MENU
icon label
image label
blacklogo

Jason X Karya JDM Project, Modifikasi Ekstrim Ninja 250

OCT 22, 2019@13:00 WIB | 1,238 Views

Sportbike Kawasaki masih menjadi incaran builer, untuk membangun modifikasi yang benar-benar fresh. Gaya caferacer mendominasi, meski disisi ban menggunakan bergaya dirt bike atau scrambler. Nah itulah gaya JDM Project meramu modifikasi motor berbasic Kawasaki Ninja 250 Karburator. Nah seperti apa sih menggabungkan beberapa konsep modifikasi menjadi satu motor yang diberi nama Jason X.

Seperti Black Pals ketahui, Jason X adalah sebuah film horor Amerika yang mengisahkan pembunuh berdarah dingin dengan menggunakan topeng khusus. Konsep inilah yang menjadi bagian dari gaya caferacer Ninja 250 ini.

Joddy Motor menerima tantangan modifikasi dari si owner Ninja 250, dengan meramu beberapa aliran, tentunya dengan perombakan yang ekstrim. Mulai dari kaki-kaki termasuk suspensi dan swingarm, sasis, jok dan tangki. Hanya mesin Ninja 250  versi karbu yang dibiarkan utuh. Sektor utama adalah membangun sasis yang terbilang paling rumit. 

Posisi subframe dibelah, kemudian disambung dengan pipa seamless 3 mm, untuk membuat buritan lebih pendek, dan mengakomodir kebutuhan saddle yang pendek. Sebenarnya sasis utama masih dipertahankan, dan kedudukan mesin mesin menggantung. Bila subframe sasis masih miring, maka akan dibetulkan lagi, hingga kemudian ditemukan  titik senter yang benar-benar pas. Dan bagian bawah mesin ditambahkan tulang sasis, berfungsi sebagai stabiliser.

"Kawasaki Ninja 250cc versi karbu paling enak dioprek, karena tidak banyak sensor seperti versi injectionnya. Jadi tinggal bagaimana gaya yang dikehendaki, kami mengganti pipa seamless 3 mm," tutur Joddy.

Selain itu, part-part sportbike digunakan untuk mendongkrak tampilan. Velg GSX 1000 lebar 6 inci, dikombinasi dengan arm milik Yamaha R1 dan suspensi Showa, serta suspensi depan GSX yang sudah upsidown.

"Saya coba hadirkan modifikasi yang bandel banget secara look. Diwakili stang jepit dan  pewarnaan yang khusus, chameleon 4-5 warna berbahan  Sherwin william. Dengan buritan yang lebih pendek, namun wheelbase lebih panjang. Gue pingin ini motor selain gahar juga  semok banget," terang Joddy. 

Motor custom bagi Joddy tidak harus diwakili dengan warna-warna gelap. Maka pilihan warna chameleon, adalah yang sesuai, dengan pewarnaan yang bisa berubah bergantung sudut pencahayaan. Candy Red dengan metal effect, menjadi pilihan dan finishing pernis. 

Sistem pengereman mengikuti bawaan GSX, dengan kaliper Tokico double disk depan dan Nissin untuk pengereman belakang. Master rem menggunakan Kitaco, dan lampu depan daymaker aftermarket 7 inci.  Kedua velg gambot tersebut dikombinasikan dengan ban Shinko Trail Master. 

Tampilan nakal si Jason X diimbuhi dengan resevoir radiator menggunakan brand yang cukup dikenal di dunia anak motor. Cutting stiker kepala Bebek (daffy duck), mewakili gaya grafis pembuat helm Italia @hellocousteau. "Konsep funny, fast, nakal, kita setting motor kenceng karena sudah menggabungkan inject cool air (ICA System) tarikan dan nafas mesin lebih panjang guna menarik ban belakang yang gambot, butuh tenaga yang besar," jelas Joddy. 

Untuk melindungi grafis bebek ini di bagian tangki  dilindungi lapisan pernis 7-10 lapis dan campuran gliter.  Termasuk juga dengan batok yang diberikan water transfer printing, yang memberikan efek 4 dimensi. "Tambahan batok cafe ini mengambil tema hell (neraka) cukup gahar, dan tetap mempertahankan faktor safety riding. Mulai dari lampu sein, speedometer, spion," cetus Joddy.

Pengerjaan finishing tangki memerlukan 7 hari, lapisan ketujuh baru ditempelkan cutting stiker dan ditambahkan 2 lapis. Efek warna yang sama juga digunakan untuk kedua velgnya dan bahan catnya menggunakan brand Sherwin Williams khas Amerika Serikat.

Seperti tidak ada pakem modifikasi khusus, gaya Scrambler digabung dengan cafe, melahirkan konsep baru Jason X. Dibalik itu performa dan tampilan motor yang gahar didukung oleh knalpot dengan suara yang mantap, ngebas bulat, tidak berisik dan nafas panjang. "Kita menghitung volume agar hasil suaranya perfect," cetus Joddy. 

Biaya modifikasi diperkirakan mencapai Rp65 jutaan. Jason X menjadi salah satu modifikasi ekstrim namun tetap nyaman untuk daily ride. "Setiap motor sport bike, bisa dibuat modifikasi dengan super custom sekalipun, tetap enak dilihat, dipakai dan nyaman di jalanan," tutup Joddy. [Ahs/timBX] 


 

Tags :

#
jason x,
#
ninja 250 karburator,
#
modifikasi,
#
jdm project,
#
caferacer,
#
scrambler,
#
neo cafe,
#
kawasaki ninja,
#
custom culture