MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Sistem Audio All New Fortuner TRD Sportivo

SEP 12, 2018@12:16 WIB | 518 Views

Dari Daily Use Hingga Expert End User

Pemilik All New Fortuner TRD Sportivo  pada umumnya  ingin memodifikasi audio mobilnya bisa ditempuh dengan berbagai macam cara. Mulyadi Susanto dari Dynamic Auto, Kelapa Gading menawarkan upgrade  sound  untuk all new Fortuner TRD Sportivo. Ada beberapa paket intalasi audio yang ditawarkan. Paket pertama dengan mengganti speaker simpel sistem split, dengan penggunaan crossover dilengkapi  dengam power 4 channel dan subwoofer, bisa juga dengan penambahan prosessor, bila owner tidak mau mengganti head unit.

Umumnya pemilik Fortuner tidak ingin penggunaan part audio berlebih. Karena mereka ingin ruang bagasi  tetap luas, namun kualitas audionya tetap yahud. Dengan mengganti speaker sistem split two way, dibantu dengan penggunaan peredam agar kabin mobil terasa kedap dan menghindari getaran. Sedangkan  penggunaan subwoofer aktif lebih efektif untuk efisiensi ruang penginstalan, dengan menempatkan posisinya dibawah jok kursi tengah. Opsi lain yang ditawarkan dynamic autosound adalah dengan menambahkan sistem box custom yang diinstal di bagasi dan polanya knockdown.

Untuk speaker yang simpel, bisa menggunakan merek Kenwood XS 1703 highrest audio. Tidak perlu banyak rombakan, karena twitter bisa diposisikan secara unik, bisa diinstal di dashboard dan tempat original. Peletakan di dashboard menimbulkan efek suara jernih dan detail yang lebih jelas. Speaker ini sudah dilengkapi mounting karet dan cukup praktis. Diameter magnetnya juga tidak terlalu besar, dan tipikalnya memang daily use.  Speaker ini tidak memerlukan power, karena kebutuhan dayanya hanya 45 watt. Namun, jika Black Pals menghendaki pemakaian power itu tentu kualitas lebih bagus.

Paket kedua, memiliki kualitas audio yang lebih  expert. Tentu bagi pecinta sound quality dan Black Pals yang mendambakan kualitas suara berkelas. Paket alternatif ini dilengkapi dengan sistem speaker two way, dan bukan tree way. Alasannya adalah karena dashboard fortuner lebih pendek, makanya Mulyadi Susanto menawarkan speaker Crescendo seri EVO 3 Two Way dengan rangka aluminum, kulit profilin sehingga efek midd bass benar-benar kokoh. 

Tweeter Crescendo  cukup tepat bila digunakan pada  Fortuner pada posisi standar. Secara look terlihat mewah dengan bahan soft dome. Karakter suaranya halus, sangat detail  dan tidak tajam. Paket kedua ini juga memakai crossover, yang dilengkapi dengan setelan pada tweeter. Black Pals bisa adjust sesuai kebutuhan, karena masing-masing orang berbeda selera. 

Untuk main passive, bisa dimainkan dengan sistem 4 channel, middbass dan tweeter bisa angkat levelnya secara terpisah atau bisa disetting secara normal.Kualitas suaranya lebih maksimal, karena bisa dilakukan adjustment middbass dan tweeter, secara maksimum.

Paket speaker Evo 3 Crescendo dilengkapi dengan amplifier Sonata 4 Anniversary Edition yang didesain khusus dari owner Crescendo untuk Dynamic Auto Sound. Dengan warna copper look, memiliki daya 100x4 watt, cukup slim dan dapat diposisikan dibawah jok mobil.

Kemudian dikawinkan dengan subwoofer Crescendo Evo 3 312 ukuran 12 inci. Kebutuhannya mendukung untuk Sound Quality (SQ) dan Sound Quality Level (SQL) bergantung kepada adjustment. Subwoofer ini memiliki pressure dan speed yang sesuai dengan mobil panjang seperti Fortuner.

Antara paket 1 dan paket 2, untuk mendukung suara yang kedap di ruang kabin, Mulyadi juga mengajurkan penggunaan  peredam. Peredam berbahan aluminium seperti merek autofun, STP dan silentcoat. Bahannya lebih ramah lingkungan, anti toxid dan instalasinya sangat sederhana, tidak memerlukan lem aibon atau hitgun. Ketebalannya juga memiliki banyak varian, 1,8mm, 2,3mm dam 3-4 mm. 

Setelah mengupgrade sistem audio Fortuner Anda BlackPals, Mulyadi menganjurkan untuk mengganti Head Unit, bila spare budget Anda masih. Alasannya head unit standarnya tidak memiliki pre out RCA ke power. Hal ini bisa disiasati dengan menggunakan prosesor.Tapi tetap saja kualitasnya bila head unit sebagai sumber audio masih standar dan tidak terlalu bagus. Alternatifnya, bisa diganti dengan head unit Alpine iLX F-309 atau biasa disebut sebagai Hallo 9, yang memiliki layar 9 inci. Kemampuannya sudah bisa mirroring, Android Auto, Car Play. Kelebihannya Alpine Hallo 9 ini sudah built in prosesor, dimana HU standarnya belum dibekali kemampuan time correction, equalizer 13 band, dan dilengkapi crossover. 

Paket pertama dengan penggantian Speaker Kenwood XS 1703 dan peredam cukup merogoh kocek Rp6 juta, termasuk instalasi. Untuk paket kedua bisa mencapai Rp35 juta up, hingga Rp 50 juta lebih bila menggunakan bila menggunakan headunit Alpine F-309. Nah untuk lebih detailnya, Anda bisa mengunjungi langsung Dynamic Auto Sound di jalan Boulevard Raya Tb.II/34 Kelapa Gading Permai.[Ahs/timBX]


 

Tags :

#
auto jurnal,
#
modifikasi,
#
audio system,
#
dynamic auto sound,
#
crescendo,
#
kenwood,
#
alpine