MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Mazda Familia 1989: Style Rally Never Die

JAN 16, 2018@14:45 WIB | 2,516 Views

Konsep modifikasi bergaya reli sepertinya tak termakan oleh zaman now, pasalnya banyak penggila modifikasi masih mengacu pada kiblat simple stance dan elegan. Namun konsep mobil reli ini pun masih banyak penggemar di dunia modifikasi tanah air.

Diketahui, dari era 1970-an sampai sekarang masih saja ada yang menyulap mobil kesayangannya bergaya reli. Dan awal berkembangnya modifikasi bergaya reli ketika dibukanya kesempatan untuk mengikuti time rally. Bagi mereka yang tidak biasa mengikuti ajang reli tingkat atas maka time rally pun menjadi alternative bagi mereka yang ingin menjajal trek reli di mobil hariannya.

Puncak kejayaan dalam mengusung modifikasi bergaya reli ini tepatnya pada era 1996 ke atas. Selain modifikasinya yang cukup mudah dan tetap bisa dipakai harian menjadi pertimbangan bagi pecinta reli untuk merubah mobil hariannya.

Seperti mobil Mazda Familia XR 1989 milik Gunawan Kusnadi. Dirinya mengaku sangat menyukai dunia balap reli, dari hobi-nya tersebut sang owner pun tidak segan-segan merubah tampilan mobil Mazda Familia miliknya bergaya street reli.

Bisa dibilang mobil Mazda Familia XR 1989 ini memang sudah masuk dalam kategori retro, tetapi jangan salah kaprah dulu.!! Mungkin terlihat retro, namun dibawah bonnet sang owner mengklaim sudah banyak perubahan dalam upaya menambah daya dan tenaga di mobilnya.

Mulai dari head cylinder yang di modifikasi dalam upaya persiapan untuk menghadapi sebuah kompetisi balap reli sang owner pun menggunakan camshaft milik Mazda Speed 70 derajat. Untuk header memakai 41 panjang.

Sementara bagian  pengapian sendiri menggunakan MSD Blester dan Twin Carb di sector karburator dan gearbox sudah mengadopsi racing. Dan sudah pasti dari perubahan di sektor engine sangat berbeda dari versi standar.

“Mobil ini memang sengaja mengejar gaya reli, tidak banyak kita lakukan pada bagian eksterior jadi kita merubah pada bagian sektor mesin.”  Tegas Gunawan Kusnadi.

Menengok ke eksterior, mobil Mazda Familia XR 1989 terlihat sudah menampakan wujud mobil reli. Lalu apa saja sang owner dalam merubah bagian eksterior? Sang owner mengaku hanya menambahkan wrapping berkelir biru pada keseluruhan bodi mobil. Serta penyematan spoiler belakang serta bagian belakang mengikuti gaya Mazda Clair dan mengambil style JDM.

Bagian kaki-kaki, sang owner menempelkan velg aftermarket Enkei Rally 14 inci yang dibalut dengan roda ban Pro Rally 103 depan-belakang. Untuk sektor pencahayaan Mazda Familia XR ini disematkan lampu Halogen standar.

Bagian dalam mobil pun mendapat sentuhan, meski tak banyak namun di dalam interior mobil Mazda Familia XR 1989 ini sudah kental dengan konsep mobil reli. Dari penambahan fitur keselamatan Tubular Rollbar 4 titik berbahan steinlees, safety belt TAKATA hingga jok custom semi bucket.

Serta penambahan speedmeter pada bagian dasbor serta tidak ketinggalan fitur entertainment pun disematkan. Karena mobil ini juga dipakai untuk kegiatan sehari-hari maka sang owner menambah Audio dan portable TV 7 inci untuk menambah kenyamanan berkendara.

Well.. Mungkin ini adalah satu dari sekian banyak modifikasi bergaya reli yang ada di tanah air, dan semoga bisa memberikan sebuah inspirasi bagi kalian yang memiliki mobil retro dan ingin merubah mobil kamu dengan gaya reli. [yus/timBX]

Spec Detail
Mobil: Mazda Familia XR 1989
Modifikasi: Rally Style
Engine: Head cylinder – camshaft Mazda Speed 70 derajat – header 41 – Gearbox Racing - MSD Blester – Twin Carb
Eksterior: Full Wrapping – Spoiler – Velg Aftermarket Enkei Rally – Hood – Hologen Lamp
Interior : Jok Semi Bucket – TAKATA – RollBar – Audio – TV Portable – SpeedMeter
 

Tags :

#
modifikasi mazda familia 1989,
#
modifikasi mazda familia,
#
modifikasi mazda,
#
modifikasi,
#
mazda familia 1989,
#
mazda familia,
#
mazda,
#
modifikasi reli