MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Harley Davidson Sportster - Scrambler Bad Boy

OCT 24, 2016@16:41 WIB | 3,251 Views

Punya pengalaman sebagai bengkel custom motor, maka memahami karakter sang pemilik motor yang akan dimodifikasi sudah perkara wajib bagi para crew Baru Motor Sport (BMS). Termasuk juga modifikasi Harley Davidson Sportster yang satu ini.

"Rata-rata customer ingin melihat tampilan motornya lebih sangar dijalanan," tutur Bonnie, salah satu crew BMS kepada BlackXperience. Si pemilik motor, lanjut dia, kemudian mendatangi pusat custom yang beralamat di Jl. Palmerah Barat, Jakarta, itu.

"Saat customer datang ke BMS, awalnya tidak mengetahui kiblat modifikasinya ingin kemana," tutur Bonnie. "Lalu kami menawarkan diskusi dengan calon customer. Akhirnya tema modifikasi mengerucut kepada karakter si pemilik yang Bad Boys. Terpilihlah aliran scrambler yang dirasa lebih sangar dari wujud asli Sportster," katanya.

Pengerjaan dimulai dengan memotong sasis bagian belakang, dan mempertahakan frame utama bagian mesin. Rangka buritan yang pendek hanya menyisakan dudukan untuk suspensi belakang yang diganti menggunakan YSS Black. Sedangkan untuk suspensi depan konvensional diganti dengan suspensi up side down custom oleh BMS.

Tampilan scrambler yang nakal kemudian didukung dengan plat depan sebagai rumah baru headlamp yang menggunakan lampu reflektor tunggal dari foglight mobil. Segitiga suspensi depan dicangkokan Riser Rizoma, handle bar juga pakai Rizoma dan untuk kenyamanan rider saat berkendara di jalur ekstrem, disematkan tapper handle bar aftermarket.

Bagian tangki dilepas, diganti dengan tangki custom berbahan plat 1,2 mm racikan bengkel yang sudah beroperasi sejak 2002 itu. Karakter Scrambler makin dikuatkan dengan memberi lekukan dari depan sampai belakang tangki. Tutup tangki pun dibuat custom oleh BMS dengan desain yang lebih berkarakter.

Kaki-kaki menggunakan velg Carrozzeria USA ukuran 3,5 x 17 inchi di depan dan 4,5 x 17 inchi pada belakang. Kesan pelibas segala track, diperkuat menggunakan ban depan bertapak kasar dari Metzeler Karro 3 dengan ukuran 130/70 dan ban belakang 170/70.

Bonnie menyebutkan diantara pengerjaan paling rumit adalah pengerjaan muffler untuk tetap mempertahankan ruh Scrambler. BMS meng-custom muffler dibuat melingkar namun dengan satu pipa pembuangan. Dengan menambahkan footstep Katsumoto, permasalahan kemudian bagaimana melindungi kaki rider dari panasnya knalpot. Tim kemudian menambahkan plat berbahan karbon dibagian muffler untuk melindungi kaki rider.

Mesin HD 883 cc ini tidak lagi menggunakan belt sebagai penggerak. BMS telah mengubahnya menggunakan rantai aftermarket dengan menggunakan gir berbahan baja aftermarket. Setelah motor selesai dimodif, Bonnie kebagian tester riding sebelum diserahkan ke konsumen. "Soal kenyamanan sudah teruji," tutur dia.

Ia pun berpesan, "Customlah motor Anda sesuai selera dan budget. Pilihlah model custom yang nyaman untuk dikendarai, jangan terlalu dipaksakan mengikuti tren namun berujung ketidaknyamanan selama berkendara." [Ahs/TimBx]

Tags :

#
modifikasi scrambler harley davidson sportster,
#
harley davidson sportster,
#
modifikasi scrambler harley davidson,
#
modifikasi,
#
baru motor sport,
#
bms