MENU
icon label
image label
blacklogo

Brilliant Auto Body Shop, Repaint Proper Hingga Restorasi Berkelas

FEB 15, 2022@16:10 WIB | 3,288 Views

Workshop body work ini menjadi bagian penting di dunia modifikasi. Berdiri tahun 2002 dengan status umum, namun di tahun 2004 mulai menerima modifikasi. Lebih ke hasrat pribadi, Briliant Auto Body Shop menggeluti modifikasi mobil. Kualitas painting yang bisa dibanggakan, dengan pengerjaan sesuai standar operasional prosedure, hasilnya bakal maksimal, bahkan diatas kualitas pabrikan.

Case by case, repainting menyertakan proses panjang, bisa 2-4 minggu, namun setelah satu tahun berjalan, kualitas cat terdegradasi alias butek (kinclong memudar). Muhammad Harris punggawa Brilliant Auto Body Shop memberikan penjelasan gamblang terkait kasus tersebut.

"Materi cat apapun  dengan kualitas apapun (murah atau mahal), mestinya menghasilkan result yang bagus. Kegagalan hasil cat karena bisa dikenali dengan warna yang ngedrop atau absorb, dan ini dipastikan penyebabnya fondasi cat yang gagal," ungkap Harris saat tim Blackxperience mengunjungi workshop di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Ngobrolin soal fondasi cat itu materialnya apa saja, Harris menambahkan  beberapa item seperti Anti Karat, PP Primer, dempul putih dan filler. Kegagalan yang dimaksud Harris adalah pengaplikasian filler. "Pada saat pencampuran filler dan hardener tidak menggunakan takaran yang pas, alias tidak sesuai dengan anjuran atau takaran pabrik. Masing-masing merek punya perbandingan 2:1 atau 3:1, umumnya 2:1 sih," tambah Harris.

Ternyata bengkel yang doyan modifikasi body pun, akhirnya mengalami pergeseran konsep dalam lima tahun terakhir. "Lebih ke arah restorasi dan repair dari sebelumnya market modifikasi full body," cetusnya.

Setingkat kemampuan restorasi sebuah bengkel ternyata punya tanggungjawab sedikit lebih njlimet bin rumit. Ranah restorasi butuh effort khusus, karena rata-rata umur mobil sudah 20-50  tahunan keatas. "Sebut saja Toyota Celica ST TA-22 yang sudah dikonvert ke GT Look ini.Secara proses udah 80 persen, tinggal convert lampu belakang. Tantangan  terbesar adalah spend money besar, karena part-partnya cukup mahal meski tersedia," terang Harris.

Sebuah Great Corolla tahun 1990 keatas, direstorasi oleh bro Harris, dan hasilnya luar biasa kinclong dan wet. "Selain ganti warna, penggantian headlamp, grille convert ke Toyota Sprinter, penambahan bumper add on menyontek Toyota Supra," ulas Harris dengan kondisi mesin mati 5 tahun.   

Syarat restorasi di Brilliant Auto Body Shop, tersedianya part. Lebih bagus body part, karet dan list body wajib ada. "Restorasi bisa dimulai dengan pengumpulan part, kemudian baru diteliti seberapa parah kerusakan. Jika part ready paling cepat untuk sebuah Corolla DX misalnya bisa 3-4 bulan," terangnya.

Contoh kasus BMW E28, sama dengan langkah sebelumnya masih dalam tahap pengumpulan list body, karet. Akhirnya part yang dibutuhkan terpenuhi dan proses restorasi dimulai. "BMW E28 akhirnya kebagian dan menjadi perburuan colector di market. Trend itu setelah hype BMW E30 dan BMW E36. Target jadi 4 bulanan," aku Harris.

Restorasi bagi Harris adalah menikmati proses mobil itu dibangun. Sementara trend warna Solid kembali diminati, padahal trend tersebut pernah hype di tahun 1980-an. Termasuk warna muda atau pastel, mulai trending dan digemari kembali. 

"Tren warna solid diaplikasikan ke mobil baru, bahkan supercar. Sementara aplikasi warna solid tidak sesulit warna three code seperti candy, karena step pengejaan lebih sedikit, jadi lebih mudah," ungkap Harris menegaskan tren warna mobil berubah seperti fashion pada umumnya.

Restorasi Honda Estillo di bengkel Brilliant, sudah melewati tahapan revisi notch body. Namun itu bukan berarti tinggal pengecatan. Harris sedang mempersiapkan treatment anti karat pada kolong mobil. 

"Rencana pada sasis dan kolong bakal diwarnai sama dengan body.  Warna yang bakal disiram ke body, bakal menggunakan warna baru dengan partikel di permukaan," tutup Harris.

Restorasi butuh riset, bagaimana pengadaan part-partnya, menikmati prosesnya dan managemen budgeting yang sesuai, agar proses restorasi berjalan lancar dan sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan. [Ahs/timBX]


 

Tags :

#
beyond d garage,
#
bengkel bodywork mobil,
#
bengkel cat mobil,
#
brilliant autobodyshop,
#
repaint mobil,
#
restorasi mobil duren sawit