MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Datsun GO: Indonesia Punya Cerita

APR 04, 2017@16:43 WIB | 1,935 Views

Indonesia punya keindahan alam yang luar biasa. Dianugerahi lanskap yang seakan tak pernah habis. Di samping keindahan alam yang tak dapat ditandingi, berbagai suku, adat, budaya dan beragam bahasa membuat Indonesia terasa semakin kaya.

Kita patut bersyukur dan menghargai para pahlawan kita yang sudah memperjuangkan negara Indonesia ini sampai titik darah penghabisan. Kini giliran kita generasi muda yang memiliki kreasi dan ide-ide cemerlang dituntut membuat suatu inovasi untuk memperkenalkan tanah air ini kepada negara lain.

Banyak cara yang bisa ditempuh agar kita bisa memperkenalkan negara kita ke orang lain, seperti halnya Tomi Gunawan pemilik bengkel Tomi Airbrush, modifikator asal Indonesia ini memiliki salah satu mobil modifikasi yang ia beri tema PI ‘Persatuan Indonesia’.

“Mobil yang ini saya usung saat dengan dengan tema PI. Apa sih PI? PI adalah singkatan dari Persatuan Indonesia, yang dimana kami menceritakan beragam budaya Indonesia yang terdapat di dalam mobil Datsun Go ini,” ujar Pria yang akrab disapa Tomi kepada tim BX.

Tomi melakukan modifikasi mobil Datsun GO ini untuk  kebutuhan kontes modifikasi Datsun Xplore Your Style 2016 yang diadakan oleh PT Nissan Motor Indonesia melalui Brand Datsun Indonesia setiap tahun-nya. Memang dirinya sering mengikuti kontes Datsun yang sering digelarnya, berbagai macam kontes ia sabet dengan hasil kreasi modifikasi-nya yang apik.

“Saya ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa kita sebagai bangsa Indonesia pasti bisa mampu memiliki hasil karya yang baik dan mempunyain fungsi yang baik pula,” sambung Tomi.

Memang mobil Datsun GO yang sudah dirombak-nya ini sudah meliputi berbagai sektor mulai dari ekterior, interior ataupun jantung pacu.

Eksterior, hal pertama yang dilakukan Tomi adalah melakukan perubahan dengan menggunakan wide body depan dan belakang,  dan side skirt yang ia custom sendiri agar tampilannya berbeda dari wajah aslinya. Kemudian mobil yang di ‘guyur’ warna orange ini ternyata memiliki grafik yang sudah didesain khusus untuk kebutuhan kontes.

Memang kalau dilihat satu persatu dengan dekat mobil ini memiliki gambar berbagai presiden, dari Soekarno sampai presiden dan wakilnya sekarang, Jokowi dan Yusuf Kalla. Kemudian terlihat juga gambar batik, dan berbagai rumah adat yang disematkan pada mobil ini merupakan sebuah cerita Indonesia.

“Karena batik merupakan kesenian bangsa Indonesia. Kemudian gambar generasi presiden pertama sampai enam dan ketujuh saya buat. Karena mereka juga memiliki cerita perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Begitu juga anyaman-anyaman ketupat disisipkan ke bagian ekterior  dan semua kami rangkum menjadi kesatuan Indonesia,” imbuhnya.

Bagian kabin tak luput dari sentuhan modifikasi. Jok depan dilapisi kulit Vector dengan desain tema diamond cut dan dipasangkan dengan jok electric yang dapat berfungsi maju mundur. Kemudian bagian dasbor, panel door trim,dan konsol tengah diberikan sentuhan warna coklat agar memperkuat kesan elegan-nya.

Tak hanya itu untuk menunjang kenyamanan di jalan, Tomi tak luput menyisipkan sebuah Subwoofer , 4 speaker, tweeter dan dua buah power head berlabel Pioneer. Dan tentunya membuat hasil bentuk yang maksimal, Tomi menggunakan fibreglass yang dibentuk dan juga ditambahkan beberapa pendukung aftermarket.

Untuk finishing audio sendiri, Tomi memberikan sentuhan airbrush dengan teman yang sama dengan warna orange dan coklat dan sebuah grafis membuat tampilan Audionya lebih maksimal.

Agar tampilan semakin kekar, bagian kaki kaki dipasangkan dengan velg Rota berdiameter 18 inci dengan komposisi ban bermerk Accelera berukuran 235/45/18. Suspensi diganti menggunakan coilover berlabel HotBits dan undercarriage dibungkus dan dilapisi airbrush. Well Blackspals, jika Anda penasaran bagaimana bentuk lebih detail simak video dan foto diatas!!!! [ddy/timBX]

Spesifikasi:
Mobil tema: Modifikasi Datsun GO Persatuan Indonesia
Eksterior: Body kit, side skirt, bumper belakang custom, airbursh by Tomi Airbrush
Suspensi: Coilover berlabel HotBits
Kaki kaki: Velg Rota 18 inci, ban Accelera 235/45/18
Interior: Jok Elektrik, Dasbor, Panel door trim,dan Konsol tengah diberikan sentuhan warna coklat.
Audio: Subwoofer , 4 speaker, tweeter dan dua buah power head berlabel Pioneer

Tags :

#
modifikasi datsun go,
#
modifikasi datsun,
#
modifikasi,
#
modifikasi mobil,
#
mobil modifikasi,
#
automods,
#
blackauto,
#
datsun,
#
datsun go,
#
datsun go panca