12 masih bisa dilayani. Biasanya velg custom tersebut bisa dipakai di mobil BMW M-series atau mobil yang biasa digunakan kontes modifikasi," jelasnya.

BlackPals jika Anda tertarik dengan tampilan dua velg tersebut, SM Motorsport memberi rincian harga sebagai berikut. Velg Royal Forged harganya 8 jutaan, dipadukan dengan paket ban lokal maupun impor. Untuk ban  Michelin harga satuannya Rp1,5 juta, jika ingin menekan harga bisa menggunakan ban Accelera. Atau dipaketkan dengan ban brand Yokohama tipe Advan Neova. 

Sedangkan velg Niche, 19 inci dihargai dengan harga Rp20 juta, dengan paket ban lokal  harganya menjadi Rp25 juta. Sedangkan penggunaan ban import dengan paket velg Niche bisa mencapai Rp30 jutaan.  Ketika dikonfirmasi soal coilover untuk Audi A3, Yopi mengaku belum ada ketersediaan barang. Namun, untuk merek lain, Yopi mengaku sudah menyediakan paket coilover dan siap untuk memasangnya. [Ahs/timBX]

Tags :

#
auto mods,
#
modifikasi velg,
#
audi a3 sportback,
#
sm motorsport