MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Bodykit Toyota Fortuner - Tampil Berkelas dengan Budget Pas

OCT 03, 2018@12:00 WIB | 792 Views

Black Pals, Toyota Fortuner telah memiliki varian tertinggi sebagai All New Fortuner TRD Sportivo. Dengan beberapa sentuhan desain baru dari TRD Sportivo, telah membuat tampilan luar Fortuner versi VRZ ke bawah, kesan desainnya lebih old. Salah satu solusi agar tampilan Fortuner lama Anda, tidak terlalu tertinggal dibanding All New Fortuner TRD Sportivo, adalah menambahkan bodykit yang sesuai.

Kali ini tim Blackxperience.com mencoba mengunjungi bengkel modifikasi bodykit W7 Carsmetic. Bengkel custom ini telah banyak menghasilkan berbagai produk bodykit prototype pertama. Bisnis modifikasi yang dimulai 16 tahun silam ini boleh dibilang telah memiliki customer loyal. Selain bodykit Toyota Avanza yang telah menjamur, market kelas MPV yang sedang tumbuh seperti Mitsubishi Xpander  membuat W7 Carsmetic berhasil memproduksi bodykit pertama yang banyak diserap market domestik.  Secara global, market yang menyerap produknya, rata-rata berasal dari pemilik SUV dan MPV, dan cukup jarang membuat produk untuk kelas sedan.

Selain unggul dari segi produk, kali ini owner W7 Carsmetic ini memperkenalkan bodykit yang terbuat dari bahan plastik. Mengingat market bodykit custom masih terus menarik, disisi lain kualitas impor bodykit juga mulai banyak diminati. Bagaimana kualitas plastik dengan fiber?  Namun jangan salah menilai terlebih dahulu, keduanya memiliki kualitas yang sama-sama bagus.

“Tidak semua bahan plastik bagus, dan tidak semua bahan fiber jelek. Bahan bodykit dari Vazooma ini secara kualitas seperti ABS (Akrilonitril Butadiena Stiren). Sifatnya kuat dan tidak mudah patah bila dibengkokkan. Tingkat kerataan permukaan lebih halus, tidak bergelombang sehingga tidak memakan banyak dempul,” jelas William kepada tim Blackxperience.com.

Bahan plastik ini dibentuk secara injeksi. Secara proses dibuat melalui cetakan, kemudian di cor ke desain bentuk dan melalui proses press. Bedanya plastik dengan kualitas rendah, bahannya bergelombang seperti dari fiber. Sebaliknya plastik berbahan ABS identik dengan plastik injeksi, secara permukaan rata dan tidak bergelombang.

Kalau dilihat secara desain,  struktur body semua varian Fortuner terlihat kokoh, namun untuk mempercantik tampilan bisa digunakan penggunaan bodykit add on yang mendukung tiga varian model sekaligus. Artinya Black Pals tinggal request gaya apa yang dikehendaki. Tiga gaya Fortuner seperti elegant, sporty dan ekstrim, ketiganya bisa menggunakan desain bodykit dari rumah modifikasi Vazooma  dari Terstudio, Thailand.

Seperti Black Pals ketahui, pola pemasangan bodykit add on dan plug n play tentunya tidak merusak body kit asli pabrikan. Cukup dengan pesan, order, kemudian memasuki proses painting dan pihak W7 Carsmetic yang akan membantu cara memasangnya.

Proses finishing bodykit ini bakal melalui proses dasar cat berbahan PP Primer.  Setelah kering, setiap permukaan bodykit akan dilihat permukaannya apakah sudah rata atau masih menyisakan gundukan. Proses kemudian diteruskan melalui pendempulan tipis sehingga permukaan menjadi rata.

“Bahan plastik yang bagus, hanya membutuhkan sedikit dempul. Kemudian diberi lapisan epoxy, baru setelah kering masuk ke proses pengecatan,” aku William.

Untuk karakter elegan sesuai dengan gaya bumper TRD buatan Thailand, secara bentuk lebih minimalis dibanding All New Fortuner TRD Sportivo. Meski minimalis bentuknya justru secara tampilan lebih mengena, karena pihak W7 Carsmetic akan menambahkan bodykit khusus. Dengan menambahkan bodykit add on keliling, seperti front dan rear bumper penambahan add on depan dan belakang, serta side skirt kiri dan kanan. Part pelengkapnya seperti ornamen knalpot, dan list lampu.

Sedangkan gaya sporty, yang tidak didukung bodykit gaya  TRD akan dipasangkan bodykit Vazoma. Tampilan belakangnya sudah bagus, dan nuansa old yang didepan akan hilang.  Untuk gaya ekstrim, hanya menambahkan bodykit dan sentuhan desain lebih ramai dan eye catching, maka dari itu modelnya dibilang lebih ekstrim.  Tentunya bodykit gaya ekstrim ditunjang dengan velg yang tidak lagi standar.

Nah, bagi Black Pals yang berkeinginan memodifikasi Toyota Fortunernya, tinggal datang ke W7 Carsmetic di Mutiara Taman Palem B7 no 27, Cengkareng Timur, Jakbar´╗┐. Disana mobil akan diteliti kepadanan warna yang dibutuhkan, agar sesuai match dengan warna dasar mobil.   Cara yang sama ketika, ada pesanan dari luar kota. Kastomer tinggal menyertakan part yang punya warna khusus, untuk memadupadankan warna dan kualitasnya. Intinya, mereka yang berniat memodifikasi bodykitnya, tidak perlu untuk  meninggalkan mobilnya.

Untuk budget yang diperlukan mengganti bodykit komplit Fortuner, pengecatan plus instalasi memerlukan budget sekitar Rp16 jutaan.  Nah, selain bodikit bila menginginkan bumber model TRD Sportivo bisa menambahkan budget sekitar Rp15 juta, untuk posisi bumper depan dan belakang.  So Black Pals tunggu apalagi, upgrade tampilan Toyota Fortuner kesayangan, menjadi lebih stylish tentunya dengan harga terjangkau. [Ahs/timBX]

Tags :

#
auto jurnal,
#
modifikasi,
#
bodykit,
#
toyota fortuner