MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Triumph Bonneville T140 Broadtracker Elegant Nan Superior

JAN 27, 2017@17:58 WIB | 2,140 Views

Memodifikasi motor dengan konsep boardtracker membutuhkan perhitungan yang sangat matang dengan tingkat pengerjaan teliti. Tengok saja motor karya sempurna dari Inspired27 yang berhasil mendapat sambutan hangat dari para pecinta modifikator. Tak salah jika dalam kurun satu tahun berhasil menyabet  5 penghargaan di KustomFest dan 1 penghargaan di Suryanation Motorland di tahun 2015.

Motor ini diberi nama Inspired, dengan mesin T140 berkapasitas 744 cc yang diproduksi antara tahun 1973-1988. Donny dari Inspired27 mengaku membeli mesin tersebut dari Jakarta untuk diboyong ke kota Malang.  Dengan ketekunan dan kesabaran, Donny mengerjakan motor beraliran boardtracker sendirian.  Dari awal pengerjaan sampai finishing dikerjakan sendiri.  Ia mengaku tidak menggunakan sketsa, hanya bayangan sebuah motor yang elegant dan superior di zamannya yang ia ingin bangun kembali secara utuh dengan desain kekinian.

Hasilnya pecinta modifikasi akan menilai sendiri, passion dan enthusiast yang ia curahkan untuk karyanya tersebut. “Saat pengerjaan sama sekali tidak menggunakan sketsa, hanya dengan pola trial and error, akhirnya motor tersebut selesai dengan sempurna.  Sesuai dengan namanya yang singkat: Inspired,” tutur Donny kepada Blackxperience.com.

Menurut Donny, si Inspired hampir 80 persen bagian motornya dikerjakan sendiri. “Hanya menyisakan mesin, tromol, velg, head lamp dan rear lamp serta ban. Selebihnya semuanya custom,” tegas Donny. 

Di bagian sasis pada umumnya modifikasi motor menggunakan pipa seamless. Namun sedikit keluar dari trend, Donny menggunakan besi  batangan 12 mm di seluruh bagian sasisnya.  Kesan yang ingin disampaikan, bahwa motor Inspired dikerjakan secara detail dan berkelas, dan menjadi inspirasi bagi modifikator lain.

Jok yang minimalis ditopang dengan bracketstainless custom, mengadopsi jok dari sepeda kayuh, dengan berbahan kulit suede (kulit lunak) yang lembut di tangan.  Konsep boardtracker  jarang menggunakan suspensi belakang, uniknya Donny malah membuat dua suspensi kecil yang memberikan sensasi tersendiri saat berkendara. Begitu pula suspensi depan dual fork, bagian depan dengan peredam kejut dan belakang sebagai penopang.

Pada bagian pengapian motor, ia menggunakan busi Bosch, diintegrasikan dengan pola pengapian platina bawaan T140 dan coil yang dicomot dari Vario injeksi.  Hasilnya pola pengapian ini cukup untuk menghidupkan mesin 750 cc.

Pada sistem exhaust dibuat cukup detail dengan mengikuti lekuk celah mesin dan suspensi.  Dua cerobong exhaust diarahkan ke pembuangan sebelah kiri.  Kedua pipa knalpot terbuat berbahan stainless steel diikat dengan sebuah holder custom, juga  dari mulut head mesin.

Tangki bahan bakar dibuat menggunakan plat besi dengan ketebalan 1,2 mm, dengan bentuk yang unik dengan pola under chassis. Tak cukup dengan itu, tutup tangki dibuat custom, dan   beberapa holder tangki yang mampu meredam getaran mesin.

Bagian lampu menggunakan lampu dari loakan, kemudian dirancang ulang dengan menyertakan holder custom  melekat di depan suspensi depan.  Kalau anda jeli, di bawah lampu depan  terlihat triple trees bertulis onosogrem (kebalikan dari kata Mergosono) penanda lokasi dimana si Inspired dirancang dan dirakit selama 7 bulan lamanya.

Pada bagian sistem penggerak, terlihat gir belakang yang cukup aneh dengan rantai aftermarket. Donny mengakui, gir belakang itu milik motor Husqvarna yang telah di-custom. Bagian kaki-kaki menggunakan velg 17 inci dari TK Jepang, dengan menggunakan tromol depan menggunakan Yamaha SR dan tromol belakang Yamaha RD.

Ketika ditanya tentang pilihan coloring  dan kesulitan membangun si Inspired  Donny menjawab singkat,”Finishing cat putih Dupont, dengan pola grafis tipis. Semua bagian sulit.” Ungkapan itu bukan sebuah keputusasaan, melainkan sebuah eksistensi dalam elegant dan superior dalam satu kesatuan desain, dicerminkan dari pria yang telah 6 tahun terjun di dunia modifikasi. [Ahs/TimBx]

Spesifikasi :

Motor :  Triumph Bonneville T140
Tema Modifikasi : Broadtracker
Mesin : 744 cc air cooler transmisi 5-speed
Bodi : Sasis Custom, Suspensi Custom, Tangki Custom, Headlamp Custom, Spakbor Custom, Rear Lamp Custom, Setang Custom, Tuas Kopling Custom.
Kaki-kaki : Velg 17 TK
Rem : Tromol Depan Yamaha SR, Tromol Belakang Yamaha RD

Tags :

#
modifikasi triumph bonneville t140,
#
modifikasi triumph bonneville,
#
modifikasi triumph,
#
modifikasi,
#
broadtracker,
#
triumph bonneville t140,
#
triumph bonneville,
#
triumph