MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Honda Freed 2012 - Kental Aura Sporty nan Elegan

MAR 13, 2018@14:00 WIB | 7,475 Views

Menghadirkan kesan sporty pada middle MPV seperti Honda Freed tentu membutuhkan konsep yang matang. Perubahan signifikan untuk mendapatkan kualitas terbaik memerlukan penggantian beberapa part dan diganti dengan aksesoris yang mampu mendongkrak tampilannya.

Seperti Honda Freed lansiran 2012 milik Dody. Bila sebelumnya mobil ini tampil biasa-biasa saja dengan modifikasi bertahap Freed tersebut kini tampil lebih sporty dan elegan.

Kepada tim BX, Dody berbagi cerita bahwa mobilnya dibangun dengan konsep semi sport yang tidak digunakan untuk kebut-kebutan atau race. Lebih pada tampilan ‘sport look’ semata agar terlihat sebagai mobil keluarga yang keren.

"Kita bangun mobil ini dengan konsep semi-sport  tapi lebih mengarah ke  keluarga biar harian juga oke. Dibawa untuk sport juga oke," kata Dody.

Lalu perubahan apa yang dilakukan Dody untuk mendapatkan Freed keren seperti ini. Dody membeberkan perubahan eksterior dilakukan dibeberapa titik seperti mencopot bumper depan dan mengggantinya dengan bumper full hybrid generasi ke dua dengan grille original Jepang. Headlamp menggunakan tipe Audi, bumper belakang menggunakan bumper merk Exist generasi ke dua.

"Untuk bodykit dan sidekit saya pake Modulo. Perubahan hanya itu jadi bisa dibilang konsepnya semi sport dan lebih mengarah pada sport elegan," tukasnya.

Pada bagian sektor kaki-kaki, untuk mendapatkan kenyamanan terbaik, per mobil menggunakan model Eibach dipadukan dengan shockbreaker bawaan Freed. Dody  punya rencana menambahkan air suspension pada Freed-nya.  Untuk Velg mobi ini menggunakan velg merk Racing HARD ring 18 yang dibalut dengan ban Achilles.

Untuk interior, penambahan pada part Audio cukup beragam mulai dari Three Way untuk sistem speaker depan, Stil satu paket, Head Unit Pioneer Seri 740, Power menggunakan Venom, Processor Fox , Subwoofer SAS. Tambahan ini mengarah pada keinginannya untuk mendapatkan Sound Quality (SQ) yang lebih maksimal.

Perubahan tak hanya sampai pada sisi eksterior dan interior karena untuk menunjukan kegaharan sesuai konsepnya, mesin Freed ini mendapat tambahan Spacer Intake garapan Bengkel Honda Pradana Sawangan dipadukan dengan turbo Saiklon plus nitro yang membuat mobil dapat melesat kencang ketika di geber.

"Freed dikenal sebagai mobil lemot tetapi setelah menggunakan tambahan seperti Spacer Intake, turbo Saiklon  dan nitro tarikan awalnya untuk ngejar kecepatan 80 kpj cukup cepat, dan lebih irit," ujarnya.

Dengan semua perubahan yang dilakukan hingga membuat freed ini tampil sporty, Dody memperkirakan telah menghabiskan budget antara Rp 60-70 jutaan dengan pengerjaan bertahap karena mobil ini merupakan mobil yang sering digunakan.[Elco/timBX]

Detail Spesifikasi  :

Exterior

Front Bumber                Freed Full Hybrid Generasi II 

Grille                            Original Jepang

Headlamp                     Audi

Rear Bumber                Exist Generasi II

Per                              Eibach

Bodykit dan side skirt   Modulo

Audio

Front Speaker                Three Way

Head Unit                       Pioneer  Seri 740

Power                            Venom

Prosesor                        Fox

Subwoofer                      SAS

Mesin

Spacer Intake                Bengkel Pradana Sawangan

Turbo                            Saiklon

Extra power                   Nitro

Tags :

#
auto mods,
#
modifikasi,
#
honda freed,
#
sporty,
#
elegan,
#
middle mpv